redesain-navbar Portlet

Blog

photo via www.japantimes.co.jp

Kenali Lembaga Ini Sebelum Ujian: LTMPT

Ujian Masuk PTN

Mulai tahun 2019, Kemenristekdikti akan mengubah skema ujian masuk PTN dari Ujian Tulis Berbasis Cetak, sebagaimana SBMPTN berjalan selama ini, menjadi Ujian Tulis Berbasis Komputer. Tapi tak hanya perubahan cara ujian saja yang sedang bergulir, bahkan kini ada lembaga nirlaba independen yang bertugas sebagai penyelenggara ujian masuk PTN. Apa itu? Yak, dialah Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Yuk deh, kenalan lebih dekat dengan lembaga baru ini.

 

Kenapa ada LTMPT?

Tahu sendiri kan, gimana hebohnya suasana setiap menjelang SBMPTN? Persiapan yang dilakukan berbulan-bulan sebelum ujian, distribusi soal ujian ke berbagai kota dan kampus, maupun berduyun-duyunnya peserta ujian yang hanya sekali dalam setahun tentu menghasilkan tekanan tersendiri bagi semua pihak yang terkait. Apalagi kalau nggak lulus, peserta yang jumlahnya sekian ribu dari Sabang sampai Merauke harus menunggu lagi sampai tahun berikutnya.

Nah, untuk mengurangi tensi kehebohan ujian masuk PTN, Kemenristekdikti merancang skema ujian masuk PTN yang berbeda. Diantaranya, penerapan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan penyelenggaraan ujian lebih dari satu kali dalam setahun. Manfaatnya buatmu? Kamu bisa mengikuti ujian masuk PTN sebanyak maksimal dua kali dalam setahun. Jika misalnya tahun ini gagal, kamu masih bisa mengikuti ujian lagi selama dua tahun kedepan. Bahkan bagi yang gagal mengikuti SBMPTN tahun 2018 dan 2017, kamu bisa mengikuti ujian masuk PTN pada tahun 2019.

 

Apa saja Kewenangan dan Tugas LTMPT?

Lembaga yang baru berdiri dan direncanakan mulai bekerja pada 2019 ini memiliki dua tanggungjawab utama. Pertama, LTMPT mengelola data calon mahasiswa baru untuk bahan seleksi masuk di PTN. Kedua, LTMPT bertugas menyelenggarakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Setelah hasil ujianmu keluar, LTMPT akan mengirimkan skormu via email. Skor itulah nantinya yang akan kamu gunakan untuk mendaftar ke PTN. Untuk saat ini, belum diketahui skor minimal yang ditetapkan oleh tiap PTN, tapi berikut ini nilai rata-rata skor SBMPTN 2018 dari calon mahasiswa yang telah diterima di beberapa PTN:

PTN

Saintek

Soshum

ITB

659.26

648.33

UI

638.29

643.47

UGM

632.79

648.08

ITS

623.50

623.60

Unair

610.89

620.13

IPB

610.09

-

Undip

608.69

619.89

 

Kompetensi Apa yang Diukur oleh Ujian dari LTMPT?

Ujian masuk PTN yang diselenggarakan oleh LTMPT meliputi Tes Potensi Skolastik dan Tes Kompetensi Akademik. Ujian ini diharapkan dapat menyaring mahasiswa baru dengan kualitas unggulan yang dapat menyelesaikan kuliah dengan tepat waktu. Ini berarti, produk pendidikan tinggi diharapkan dapat segera berkontribusi dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Sebagai contoh, keberadaan mahasiswa Teknik Sipil nggak akan banyak bermanfaat. Beda lagi kalau sudah lulus dan bekerja, Sarjana Teknik Sipil dapat mendukung program pembangunan pemerintah – berguna juga bagi diri sendiri dan keluarga, kan?

 

Di Mana Lokasi Ujian yang Diselenggarakan oleh LTMPT?

Kamu bisa mengikuti ujian masuk PTN di 84 kampus di Indonesia. Jumlah ini mungkin masih akan terus bertambah kedepannya. Yang pasti, di setiap PTN yang telah disetujui untuk menjadi lokasi ujian, di situ ada sentra layanan LTMPT. Jadi, kamu tinggal cek kampus terdekat dengan tempat tinggalmu dan nyari pintu kantor LTMPT kalau mau tanya-tanya lebih lanjut tentang ujian masuk PTN.

 

Apa Kelebihan Ujian dengan LTMPT?

Tak ada gunanya berpikir kamu menjadi generasi uji coba dengan adanya perubahan skema masuk PTN ini. Justru, cobalah untuk memandang situasi ini dari sudut pandang berbeda. Misalnya, jika aplikasi Android nantinya bisa diterapkan, maka kamu tak perlu lagi mendatangi tempat ujian penerimaan mahasiswa baru. Keuntungan lain yang bisa dirasakan oleh pelajar yaitu keleluasaanmu dalam memilih skor terbaik untuk digunakan mendaftar ke PTN pilihan – ingat, kamu boleh mengikuti ujian lebih dari sekali dalam setahun.

 

Dengan adanya LTMPT, ujian masuk PTN bukan lagi soal lulus atau gagal. Melainkan, apakah skor yang kamu peroleh sudah mencapai standar yang ditetapkan oleh PTN tujuan? Meskipun demikian, ujian masuk ini bukan satu-satunya jalan menuju PTN impianmu. Pilihan untuk menggunakan jalur SNMPTN dan Jalur Mandiri tetap terbuka lebar untukmu walaupun persentase penerimaan mahasiswanya di tiap PTN lebih rendah dibanding kuota ujian masuk melalui LTMPT.

Lebih masukan Blog

Kuliah di Jogja? Ini 7 Referensi Perguruan Tinggi yang Bisa Dipertimbangkan

Ada nggak, diantara kamu yang pingin kuliah di Jogja, apapun kampusnya? Percaya nggak...

Mau Jadi Pilot? Ini 6 Jenis Lisensinya

Siapa nih, yang punya mimpi jadi pilot sedari kanak? Udah tau belum, kalau lisensi...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line