PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via www.ucl.ac.uk

Kuliah di Asia? Ini Universitas Terbaik Untukmu

Kuliah Mahasiswa Internasional

Times Higher Education dan Quackquarelli Symonds adalah dua lembaga yang rajin bikin rangking perguruan tinggi di dunia, termasuk di Asia. Tapi karena perbedaan indikator, rangking yang dirilis keduanya juga berbeda.

 

5 Universitas Terbaik di Asia versi Times Higher Education

Untuk mengurutkan rangking universitasnya, Times Higher Education (THE) punya 13 indikator yang dikelompokkan kedalam lima kategori, yaitu kutipan penelitian, perkuliahan, riset, rasio mahasiswa internasional, dan dampak pada dunia industri. Berdasar pada indikator tersebut, lima universitas terbaik di Asia adalah:

1. National University of Singapore (NUS)

Universitas ini adalah yang tertua dan terbesar di Singapura, terkenal unggul dalam inovasi dan penelitian. Teknik dan Teknologi adalah jurusan populer, bahkan NUS menjadi pusat technopreneurship selama 30 tahun terakhir. Uniknya, NUS menerapkan metode tutorial seperti universitas-universitas di Inggris dan kredit kursus ala Amerika.

2. Tsinghua University

Universitas ini terkenal paling elit di China, dengan Kedokteran, Teknik dan Teknologi, Ilmu Komputer, Bisnis, dan Ilmu Fisika sebagai jurusan terbaik. Kampusnya, bergaya tradisional China dan Barat, adalah salah satu yang paling indah di dunia.

3. Peking University

Berpredikat sebagai universitas nasional modern pertama di China, universitas ini unggul dalam penelitian. Teknik dan Ilmu Fisika adalah jurusan yang paling menonjol. Perpustakaannya terbesar di Asia dan menyimpan 11 juta buku.

4. The University of Hong Kong (HKU)

HKU menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar perkuliahan, tapi jumlah penerimaan mahasiswa internasionalnya masih sangat terbatas. Alumni universitas ini banyak terlibat dalam pembangunan bidang politik, budaya modern, dan ekonomi Cina.

5. Hong Kong University of Science and Technology (HKUST)

Meskipun baru berdiri pada 1991, universitas ini telah menjadi pusat pembelajaran Teknik, Teknologi, Studi Bisnis, Manajemen, Humaniora, dan Ilmu Sosial. Perpustakaan yang berada di pusat kampus menyimpan koleksi peta-peta tua Cina dan Asia serta ratusan ribu buku.

 

5 Perguruan Tinggi Terbaik di Asia versi Quackquarelli Symonds

Untuk menyusun QS World University Rankingnya, Quackquarelli Symonds menerapkan enam indikator, yaitu reputasi akademik, reputasi lulusan, rasio fakultas dan mahasiswa, kutipan jurnal ilmiah, rasio fakultas internasional, serta rasio mahasiswa internasional. Dan lima perguruan tinggi terbaik di Asia menurut QS World University Ranking adalah:

1. Nanyang Tecnological University

Meskipun masih terbilang baru, NTU punya sederet jurusan favorit, diantaranya Teknik Sipil, Kimia, Ilmu Sosial, Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, Ilmu Pengetahuan Alam, Komunikasi dan Media Studies, Manajemen Perhotelan, Linguistik, dan Pendidikan. Pastinya, universitas ini memiliki banyak mahasiswa internasional.

2. National University of Singapore (NUS)

Menurut QS World University Ranking, NUS berada pada urutan kedua di Asia. Pada seluruh indikator, NUS hanya tertinggal dalam kutipan jurnal ilmiah dari NTU.

3. Hong Kong University of Science and Technology (HKUST)

Universitas ini berada diurutan ketiga pada QS World University Ranking. Meskipun usianya belum genap separuh abad, prestasi HKUST sudah mendunia, tak terbatas di Asia saja.

4. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

KAIST adalah perguruan tinggi pertama di Korea Selatan yang berorientasi pada sains dan riset rekayasa. Selain di negaranya sendiri, perguruan tinggi ini juga berperingkat baik di Asia dan dunia.

5. The University of Hong Kong (HKU)

Pada QS World University Ranking, HKU berperingkat satu tingkat lebih rendah daripada susunan rangking THE di Asia. Sebagai universitas tertua di Kong Kong, riset-riset di HKU terkenal komprehensif.

 

Itulah perguruan tinggi di Asia yang masuk dalam lima besar rangking menurut indikator Times Higher Education dan Quackquarelli Symonds. Bisa dipertimbangkan nih, Sobat Pintar, kalau kamu mau kuliah ke luar negeri tapi pertimbangan jarak dan biaya masih menjadi variabel yang memberati langkahmu. Asiapun punya perguruan tinggi yang berkualitas, kok!

Lebih masukan Blog

Percaya Nggak, Ada Jurusan-Jurusan Kuliah Seperti Ini?

Kamu merasa pilihan jurusan kuliah di Indonesia terlalu biasa-biasa saja? Mau tahu seberapa ...

12 Konsentrasi Akuntansi – Mana Pilihanmu?

Anak IPS mana sih, yang nggak tertarik sama Jurusan Akuntansi? Jurusan ini udah dianggap...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru