redesain-navbar Portlet

null

Blog

Kisi-Kisi dan Pembahasan Soal UTBK SBMPTN 2020 – Check It Out, Sobat!

Pembahasan contoh soal bisa menjadi bahan belajar menghadapi UTBK.

Soal UTBK SBMPTN, image credit Antoine Dautry

Sedang berlangsung, UTBK 2020 diikuti oleh mereka yang bersiap masuk kuliah di kampus negeri. Tak sedikit calon mahasiswa baru yang mencari kisi-kisi soal & kunci jawaban UTBK 2020. Bagaimana denganmu, Sobat Pintar?

Just to refresh your memory, mari kita lihat lagi kisi-kisi  soal UTBK SBMPTN 2020. Apalagi, UTBK 2020 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena hanya memuat soal TPS.

 

1. Penalaran Umum

Ada tiga tipe soal Penalaran Umum:

(1). Kesesuaian Pernyataan

(a) Memilih pernyataan benar pada paragraf tertentu dari sebuah teks

(b) Memilih pernyataan paling benar sesuai diagram, tabel, grafik, atau tabel

(c) Menganalisis data dalam teks

(2). Simpulan Logis

(a) Memilih kesimpulan paling logis sesuai teks

(b) Menganalisis hubungan sebab akibat

(3). Penalaran Analitik

(a) Memahami dan menganalisis data teks

(b) Menganalisis untuk menjawab soal

Berikut ini contoh soal UTBK Penalaran Umum dari Aku Pintar.

Virus Corona di Indonesia

Data terbaru, Minggu (12/4/2020), menunjukkan ada tambahan sebanyak 399 kasus virus corona di Indonesia. Mengutip situs Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, www.covid19.go.id, dengan adanya penambahan 399 kasus pada hari ini, total kasus Covid-19 di Indonesia menjadi 4.241 kasus. Dari angka itu, sebanyak 359 pasien sembuh, 373 orang meninggal dunia, dan 3.509 masih menjalani perawatan.

Melansir data covid-19.go.id, angka tambahan 399 kasus baru merupakan angka tambahan tertinggi sejak virus corona pertama kali dikonfirmasi di Indonesia pada 2 Maret 2020. Sebelumnya, angka tambahan kasus baru tertinggi terjadi pada Kamis (9/4/2020) yaitu 337 kasus di seluruh Tanah Air. Apabila kita amati dari grafik titik yang tergambar, dalam seminggu ini, 6-12 April 2020, kasus harian virus corona mengalami kenaikan dan penurunan kasus yang signifikan. Pada awal pekan, kasus harian virus corona tercatat mencapai 218 kasus. Keesokan harinya, ada tambahan 247 kasus.

Adapun penambahan kasus harian dengan selisih tertinggi terjadi pada 8-9 April 2020. Pada 8 April, ada penambahan 218 kasus, sementara pada 9 April mencapai 337 kasus. Selisih tambahan kasus pada dua hari ini sebanyak 119 kasus. Selisih ini tercatat paling tinggi setelah kasus pertama dikonfirmasi pada 2 Maret 2020.Meski per hari ini mengalami tingkat kasus harian tertinggi, dilaporkan pula kasus sembuh harian tertinggi pada Minggu (12/4/2020) yakni sebanyak 73 orang. Sebelumnya, tercatat 4 orang yang sembuh dalam sehari pada Sabtu (11/4/2020).

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengungkapkan, kasus terkonfirmasi positif terus bertambah karena penyebaran virus corona masih terjadi. Oleh karena itu, ia meminta seluruh masyarakat untuk bersatu memutus rantai penularan virus. "Mari kita yakini penyebaran masih terjadi, ancaman kesehatan lain masih ada. Mari putus penularan dan jaga kesehatan," ujar Yuri dalam konferensi pers di BNPB, Minggu (12/4/2020).

Wilayah dengan kasus terbanyak Sementara itu, tambahan kasus-kasus per 12 April 2020 ini berasal dari beberapa provinsi, yakni Bali, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, NTB, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat, dan Papua. Dari beberapa wilayah tersebut, provinsi paling banyak melaporkan kasus virus corona yakni di Jawa Timur dengan penambahan kasus sebanyak 119.

Dengan demikian, per 12 April 2020, total kasus di Provinsi Jawa Timur mencapai 386 kasus. Sementara itu, pasien sembuh hari ini paling banyak dilaporkan di DKI Jakarta dengan total pasien 60 orang. Sementara, pasien harian yang meninggal di DKI Jakarta sebanyak 36 orang. Sejauh ini, jumlah pasien sembuh paling banyak masih tercatat di DKI Jakarta, disusul Jawa Timur. Sementara, untuk kasus kematian yang paling banyak tercatat di DKI Jakarta, kemudian Jawa Barat.

Sumber: Kompas - Virus Korona di Indonesia 399 Kasus Baru pada 12 April.

Berdasarkan teks di atas, manakah pernyataan yang SALAH?

1. Jumlah kasus virus corona yakni di Jawa Timur dengan penambahan kasus sebanyak 119

2. Total kasus virus corona di Provinsi Jawa Timur mencapai 386 kasus

3. Pasien sembuh paling banyak dilaporkan di DKI Jakarta dengan total pasien 60 orang

4. Jumlah pasien harian yang meninggal di DKI Jakarta 36 orang

5. Kasus baru tertinggi terjadi pada Kamis (9/4/2020) yaitu 336 kasus di seluruh Tanah Air

Dari contoh soal UTBK ini, kita mendapat informasi pada paragraf ke-2, “kasus baru tertinggi terjadi pada Kamis (9/4/2020) yaitu 337 kasus di seluruh Tanah Air”. Maka, jawaban yang benar adalah E.

 

2. Pemahaman Bacaan dan Menulis

Jenis soal Pemahaman Bacaan dan Menulis terdiri dari:

(1). Pemahaman isi bacaan

(a) Membaca, mencermati, dan memahami teks

(b) Membaca cepat

(2). Penalaran kebahasaan

(a) Memahami kaidah Bahasa Indonesia

(b) Memahami KBBI dan PUEBI

Ingin tahu seperti apa contoh soal UTBK Pemahaman Bacaan dan Menulis? Ini dia, Sobat.

Akhir Perang Jawa telah mengubah tatanan sosial di Jawa. Salah satunya, bagaimana tatanan baru (1) kolonialisme kolonialisme15  (2) mempengaruhi sikap dan cara berpikir orang Jawa terhadap kedudukan dan peran perempuan dalam masyarakat. Sampai pada akhirnya, kita mencatat sederet sosok perempuan berpikiran modern muncul pada akhir abad (3) ke-19.

Raden Ayu Lasminingrat (1843-1948) yang kerap menerjemahkan buku-buku Belanda ke bahasa Sunda. Melalui karya-karya sastra yang disadurnya, Lasminingrat ingin masyarakat Indonesia mendapat pengetahuan (4) laksana keluar dari kegelapan. Dia berjasa mendirikan Sakola Kautamaan Istri di Garut, Jawa Barat. Sejak 1879, dia telah mendidik anak-anak dengan berbagai bacaan bahasa Sunda dari moral, agama, sampai (5) science.

Raden Ayu Kartini (1879-1904), perempuan Jawa yang memiliki minat pada literasi bangsanya. Dia hadir tidak sekadar sosok pejuang hak-hak perempuan, tetapi juga mendorong ekonomi kreatif rakyat Japara. Setelah menikah dengan Bupati Rembang, dia mendirikan sekolah wanita di sebelah timur pintu gerbang kompleks kediaman mereka.

Dewi Sartika (1884-1947) yang (6) memperjuangkan pendidikan bagi anak-anak perempuan di Tanah Pasundan. Ia kemudian mendirikan Sakola Istri, sekolah khusus perempuan pertama di Hindia Belanda.

Sumber: Mahandis Yoanata Thamrin (National Geographic Indonesia)

Pilihan yang tepat untuk kata bernomor 15 adalah...

1. tidak perlu diperbaiki

2. koloni

3. kolonial

4. penjajahan

5. belanda

Berikut pembahasan dari contoh Soal UTBK SBMPTN 2020 di atas, Sobat. Kolonialisme adalah kata benda yang memiliki arti paham tentang penguasaan oleh suatu negara atas daerah atau bangsa lain dengan maksud untuk memperluas negara itu. Kata kolonialisme tidak perlu diperbaiki karena telah sesuai untuk melengkapi frasa “tatanan baru kolonialisme” yang berperan sebagai subjek kalimat. Jadi, jawaban yang benar adalah A.

 

3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Soal-soal Pengetahuan dan Pemahaman Umum ada dua, yaitu:

(1). Bahasa Indonesia

(a) Memahami inti bacaan

(b) Memahami hubungan antar kalimat/ paragraf

(c) Memahami KBBI dan PUEBI

(2). Bahasa Inggris

(a) Memahami topik dan informasi inti bacaan

(b) Menemukan kata kunci

(c) Memahami sudut pandang penulis

Seperti apa contoh soal UTBK Pengetahuan dan Pemahaman Umum? Seperti berikut ini, Sobat.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka turun tajam pada awal perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Senin (13/4/2020). Melansir data RTI, pukul 09.08 WIB, IHSG berada di level 4.597,98 atau turun 51,09 poin (1,1 persen) dibanding penutupan sebelumnya pada 4.649,07. Sebanyak 86 saham melaju di zona hijau dan 145 saham merah. Sedangkan 121 saham lainnya stagnan.

Adapun nilai transaksi hingga saat ini mencapai Rp 462,71 miliar dengan volume 595,97 juta saham. Pelemahan indeks acuan BEI ini seiring dengan merahnya bursa saham Asia pagi ini. Indeks Nikkei Tokyo turun 0,9 persen, disusul oleh indeks Strait Times Singapura yang juga turun 0,22 persen, dan indeks komposit Shanghai yang juga turun 0,51 persen.

Sebelumnya, Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee memproyeksikan IHSG berpotensi menguat, namun rentan berfluktuasi. “Kami perkirakan pasar saham Indonesia akan menguat pada awal pekan, namun potensi fluktuasi masih besar. Pasar juga berpeluang terkoreksi di akhir-akhir pekan,” jelas Hans, Sabtu (9/4/2020). (Sumber: kompas.com)

Penggunaan istilah stagnan dalam kalimat ketiga paragraf pertama bermakna...

Pilihan Jawaban:

1. kemajuan pesat

2. perkembangan terus menerus

3. pelambatan

4. kondisi yang terhenti

5. terputus

Apa jawaban yang tepat untuk contoh soal UTBK di atas, Sobat? Penggunaan istilah stagnan dalam kalimat ketiga paragraf pertama bermakna kondisi yang terhenti. Berdasarkan topik paragraf pertama tentang IHSG yang dibuka di awal perdagangan mengalami penurunan dan berdampak pada saham-saham yang mengalami stagnan.

Dalam KBBI, stagnan berarti dalam keadaan terhenti. Dikaitkan dengan topik dalam paragraf pertama tersebut, maka stagnan dalam kalimat ketiga memiliki makna kondisi yang terhenti akibat dari penurunan IHSG. Nah, ini adalah salah satu contoh soal-soal SBMPTN dan pembahasan dari Aku Pintar, Sobat.

 

4. Pengetahuan Kuantitatif

Bagaimana kisi-kisi soal UTBK Soshum dan soal UTBK Saintek pada Pengetahuan Kuantitatif? Karena pada UTBK 2020 hanya ada soal TPS saja, kedua rumpun ini tak ada bedanya. So, Pengetahuan Kuantitatif Soshum maupun Saintek mencakup barisan bilangan, aritmetika, geometri, dan aljabar. Ragam soalnya yaitu:

(1.) Pilihan ganda

(a) Memahami konsep dasar

(b) Matematika dan logika dasar

(2). Pilihan 1, 2, 3, dan 4

(a) Memilih informasi yang benar

(b) Sebuah pertanyaan dan empat informasi

(3). Analisis kecukupan data

(a) Sebuah pertanyaan dan dua informasi

(b) Menganalisis informasi yang dibutuhkan

(4). Analisis perbandingan dua nilai

(a) Sebuah informasi dan dua variabel

(b) Menentukan hubungan antara kedua variabel

Agar lebih jelas, seperti ini contoh soal UTBK Pengetahuan Kuantitatif.

Bilangan berikut yang dapat dinyatakan sebagai hasil penjumlahan dari tiga bilangan berurutan adalah ….

1. 121

2. 122

3. 123

4. 124

5. 125

Sobat Pintar sudah menjawab contoh soal UTBK ini? Iya, jawabannya C dan begini pembahasannya:

Misalkan tiga bilangan berurutan:

x, x + 1, dan x + 2.

S3 = x + x + 1 + x + 2

S3 = 3x + 3

S3 = 3(x + 1)

Dari opsi jawaban, billangan yang dapat dibagi 3 adalah 123. Sehingga substitusikan pada S3.

123 = 3(x + 1)

41 = x + 1

x = 41 - 1

x = 40

Dengan demikian, 40 + 41 + 42 = 123.

 

Jika sudah berkali-kali mengikuti Try Out UTBK 2020, Sobat tentu tak asing lagi dengan soal-soal SBMPTN dan pembahasan seperti di atas. And again, UTBK dan SBMPTN pada tahun 2020 kali ini diselenggarakan bersamaan – dan jenis soalnya TPS saja.

Karena itulah, contoh soal SBMPTN di atas dapat digunakan belajar latihan soal SBMPTN Soshum maupun soal SBMPTN Saintek. Semangat terus belajar dan berlatih ya, Sobat!

 

Sumber soal: UTBK TPS 1 Aku Pintar

230

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
bagus min
00
min TO TPS ke 6 kok gaada yaa tadi malem masih ada
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp