redesain-navbar Portlet

null

Blog

Kuliah di Mana? Ini Rekomendasi 10 Kampus Terbaik

QS Asia dan World Rankings dapat menjadi salah satu rujukan dalam memilih tempat kuliah.

Rekomendasi Kampus Terbaik, image via news.okezone.com

Apa sih, referensimu dalam memilih kampus, Sobat? Ada banyak rujukan yang bisa kita gunakan, mulai dari data dari dalam negeri hingga dunia. QS Top Universities, misalnya, tak hanya merilis World University Rankings, tapi juga membuat pemeringkatan kampus-kampus terbaik di Asia.

Nah, menurut QS Asia University Rankings 2020, kampus-kampus berikut ini berada dalam jajaran 10 terbaik di Indonesia. Bagaimana perbandingannya dengan QS World University Rankings 2020? Let's find out!

 

1. Universitas Indonesia

Berada diurutan pertama di dalam negeri, Universitas Indonesia menduduki peringkat ke-59 dalam Asia Rankings. Sementara di dunia, UI berada pada peringkat ke-296. Hebatnya lagi, menurut World Rankings, posisi UI tetap menjadi juara di Indonesia sejak 2017!

 

2. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung ketat mengawal UI diurutan kedua dalam Asia Rankings. Padahal dalam World Rankings, ITB berada diurutan ketiga setelah UGM – turun dari posisi kedua pada tahun 2020 ini. Untuk peringkatnya, ITB menempati peringkat ke-66 di Asia dan 331 di dunia.

 

3. Universitas Gadjah Mada

Dalam Asia Rankings, Universitas Gadjah Mada menduduki posisi ketiga terbaik di Indonesia. Peringkat UGM di Asia adalah yang ke-66, sedangkan di dunia adalah yang ke-320. Dalam World Rankings, UGM adalah runner up kampus terbaik di dalam negeri, menggeser posisi ITB yang pernah menjadi runner up pada 2019.

 

4. Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor menempati peringkat ke-132 di Asia. Di dunia, IPB berada pada peringkat ke-601-650. Menariknya, dalam daftar Asia Rankings maupun World Rangkings, IPB sama-sama berada diurutan ke-4 di dalam negeri. For your information, posisi IPB di dalam negeri dalam World Rankings berada pada urutan ke-5 pada 2019.

 

5. Universitas Airlangga

Dalam daftar Asia Rankings, Universitas Airlangga menduduki urutan ke-5 di dalam negeri. Sementara dalam World Rankings, Unair berada diurutan ke-5 setelah sempat turun dari urutan ke-4 pada 2018 dan bahkan ke-6 pada 2019. Pemeringkatan Unair dalam Asia Rankings dan World Rankings sendiri masing-masing ialah yang ke-171 dan 651-700.

 

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Institut Teknologi Sepuluh Nopember adalah salah satu PTN di Surabaya selain Unair. Dalam Asia Rankings, ITS berada pada peringkat ke-198 – memposisikannya tepat pada urutan ke-6 setelah Unair di dalam negeri. Sedangkan dalam World Rankings, peringkat ITS adalah yang ke-801-1000 – memposisikannya diurutan ke-9 di dalam negeri setelah turun terus dari urutan ke-7 pada 2018.

 

7. Universitas Bina Nusantara

Dalam Asia Rankings, Universitas Bina Nusantara berada pada peringkat ke-234. Sedangkan dalam World Rankings, Binus menduduki peringkat ke-801-1000 dunia. Kedua pemeringkatan ini menjadikan Binus sebagai PTS terbaik di Indonesia dan berada diurutan ke-7 dari kampus top ten di dalam negeri.

 

8. Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran menduduki peringkat ke-236 dalam Asia Rankings, membawanya menjadi kampus terbaik diurutan ke-8 di dalam negeri. Disisi lain, Unpad menduduki peringkat ke-751-800 dalam World Rankings. Peringkat World Ranking Unpad cukup fluktuatif di dalam negeri – sempat melejit diurutan ke-4 pada 2019, kini Unpad berada diurutan ke-6.

 

9. Universitas Diponegoro

Menduduki urutan ke-9 di dalam negeri, peringkat Universitas Diponegoro dalam Asia Rankings adalah yang ke-281-290. Sedangkan dalam World Rankings, Undip berada pada peringkat ke-801-1000. Sayangnya, peringkat dunia ini berarti Undip berada pada urutan ke-8 di Indonesia, setelah sebelumnya berada pada urutan ke-6 pada 2018.

 

10. Universitas Brawijaya

Diurutan terakhir kampus top ten Asia dalam negeri adalah Universitas Brawijaya. UB sendiri berada pada peringkat ke-301-350 dalam Asia Rankings.

 

Baik Asia maupun World Rankings bisa menjadi salah satu rujukan kita dalam mengukur kualitas kampus. Daftar yang dirilis oleh QS Top Universities tentu tak disusun dengan asal-asalan. Yes we can trust the list, but we can't make it the only source to rely on.

160

Lebih masukan Blog

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp