APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Kuliah di Korea Selatan Bukan Mimpi – Ini 2 Beasiswanya

Info Terbaru

photo via www.asiaoptions.org

Kamu suka K-drama? Mengunjungi satu per satu lokasi yang kamu lihat di drama adalah salah satu impianmu? No worries, kamu bisa melakukannya dengan kuliah di Korea Selatan. Tak punya fulus? Tenang, kamu bisa coba dua beasiswa Korea Selatan berikut ini.

 

Art Major Asian (AMA)

Beasiswa ini pastinya menggoda buat kamu yang udah jatuh hati sama seni dan kebudayaan Korea, apalagi kalau kuliahnya di Korea National University of Arts (K'ARTS). Program-program yang ditawarkan oleh K'ARTS antara lain musik instrumen, studi teater, musik vokal, broadcasting, acting, animasi, pembuatan film, koreografi, multimedia, seni rupa, dance, arsitektur, desain, dan sebagainya.

Mau tahu apalagi yang lebih menggoda? AMA Sholarship ini diberikan secara penuh, yang berarti kamu sudah tak perlu pusing mikirin uang saku dan biaya tempat tinggal selama kuliah di negeri ginseng itu. Tunjangan bulanan ada, kuliah juga gratis – kurang enak gimana lagi, coba?

Oh, masih kurang! Masih ada tiket pesawat pulang pergi Korea Selatan-Indonesia, tanggungan penuh kursus Bahasa Korea, dan asuransi kesehatan.

Untuk mendapat beasiswa undergradute/ S1, tentunya kamu harus berstatus telah lulus SMA. Karena program beasiswa ini secara spesifik menyebutkan seni, sudah semestinya kamu memiliki bakat seni yang luar biasa, keterampilan yang baik, dan catatan akademik yang bagus. Tak cukup memiliki ketiganya, berikutnya kamu juga memerlukan rekomendasi dari pemerintah, kementerian, dan Kedubes Korea Selatan.

Bila kamu menginginkan AMA Scholarship, cermati prosedurnya dan jadwal akademiknya. Perkuliahan musim semi di Korea Selatan dimulai pada awal Maret, dan pada saat itu kamu harus sudah tuntas menyelesaikan kursus Bahasa Korea di Korea Selatan. Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa menghubungi AMA Manager via email di [email protected].

 

Korean Government Scholarship Program (KGSP)

KGSP adalah beasiswa pemerintah Korea Selatan yang jadi rebutan karena persyaratannya yang tak terlalu rumit. Sama seperti AMA Sholarship, KGSP sudah meng-cover biaya hidup dan biaya pendidikan selama di Korea Selatan.

Menariknya, KGSP tak hanya menawarkan beasiswa untuk jenjang undergradute/ S1, tapi juga diploma/ D2 buat kamu yang lulusan SMA. Masing-masing jenjang memiliki kriteria pendaftarannya sendiri.

Tapi secara umum, pendaftaran KGSP ditempuh melalui dua jalur, yaitu Embassy/ Kedubes Korea Selatan atau universitas. Pilih salah satu jalur ya, jangan dua-duanya agar kamu tak didiskualifikasi. Jika memilih jalur Kedubes, kamu bisa memilih tiga universitas tujuan. Sebaliknya, jalur universitas berarti kamu hanya bisa memilih satu universitas saja – logika sederhana saja, bukan? Pada kedua jalur pendaftaran ini, ada berapa universitas yang bisa kamu tuju? Hampir 60 universitas di Korea Selatan – banyak banget!

Waktu pendaftaran KGSP untuk jenjang undergraduate/ S1 biasanya dibuka mulai bulan September tiap tahunnya. Berbeda dari AMA Scholarship, KGSP membedakan alokasi dana untuk biaya bulanan dengan biaya tempat tinggal.

Durasi kursus Bahasa Korea juga lebih lama, bisa sampai tiga kalinya – tepatnya selama satu tahun. Jadi total durasi waktu yang di-cover KGSP adalah lima tahun, dengan empat tahun kuliah dijurusan pilihanmu.

Oh ya, kalau kebetulan minatmu pada jurusan Engineering atau Science, kemungkinan besar kamu memiliki nilai lebih dibanding kandidat beasiswa yang lain. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi laman National Institute for International Education (NIIED) di www.studyinkorea.go.kr atau Kedutaan Besar Korea Selatan di idn.mofa.go.kr.

Sesuai dengan minatmu, kamu bisa pilih beasiswa AMA atau KGSP. Yang jelas, keduanya memberimu kesempatan untuk kuliah di Korea Selatan dan menikmati kimchi di negara empat musim ini selama beberapa tahun.

160

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog