redesain-navbar Portlet

null

Blog

Ketahui sebelum Kuliah: 7 Bidang Konsentrasi di Jurusan Manajemen Bisnis

Manajemen adalah salah satu jurusan favorit di rumpun Soshum.

Jurusan Manajemen Bisnis, image credit Markus Spiske

Jika anak IPS ditanya cita-cita kuliahnya, salah satu jawaban yang cukup sering kita dengar adalah belajar di Jurusan Manajemen Bisnis. Kuliah Jurusan Manajemen memang seolah menjadi tumpuan harapan, bahkan saat terkadang kita tak tahu pasti jurusan yang harus dipilih.

Tapi sebenarnya apa itu Jurusan Manajemen? Pada dasarnya manajemen adalah ilmu atau seni tentang mengatur. Dan dalam hal ini, kita belajar tentang cara mengatur atau mengelola bisnis.

Jurusan Manajemen Bisnis sendiri terbagi lagi menjadi tujuh bidang konsentrasi. Pemilahan bidang-bidang konsentrasi Manajemen Bisnis ini semata-mata untuk memaksimalkan fungsi manajemen. Nah, sebelum kuliah Jurusan Manajemen, ayo mengenal tujuh bidang atau komponen Manajemen Bisnis ini!

 

1. Manajemen Sumber Daya Manusia

Dikenal juga sebagai Manajemen Personalia, bidang manajemen ini berkaitan dengan pengelolaan sumber daya manusia suatu perusahaan. Bidang ini tentu merupakan topik penting yang dipelajari di Jurusan Manajemen Bisnis. Perekrutan, pengembangan dan peningkatan mutu, hingga sistem gaji karyawan berada dalam ranah Manajemen SDM ini.

 

2. Manajemen Produksi

Manajemen Produksi menjadi salah satu konsentrasi yang dipelajari oleh mahasiswa yang kuliah Jurusan Manajemen. Ilmu manajemen ini mengajari kita tentang perencanaan desain, penyediaan bahan baku, mutu, jumlah, pengendalian, hingga pengawasan produksi.

 

3. Manajemen Pemasaran

Belajar Manajemen Pemasaran di Jurusan Manajemen Bisnis berarti kita belajar tentang riset pasar, strategi pemasaran, promosi produk, analisis pasar, hingga analisis kompetitor. Di bidang manajemen ini, kita belajar tentang bagaimana mengenalkan produk ke masyarakat segingga pendapatan perusahaan meningkat.

 

4. Manajemen Informasi

Informasi yang memadai merupakan salah satu faktor penting dalam setiap pengambilan keputusan perusahaan. Itulah sebabnya Manajemen Informasi dibutuhkan. Jika Sobat memiliki interpersonal skill yang baik dalam berkomunikasi, menguasai bahasa asing, dan akrab dengan teknologi digital, bidang manajemen ini patut dipertimbangkan untuk dipilih.

 

5. Manajemen Strategis

Ilmu yang dipelajari saat kuliah Jurusan Manajemen ini adalah tentang penyusunan, penerapan, hingga evaluasi berbagai kegiatan perusahaan. Di Jurusan Manajemen Bisnis, perencanaan program hingga alokasi SDM-nya merupakan salah satu bidang ilmu yang cukup penting.

 

6. Manajemen Administrasi

Di Jurusan Manajemen Bisnis, bidang Manajemen Administrasi lebih dekat kaitannya dengan Ilmu Akuntansi. Dalam Manajemen Administrasi, kita mengumpulkan, mencatat, dan mengelompokkan data untuk keperluan manajemen-manajemen lain.

 

7. Manajemen Keuangan

Kuliah di Jurusan Manajemen Bisnis pasti takkan lepas dari manajemen cash flow atau keuangan. Yang kita pelajari dalam Manajemen Keuangan antara lain tentang investasi, laba perusahaan, laporan keuangan, dan, tentu saja, pengelolaan aliran uang keluar dan masuk di perusahaan.

Apakah yang kita pelajari dalam Manajemen Keuangan sama dengan perkuliahan di Jurusan Manajemen Akuntansi? Perlu diketahui, Akuntansi Keuangan berbeda dari Akuntansi Manajemen dalam hal tujuannya, penggunaan laporannya, ruang lingkupnya, dan masih banyak lagi perbedaan-perbedaan lainnya.

Manajemen Keuangan yang dipelajari di Jurusan Manajemen Bisnis sendiri diperlukan agar kita dapat mengendalikan pengeluaran, meningkatkan pemasukan, dan secara umum mengelola keuangan perusahaan. Alumni Manajemen Keuangan biasanya bekerja pada bidang analisis keuangan, dan bukan tidak mungkin mencapai posisi manajer keuangan.

 

Bagaimana dengan prospek kerja Jurusan Manajemen yang lain? Bukan tanpa alasan bila Jurusan Manajemen Bisnis dikenal sebagai jurusan yang 'aman.' Alumni jurusan ini memang memiliki peluang untuk bekerja pada berbagai bidang manajerial.

Mulai dari posisi staff hingga manajer, mulai dari bidang akademis hingga entrepreneurship, alumni Jurusan Manajemen terkenal mudah mencari kerja. Ingin membuktikannya sendiri, Sobat?

110

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp