APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Kuliah di Jerman? 7 Pilihan Jurusan Ini Terkenal yang Terbaik

Mahasiswa Internasional di Jerman

photo via www.astutegermany.com

Makin mudahnya peluang untuk menjadi mahasiswa internasional saat ini tentunya menguntungkan banget bagi kamu-kamu yang masih duduk dibangku SMA/ MA/ SMK. Selain pendalaman keilmuan yang lebih serius, kamupun dapat bonus belajar kultur yang berbeda di negeri orang.

Bukan berarti kuliah di dalam negeri itu nggak serius, tapi pengalaman yang kamu dapat diluar kampus sebagai mahasiswa internasional akan membekalimu dengan bobot ilmu dan pengetahuan yang tak kalah penting. Misalnya kamu kuliah di Jerman, negara yang terkenal dengan kualitas akademiknya yang jempolan. Bahkan, pendidikan tinggi di Jerman adalah yang terbaik di Eropa dari segi akademik, biaya, karir, hingga kehidupan sehari-harinya.

Tawaran yang menggoda buat mahasiswa sedunia? Tentu saja! Nah, jurusan kuliah apa saja yang terkenal sebagai pilihan terbaik di Jerman?

 

1. Bahasa

Udah kadung jatuh cinta sama Bahasa Jerman? Jangan tanggung-tanggung, kuliah aja di Jerman! Kalau kamu bisa lulus program penyetaraan dengan lancar dan diterima di salah satu PTN di Jerman, udah nggak perlu musingin biaya kuliah. Lumayan banget, kan? Lagipula, pakar Bahasa Jerman di dalam negeri masih terbilang sedikit dibanding Bahasa Inggris. Peluang yang baik jangan disia-siakan, Sobat Pintar!

 

2. Sastra

Tahukah kamu kalau sejatinya Sastra Jerman punya sejarah yang kaya? Kalau telingamu sudah bosan dengan nama William Shakespeare, sekarang saatnya kamu mengenal lebih jauh tentang Johann Wolfgang von Goethe, Friedrich Schiller, atau Gunter Wilhelm Grass.

 

3. Kimia

Jerman adalah negara di dunia yang memboyong sekitar 30 Nobel dibidang Kimia. Keren, kan? Pantesan aja sih, karena perguruan tinggi di Jerman memang terkenal jagoan akan metode pengajaran Sains, khususnya Kimia. Pas banget nih, kalau Kimia memang bidang yang menjadi minatmu selama ini.

 

4. Fisika

Nobel dalam bidang Fisika yang dimiliki Jerman berjumlah hampir sama dengan Nobel Kimia. Makanya, kedua bidang ini adalah jurusan kuliah dengan kualitas yang takkan mengecewakan di perguruan tinggi apapun di Jerman. Jadi galau gak sih, mau kuliah Fisika apa Kimia di Jerman?

 

5. Sejarah

Seluruh dunia juga tahu sejarah Jerman yang penuh liku. Banyak banget yang bisa dipelajari dari perjalanan panjang peristiwa demi peristiwa yang dilaluinya. Kalau kamu memang tertarik belajar sejarah di Jerman, Freie University Berlin dan Humboldt University adalah dua universitas terbaik yang bisa kamu pilih.

 

6. Teknik Mesin

Mulai dari airbag sampai komputer dan sepeda, Jerman adalah rumah bagi pakar penemu teknologi yang mendukung kehidupan manusia saat ini. Kalau kamu serius ingin eksplor lebih jauh tentang Teknik Mesin, jangan kebanyakan mikir untuk kuliah di Jerman, Sobat Pintar! Udah bener deh, pilihanmu!

 

7. Kedokteran

Kalau kamu benar-benar pingin tahu majunya dunia kedokteran, kuliahlah di salah satu perguruan tinggi di Jerman. Wawasanmu akan terbuka, bahkan mungkin terbelalak, dengan majunya kedokteran di negara maju seperti Jerman. Sejak dulupun, Jerman sudah terkenal karena penemuan Alzheimer, tabung X-ray, antitoksin diphtheria, hingga perekat perban. Nobel dibidang kedokteran yang dimiliki Jerman juga mencapai puluhan meskipun tak sebanyak Kimia atau Fisika.

 

Perlu dicatat, kuliah di Jerman tuh nggak ada ceritanya santai-santai, ya! Selain kendala bahasa yang akan kamu hadapi, dunia akademik Jerman juga terkenal dingin dan keras. Misalnya, standar kelulusan yang ditetapkan oleh dosen tidak bisa dinego dengan cara apapun, bahkan kamu bisa dinyatakan drop out bila sampai tiga kali gagal lulus suatu matakuliah.

Namun jika kamu siap bekerja keras, berjibaku berpeluh keringat dengan sistem akademik Jerman, maka kamupun pasti akan memetik banyak manfaatnya. Tak hanya prestasi akademik saja, tapi juga pengalaman tinggal di negeri orang yang memiliki culture jauh berbeda dari negeri sendiri. Pasti bakalan seru banget, deh!

0
360

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog