redesain-navbar Portlet

Blog

photo via www.cnbc.com

Kerja Setelah Lulus Sekolah? Lihat Peluangmu di 9 Instansi Pemerintah Ini

Peluang Kerja

Siapa bilang selesai sekolah kamu harus kuliah? Eh, jangan salah, ya. Melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi, bahkan setinggi-tingginya, adalah hal yang baik. Tapi adakalanya kuliah terasa bagai kemewahan bagi sebagian pelajar karena satu dan lain hal. Kalau begitu, apakah masa depan yang lebih baik hanya sekedar dongeng?

Enggak, lah! Bila kamu harus langsung berkecimpung didunia kerja selepas SMA/ SMK, bersyukurlah atas kesempatan lebih awal untuk belajar tentang kehidupan dibanding teman-temanmu yang kuliah. Dan bekerja seletelah menamatkan 12 tahun pendidikan tuh nggak buruk-buruk amat, kok. Buktinya, beberapa lembaga dan instansi pemerintah berikut ini membutuhkan lulusan SMA/ SMK dalam formasi selesi CPNS tahun 2018.

 

1. Badan Keamanan Laut Republik Indonesia

Lembaga ini membutuhkan lulusan SMA untuk profesi kelasi, kerani, oiler, markonis, dan serang. Lulusan SMK Nautika Perikanan Laut, SMK Pelayaran Nautika, atau SMK Teknologi Penangkapan Ikan bisa menjadi bosun, sedangkan profesi juru mesin terbuka untuk lulusan SMK Pelayaran Teknika, SMK Nautika, SUPM Teknika Perikanan Laut, atau SMK Teknika.

Profesi juru minyak di Badan Keamanan Laut membutuhkan lulusan SMK Mesin atau SMK Otomotif, sedangkan juru motor membutuhkan lulusan SMK Elektro atau SMK Listrik. Juru mudi juga merupakan profesi penting di lembaga ini, yang membutuhkan lulusan dari SMK Nautika Perikanan Laut, SMK Pelayaran Nautika, SMK Teknologi Penangkapan Ikan, SMK Nautika, atau SMK Pelayaran.

 

2. Kejaksaan Agung Republik Indonesia

Lulusan SMA dibutuhkan oleh Kejaksaan Agung untuk direkrut sebagai pengawal tahanan/ narapidana. Lowongan kerja yang lumayan, kan?

 

3. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

Untuk formasi penjaga tahanan, Kemenkumham membutuhkan 800-an lulusan SMA/ MA/ SMK/ paket C. Tinggal pilih nih, mau bekerja dibawah Kejaksaan atau Kementerian untuk profesi penjaga atau pengawal tahanan ini.

 

4. Badan Narkotika Nasional

Kalau kamu lulusan SMA dan penyuka satwa khususnya anjing, lowongan ini akan menarik buatmu: pawang atau pelatih anjing pelacak. Tahu kan, berjasanya hewan ini saat melacak narkotika?

 

5. Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan

Pencarian dan Pertolongan, atau Search and Rescue (SAR), adalah lembaga pemerintah non-kementerian yang bidang kerjanya banyak dilapangan. Tak heran, rekrutmen tenaga-tenaga muda yang kuat bekerja sebagai personel pertolongan pertama terus digencarkan.

Tahun 2018, Basarnas membutuhkan lulusan SMA dengan Ahli Nautika Tingkat D untuk bekerja sebagai kelasi, juru minyak, dan juru mudi. Untuk lulusan SMA dengan Ahli Teknika Tingkat III akan direkrut sebagai masinis kapal, sedangkan lulusan SMA dengan Ahli Nautika Tingkat IV sebagai mualim kapal. Jika kamu lulus dari SMK Pelayaran Teknika atau SMK Pelayaran Terbuka, kamupun punya peluang menjadi markonis di Basarnas.

 

6. Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

Kemhub membutuhkan banyak lulusan SMA/ sederajat untuk berbagai formasi pada seleksi CPNS 2018. Lulusan SMA/ SMK dengan Basic Safety Training (BST) dan kepemilikan sertifikat menyelam dibutuhkan untuk posisi bosun. Tanpa sertifikat menyelam? Kamu bisa jadi bakes, juru mesin, kelasi, kerani, atau pengawas keselamatan pelayaran pemula di Kemhub bila kamu lulusan SMK Pelayaran dengan Ahli Teknik Tingkat IV/ V.

Kemhub juga membutuhkan juru minyak, juru motor, oiler, dan juru mudi dari lulusan SMA/ SMK dengan Ahli Teknik Tingkat D. Untuk pekerjaan sebagai markonis, Kemhub memerlukan lulusan SMA/ SMK dengan latarbelakang Operator Radio Umum. Kemudian, masinis kapal dan mualim kapal yang dibutuhkan oleh Kemhub disyaratkan lulus dari SMA/ SMK dengan Ahli Teknika Tingkat IV/ V.

Kamu lulusan SMA/ SMK dan memiliki latarbelakang Ahli Nautika Tingkat IV? Selamat! Kamu bisa jadi nahkoda Kemhub. Kemhub juga membutuhkan penjaga mercusuar dengan kualifikasi lulusan SMA/ SMK dengan Ahli Nautika Tingkat IV, Basic Safety Training, atau Ahli Nautika Tingkat D. Jika kamu lulusan SMA/ SMK dengan Ahli Nautika Tingkat D, Kemhub akan menugaskanmu sebagai serang.

Bagaimana kalau kamu punya sertifikat komputer atau Bahasa Inggris saja? Sebagai lulusan SMA/ SMK, berarti kamu bisa melamar untuk jabatan aviation security atau petugas keamanan Kemhub. Tapi kalau ingin jadi instruktur pemula Kemhub, kamu harus punya ijazah SMA/ SMK, Commercial Pilot License (CPL), dan Instrument Rating (IR) Penerbang. Jika lulus dari SMK Perhotelan, SMK Perkapalan, atau SMK Tata Boga dengan Basic Safety Training, kamu berpeluang menjadi jenang kapal Kemhub.

 

7. Kementerian Kelautan dan Perikanan

KKP memerlukan lulusan SMK Teknika, SMK Teknika Kapal Penangkap Ikan, SUPM Mesin Perikanan, ataupun SUPM Teknika Perikanan Laut untuk menjadi oiler. Profesi pengawas perikanan pemula KKP membutuhkan latarbelakang pendidikan SMK Mesin Perikanan, SMK Penangkapan Ikan, atau SUPM semua jurusan.

Untuk profesi kelasi, KKP memerlukan lulusan SMK Nautika, SMK Nautika Kapal Penangkap Ikan, SUPM Nautika Perikanan Laut, atau SUPM Penangkapan Ikan. KKP juga memerlukan pengendali hama dan penyakit ikan pemula dari SMK Budidaya Perairan, SMK Budidaya Perikanan, SMK Teknologi Budidaya Perikanan, SUPM Budidaya Perairan, SUPM Budidaya Perikanan, atau SUPM Teknologi Budidaya Perikanan.

 

8. Kementerian Sosial Republik Indonesia

Kemsos memerlukan lulusan SMK Keperawatan Sosial atau SMK Pekerjaan Sosial untuk mengisi formasi jabatan pekerja sosial pemula pada seleksi CPNS 2018. Apakah kamu siswa SMK ini?

 

9. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi

Yak, kamu berpeluang bekerja di BPPT dengan ijazah dari SMK Perkapalan atau SMK Seni dan Kriya. Lulusan SMK ini akan ditempatkan untuk bekerja sebagai teknisi penelitian dan perekayasaan pemula.

 

Dari rekrutmen CPNS 2018, tampak bahwa para lulusan SMA/ SMK sekalipun berpeluang untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Jadi, tak ada ruginya bersikap terbuka pada segala kemungkinan selepas menamatkan sekolahmu nanti, kan?

Lebih masukan Blog

Kuliah di Jerman? 7 Pilihan Jurusan Ini Terkenal yang Terbaik

Makin mudahnya peluang untuk menjadi mahasiswa internasional saat ini tentunya menguntungkan...

Meluruskan Stereotipe Mahasiswa Jurusan Sejarah

Jurusan ini sering dianggap sebagai underdog , tak punya prestis, dan jarang dipilih. Di...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line