CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

KIP Kuliah 2022 Lengkap: Syarat, Pendaftaran, sampai Jadwal

Ketahui dulu semua seluk beluk tentang KIP Kuliah sebelum mendaftar.

kartu indonesia pintar kuliah, Photo by Raychan on Unsplash

Pendaftaran KIP Kuliah 2022 dimulai sejak awal pekan ini, tepatnya 2 Februari 2022. Sobat Pintar tentu sudah tahu, Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) adalah bagian dari upaya pemerintah membantu pelajar yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi. Bagaimana seretnya perekonomian belakangan ini, sebagian dari Sobat Pintar juga mungkin merasakannya. Kalau kamu ingin tahu apakah KIP Kuliah bisa membantu kelancaran studimu, atau sekadar kepo tentang KIP Kuliah, boleh banget nih, luangkan beberapa menit untuk membaca tentang KIP Kuliah Kemdikbud berikut ini.

 

Apa Keunggulan KIP Kuliah Kemdikbud?


Photo by Katt Yukawa on Unsplash

Sebelum KIP Kuliah, pemerintah telah meluncurkan Bidikmisi untuk tujuan yang sama. Dengan KIP Kuliah, justru ada lebih banyak pelajar yang terbantu, terutama mereka yang melanjutkan studi di program vokasi. Disamping KIP Kuliah, ada pula KIP Kuliah Afirmasi yang dikhususkan bagi pelajar dari Papua, Papua Barat, serta Daerah Terdepan Terpencil dan Tertinggal. Untuk mendapatkan informasi tentang pengumuman KIP Kuliah lebih jauh, kamu bisa mengakses web resmi KIP Kuliah Kemdikbud.

Jika memenuhi syarat KIP Kuliah, penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah berhak atas:

1. Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi

2. Pembebasan biaya kuliah

Puslapdik akan membayarkan biaya kuliah sebesar Rp2,4 juta per semester langsung ke perguruan tinggi tempatmu kuliah nanti.

3. Bantuan biaya hidup

Jika kamu berhak mendapatkan Kartu Indonesia Pintar Kuliah, Sobat Pintar akan memperoleh bantuan biaya hidup sebesar Rp700 ribu per bulan yang dibayarkan setiap semester, sesuai masa studi normal. Perinciannya, masa studi normal program S1 maksimal 8 Semester, sehingga total bantuan biaya hidup yang berhak kamu terima selama studi adalah maksimal Rp33,6 juta. Untuk program D3 maksimal 6 Semester, total bantuan maksimal Rp25,2 juta. Untuk program D2 maksimal 4 Semester, total bantuan maksimal Rp16,8 juta. Untuk program D1 maksimal 2 Semester, total bantuan maksimal Rp8,4 juta. 

 

Kartu Indonesia Pintar Kuliah Buat Siapa?


Photo by Chang Duong on Unsplash

Apakah kamu berhak mendapatkan KIP Kuliah Kemdikbud? Wait, ketahui dulu apa saja syarat KIP Kuliah, Sobat Pintar. KIP Kuliah Kemdikbud ditujukan bagi siswa SMA/sederajat yang:

1. Lulus pada tahun berjalan atau lulus dua tahun sebelumnya

2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi

3. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru pada Prodi dengan Akreditasi A atau B (dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C).

Meskipun pendaftaran KIP Kuliah 2022 saat ini telah dibuka, masih belum ada update syarat KIP Kuliah yang wajib dipenuhi. Bila mengacu pada persyaratan daftar KIP online 2021, penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah juga harus:

1. memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid (NIK digunakan untuk memperoleh informasi tentang sosial ekonomi di Data Terpadu Kesenjangan Sosial (DTKS) Kemensos. Siswa yang tidak/belum terdaftar di DTKS harus melengkapi data ekonomi dan aset.)

2. memiliki bukti dokumen sah yang menyatakan potensi akademik dan keterbatasan ekonomi

3. mempunyai Kartu KIP

4. mempunyai Kartu Keluarga Sejahtera.

 

Bagaimana Cara Daftar KIP Kuliah?


Photo by Jason Tharsiman on Unsplash

Sekali lagi, untuk memastikan kelayakanmu mendapatkan KIP Kuliah Kemdikbud, cek KIP Kuliah di web resminya. Bila perlu, konsultasikan juga dengan guru yang berwenang di sekolahmu. Dan bila kamu memang berhak untuk mendapatkan Kartu Indonesia Pintar Kuliah, berikut ini step by step pendaftaran KIP Kuliah 2022.

1. Untuk mendapatkan Kip Kuliah daftar langsung secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps.

2. Pada saat pendaftaran, masukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif.

3. Sistem akan melakukan validasi untuk menilai kelayakanmu mendapatkan Kartu Indonesia Pintar Kuliah.

4. Jika proses validasi berhasil, kamu akan mendapatkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses di alamat email yang sudah didaftarkan.

5. Menyelesaikan proses pendaftaran dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri).

6. Menyelesaikan proses pendaftaran masuk perguruan tinggi di jalur seleksi yang dipilih.

7. Jika lulus seleksi masuk kuliah, perguruan tinggi yang bersangkutan akan melakukan verifikasi lebih lanjut sebelum mengusulkanmu sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

 

Kapan Pendaftaran KIP Kuliah 2022 di Jalur Seleksi Pilihanmu?

kartu indonesia pintar kuliah
Photo by Debby Hudson on Unsplash

Telah disebutkan di atas, kamu harus menyelesaikan proses pendaftaran sesuai dengan jalur seleksi pilihanmu. Mengingatkan kembali, pendaftaran akun siswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah sudah dapat dimulai sejak tanggal 2 Februari 2022 dan akan ditutup pada 31 Oktober 2022. Terus, kapankah proses pendaftaran KIP Kuliah Jalur Mandiri maupun jalur-jalur seleksi masuk perguruan tinggi yang lain?

Nah, inilah selengkapnya jadwal pendaftaran KIP Kuliah 2022 pada tiap-tiap jalur seleksi, Sobat Pintar.

Jalur Seleksi

Dibuka

Ditutup

SNMPN

7 Februari 2022

17 Maret 2022

SNMPTN

13 Februari 2022

27 Februari 2022

UTBK-SBMPTN

22 Maret 2022

14 April 2022

SBMPN

5 April 2022

29 Juni 2022

Seleksi Mandiri PTN

1 Juni 2022

7 Oktober 2022

Seleksi Mandiri PTS

8 Juni 2022

31 Oktober 2022

 

Sumber: Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan KIP Kuliah Kemdikbud

70

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog