redesain-navbar Portlet

Blog

photo credit Shutterstock

Kuliah di Jogja? Ini 7 Referensi Perguruan Tinggi yang Bisa Dipertimbangkan

Tips Kuliah

Ada nggak, diantara kamu yang pingin kuliah di Jogja, apapun kampusnya? Percaya nggak percaya, ada aja lho, yang begitu. Yogyakarta memang punya daya tarik tersendiri bagi kalangan pelajar, sampai-sampai provinsi ini dikenal sebagai kota pelajar – bingung gak sih, provinsi kok jadi kota? Ya udah deh, daripada musingin hal gak jelas begitu, mending langsung kepoin aja perguruan tinggi yang bisa jadi kampus masa depanmu di Jogja.

 

1. Universitas Gadjah Mada

Percaya kan, kalau UGM menduduki peringkat pertama sebagai perguruan tinggi terbaik di Yogyakarta menurut versi apapun? Termasuk menurut kriteria atau versi Kemenristekdikti tahun 2018, UGM tetap yang terbaik. Dan nggak cuma di Yogyakarta sih sebenarnya, UGM adalah yang terbaik senusantara!

 

2. Universitas Negeri Yogyakarta

Masih mengacu pada kriteria Kemenristekdikti, runner up dibelakang UGM adalah UNY. Perguruan tinggi ini adalah universitas terbaik di Yogyakarta buat kamu yang kepengen banget jadi guru, pendidik tanpa tanda jasa bagi bangsa ini dimasa depan.

 

3. Universitas Sanata Dharma

Nggak mau ke FKIP UNY? Kalau begitu, ke USD saja. Tak kalah dari UNY, USD juga punya reputasi yang tetap terjaga selama puluhan tahun dalam bidang pendidikan dan pencetak tenaga pendidik. Bahkan kini, Akuntansi, Psikologi, dan Farmasi juga menjadi jurusan favorit di USD.

 

4. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Meskipun baru berstatus sebagai PTN pada tahun 2014, sebenarnya pamor UPN Veteran Yogyakarta sudah cemerlang sejak tempo doeloe. Pasalnya, Jurusan atau Program Studi Pertambangan dan Perminyakan di universitas ini memang terkenal sebagai favorit alumni SMA hingga di luar wilayah Yogyakarta.

 

5. Universitas Islam Indonesia

Berstatus sebagai PTS, UII adalah salah satu yang tertua di Yogyakarta. Kenapa universitas ini berada dalam lima besar Kemenristekdikti dan dapat bersaing ketat dengan PTN besar di Yogyakarta? Sebabnya, sebagian besar jurusan atau program studinya telah terakreditasi A oleh BAN PT.

 

6. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Dari keenam fakultasnya, UAJY sudah punya kelas berstandar internasional, lho! Berada diposisi keenam pada versi Kemenristekdikti, UAJY juga menjadi salah satu PTS terbaik di Yogyakarta. BAN PT sendiri mengakreditasi UAJY pada grade A sebagai sebuah institusi.

 

7. Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Kamu yang udah mantengin perguruan tinggi mana dengan jurusan seni terbaik, pasti nggak akan melewatkan ISI Yogyakarta. Menurut rangking perguruan tinggi di seluruh dunia pada 2018 oleh Quacquarelli Symonds, ISI Yogyakarta berada diperingkat ke-17 pada subyek Performing Artsklop sama Kemenristekdikti yang mendudukkannya di peringkat ketujuh. Udah, nggak perlu mikir dua kali lagi, deh!

 

Bagaimana dengan perguruan tinggi yang lain? Tenang, kamu tak harus mengacu pada rangking Kemenristekditi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, STMIK Amikom, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, maupun Universitas Ahmad Dahlan adalah perguruan tinggi lain di Yogyakarta dengan kualitas tak kalah kerennya. Nah, apa kamu juga ingin kuliah di Jogja?

Lebih masukan Blog

Sanggup Melewati Tes-Tes Masuk Sekolah Pilot Ini?

Udah pada tahu belum, kalau proses seleksi masuk sekolah pilot tuh panjang banget? Tes masuk...

Kenali Lembaga Ini Sebelum Ujian: LTMPT

Mulai tahun 2019, Kemenristekdikti akan mengubah skema ujian masuk PTN dari Ujian Tulis...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka