CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

8 Jurusan Soshum Terfavorit di SNMPTN 2021

Ada baiknya mempertimbangkan kembali bila harus memilih jurusan kuliah di kampus-kampus dengan keketatan masuk yang tinggi.

jurusan soshum terfavorit di SNMPTN 2021, Photo by Fa Barboza on Unsplash

Tahu apa saja jurusan Soshum terfavorit di SNMPTN 2021 itu penting kalau kamu mau masuk kuliah tahun ini melalui jalur SNMPTN, Sobat Pintar. Pilihan jurusan kuliah emang kudu cocok sama bakat, minat, dan kemampuanmu. Tetapi kalau peluang masuknya tipis, mau enggak mau kita jadi overthinking, dong. Iya ga, sih?

Wait, sebelum kejauhan, udah pada tau dong, arti Saintek dan Soshum? Kalau dari kepanjangannya, Saintek adalah Sains dan Teknologi, sedangkan Soshum adalah Sosial dan Humaniora. Kalau kamu mau simpelnya, boleh dikata Saintek itu IPA, sedangkan Soshum itu IPS.

Nah, apa saja prodi Soshum yang paling banyak peminat di SNMPTN tahun lalu? Ini dia, Sobat Pintar, delapan jurusan Soshum paling diminati di SNMPTN 2021.

 

1. Manajemen


Photo by Brands&People on Unsplash

Enggak heran kalau Manajemen adalah jurusan kuliah Soshum yang paling difavoritkan di SNMPTN 2021. Di jurusan ini, kamu belajar bagaimana membuat perencanaan dan pengelolaan organisasi atau perusahaan. Mata kuliah Manajemen yang bakal kamu pelajari misalnya Ekonomi Manajerial, Manajemen Strategi, Komunikasi Bisnis, Manajemen Risiko, dan lain-lain. Jurusan Soshum ini memiliki tingkat keketatan SNMPTN 2021 paling tinggi berturut-turut di Universitas Negeri Jakarta, Universitas Padjadjaran, Universitas Negeri Medan, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, dan Universitas Hasanuddin.

 

2. Ilmu Komunikasi


Photo by Celpax on Unsplash

Anak IPS mana sih, yang masih belum kenal sama Ilmu Komunikasi? Jurusan ini digaungkan sebagai jurusan kuliah untuk anak IPS lantaran banyak diantara mereka yang punya minat bekerja di bidang media. Kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi memang membuatmu belajar tentang ilmu hubungan masyarakat, penyiaran, komunikasi media, jurnalistik, hingga periklanan. Runner up jurusan Soshum terfavorit di SNMPTN 2021 ini memiliki keketatan tertinggi berturut-turut di Universitas Negeri Jakarta, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Gadjah Mada.

 

3. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)


Photo by Yannis H on Unsplash

Ternyata tak sedikit anak IPS yang bercita-cita mengajar dan menjadi guru SD. Kuliah di jurusan PGSD membekalimu dengan berbagai mata kuliah penting seperti Perkembangan Peserta Didik, Psikologi Pendidikan, Kajian Bahasa Indonesia SD, Belajar dan Pembelajaran SD, Pengembangan Kurikulum SD, Strategi Belajar Mengajar SD, dan lain-lain. Keketatan masuk SNMPTN tertinggi pada salah satu jurusan paling diminati 2021 ini berturut-turut berada di Universitas Sriwijaya dan Universitas Tanjungpura.

 

4. Psikologi


Photo by Pro Church Media on Unsplash

Rupa-rupanya tak sedikit anak IPS yang pengin jadi psikolog, nih. Saking tingginya minat kuliah di jurusan ini, Psikologi menjadi favoritnya jurusan SNMPTN untuk anak IPS. Apakah ini jurusan incaranmu juga, Sobat Pintar? Asal kamu tahu, kuliah Psikologi bakal mengenalkanmu dengan tokoh-tokoh ilmu psikologi, membuatmu belajar tentang perkembangan manusia, mengharuskanmu mengenal cabang-cabang ilmu psikologi, sampai membuatmu melakukan wawancara dan observasi untuk praktikum. Pada SNMPTN 2021, keketatan tertinggi Psikologi berturut-turut berada di Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Negeri Yogyakarta.

 

5. Sastra Inggris


Photo by Daniel on Unsplash

Eitts, jangan salah. Jurusan Sastra Inggris enggak bisa dimonopoli anak Bahasa. Tak sedikit anak IPS yang tertarik belajar tentang teori kebahasaan, teori penerjemahan, sampai teori sastra. Good luck, kalau kamu memilih Sastra Inggris untuk SNMPTN Soshum tahun ini. Asal kamu tahu, Sobat Pintar, jurusan ini paling ketat masuknya tahun lalu di Universitas Negeri Jakarta.

 

6. Akuntansi


Photo by Sincerely Media on Unsplash

Sebagai seorang akuntan, kamu bisa bekerja untuk perusahaan atau pemerintah. Luwesnya prospek kerja ini turut mendorong tingginya minat kuliah di jurusan Akuntansi. Tapi sudahkah kamu tahu apa saja yang harus dipelajari oleh mahasiswa Akuntansi? Kuliah Akuntansi mengharuskanmu menguasai sederet mata kuliah seperti Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Biaya, Akuntansi Anggaran, Akuntansi Pemerintah, Sistem Informasi Akuntansi, Perpajakan, dan lain-lain. Prodi Soshum ini paling sulit ditembus di SNMPTN 2021 di Universitas Negeri Jakarta.

 

7. Pendidikan Vokasional Seni Kuliner


Photo by Anton Rybakov on Unsplash

Proses menyiapkan, memasak, hingga menghidangkan makanan seluruhnya adalah seni, yaitu seni kuliner. Kuliah culinary art membuatmu belajar tentang pengolahan hidangan masakan Western dan Asia, tradisional dan mancanegara, sampai bakery dan patisserie. Jika jurusan ini incaranmu di SNMPTN, mungkin kamu harus menimbang lagi bila memilih Universitas Negeri Jakarta. Pasalnya, Pendidikan Vokasional Seni Kuliner UNJ adalah jurusan kuliah Soshum terfavorit di SNMPTN 2021.

 

8. Bahasa dan Kebudayaan Korea

jurusan soshum
Photo by ARA CHO on Unsplash

Kamu seorang ARMY atay BLINK, Sobat Pintar? Atau, kamu sekedar menikmati K-drama di waktu senggangmu? Apapun itu, yang pasti jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea menjadi salah satu jurusan soshum terfavorit di SNMPTN 2021. Jurusan ini paling sulit ditembus di Universitas Gadjah Mada tahun lalu. Kira-kira bakal bagaimana ya, di SNMPTN 2022 ini?

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog