redesain-navbar Portlet

Blog

Kriteria Siswa Eligible yang Dapat Mendaftar SNMPTN 2022

Ketahui apa saja syarat yang membuatmu eligible untuk daftar SNMPTN.

syarat snmptn, Photo by Becca Tapert on Unsplash

Salah satu syarat SNMPTN 2022 adalah diikuti oleh siswa yang eligible. Apa yang dimaksud dengan siswa eligible itu? Apa saja kriteria siswa eligible? Lantas, apakah kamu termasuk siswa yang eligible untuk mengikuti pendaftaran SNMPTN 2022, Sobat Pintar?

 

Ketentuan SNMPTN tentang Eligibility Peserta

siswa eligible adalah
Photo by Juan Ramos on Unsplash

Eligible adalah kata dalam Bahasa Inggris yang tergolong sebagai kata sifat. Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, eligible memiliki makna 'memenuhi syarat.' Dalam konteks syarat SNMPTN, siswa eligible adalah siswa yang memenuhi syarat dan layak untuk dipilih mengikuti pendaftaran SNMPTN 2022.

Apakah seorang siswa eligible atau tidak, kriteria tersebut secara umum sudah diatur dalam ketentuan SNMPTN. Kriteria siswa eligible dari LTMPT kemudian masih diseleksi lagi oleh sekolah sehingga didapatkan sejumlah calon peserta pendaftaran SNMPTN 2022.

 

Kriteria Peserta SNMPTN 2022

pendaftaran snmptn 2022
Photo by Bahman Adlou on Unsplash

Apa saja kriteria siswa eligible yang secara umum ditetapkan oleh LTMPT? Pertama, siswa eligible ditentukan oleh akreditasi sekolah.

1. Sekolah dengan akreditasi A dapat mengajukan 40% siswa terbaiknya.

2. Sekolah dengan akreditasi B dapat mengajukan 25% siswa terbaiknya.

3. Sekolah dengan akreditasi C dan lainnya dapat mengajukan 5% siswa terbaiknya.

Kalian yang termasuk ke dalam 40%, 25%, atau 5% terbaik di sekolah adalah siswa yang memenuhi ketentuan SNMPTN 2022 untuk mendaftar. Tapi kriteria peserta SNMPTN 2022 tak selesai sampai di jumlah siswa terbaik sekolah saja, Sobat.

Siapa saja yang berhak masuk ke dalam 40%, 25%, atau 5% itu? Nah, sekolah bakal menyeleksi nilai rapor kalian. Untuk memenuhi persyaratan daftar kuliah di jalur SNMPTN, ada beberapa mata pelajaran yang diperhitungkan oleh sekolah guna membuat pemeringkatan siswa.

1. Siswa eligible dari kelas IPA dilihat dari nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.

2. Siswa eligible dari kelas IPS dilihat dari nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.

3. Siswa eligible dari kelas Bahasa dilihat dari nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.

4. Siswa eligible dari SMK dilihat dari nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian.

Kriteria siswa eligible di atas sejalan dengan ketentuan SNMPTN yang mensyaratkan bahwa siswa SMA/MA/SMK kelas XII pada tahun 2022:

- memiliki prestasi unggul akademik

- memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh PTN yang dituju

- memiliki nilai rapor semester I – V yang telah diisikan di PDSS.

Bagaimana jika nilai rapormu sama dengan siswa lain, sementara kuota sekolah untuk mengikuti pendaftaran SNMPTN 2022 terbatas? Sekolah dapat menambahkan kriteria lain, Sobat. Kriteria siswa eligible yang ditentukan oleh sekolah ini bisa berupa prestasi akademik tambahan yang lain sehingga diperoleh urutan peringkat yang baru. Pada akhirnya, kuota eligible SNMPTN sekolah tetap memenuhi persentase yang telah ditetapkan oleh LTMPT.

 

Daftar Final Siswa Eligible untuk Daftar SNMPTN

daftar snmptn
Photo by RODNAE Productions on Pexels

Jadi, ada dua penentu kriteria siswa eligible ya, Sobat Pintar. Pertama, kuota siswa eligible mengikuti ketentuan LTMPT. Kemudian, sekolah menyeleksi dan menentukan siapa saja nama yang memenuhi persyaratan siswa SNMPTN.

Misalnya, ada 11 nama dalam daftar siswa eligible sekolah. Karena kuota LTMPT terbatas pada 10 siswa saja, maka dua siswa dengan nilai rapor yang sama harus diseleksi lagi menggunakan prestasi akademik tambahan yang lain. Atau, barangkali ada siswa yang memenuhi kriteria siswa eligible tetapi memutuskan untuk tidak mengikuti SNMPTN. Maka, "kursi" siswa tersebut dapat diisi oleh siswa lain. Nah, pihak sekolah lah yang sepenuhnya mengurus segala sesuatunya pada tahap seleksi ini, Sobat.

Jika ternyata kamu menjadi bagian dari siswa yang eligible untuk melakukan pendaftaran snmptn 2022, congratulations! Tak setiap siswa memenuhi syarat SNMPTN meskipun mereka kepingin banget mendaftar. Jadi bila kamu sepenuhnya eligible untuk daftar SNMPTN, manfaatkan kesempatan itu sebaik-baiknya.

Tata cara pendaftaran SNMPTN 2022 beserta jadwal lengkapnya dapat kamu baca di sini. Jangan sampai ada tahapan yang kamu lewatkan ya, terutama bila jurusan pilihanmu mengharuskan upload portofolio. Good luck, Sobat Pintar!

 

 

 

Sumber:

ltmpt.ac.id

170

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet