PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo credit David Hartfiel

Kuliah Pariwisata – Apa yang Perlu Kamu Tahu?

Jurusan Pariwisata

Pariwisata adalah salah satu bidang yang terus tumbuh. Bahkan akhir-akhir ini, pertumbuhan bidang pariwisata sangat pesat dengan adanya berbagai program acara di televisi maupun sokongan sosial media. Nah, jika kamu tertarik dan punya minat pada bidang ini, ada juga jurusan kuliahnya ditingkat pendidikan tinggi, lho!

 

Perguruan Tinggi Mana Saja yang Punya Jurusan Pariwisata?

Meskipun tak setenar Teknik ataupun Kedokteran, Pariwisata juga dimiliki oleh beberapa universitas di dalam negeri. PTN dengan Jurusan Pariwisata antara lain Universitas Brawijaya, Universitas Indonesia, dan Universitas Udayana. Universitas Pancasila juga bisa jadi pilihan PTS dengan Jurusan Pariwisata.

Selain itu, ada Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata Bandung (STPIB), atau yang dikenal juga dengan Enhaii Bandung, yang merupakan perguruan tinggi dibawah Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Perguruan tinggi ini telah ada di negara kita tercinta sejak tahun 1959, lho. Udah lama banget, kan?

Di Yogyakarta, kamu bisa kuliah di Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA. Tak jauh dari Yogyakarta, Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid (STP Sahid) ada di Solo.

Bagaimana di Ibukota? Di Jakarta ada Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti. Geser sedikit, ada Sekolah Tinggi Pariwisata Universitas Pelita Harapan di Banten.

 

Apa Saja yang Dipelajari tentang Pariwisata Ditingkat Pendidikan Tinggi?

Jangan sekali-kali memilih kuliah di Jurusan Pariwisata kalau tujuanmu adalah bersenang-senang dan jalan-jalan sambil kuliah. Kenyataan yang akan kamu temui nantinya akan jauh berbeda dari impian muluk tersebut. Nggak percaya? Coba lihat beberapa matakuliahnya berikut ini.

- Pariwisata Budaya: tentang pengembangan pariwisata berdasar pada kearifan budaya lokal – matakuliah ini terkait dengan Arkeologi, Sejarah, dan Antropologi.

- Geografi Pariwisata: tentang pemetaan wisata ditingkat nasional, provinsi, sampai daerah – matakuliah ini terkait dengan Geografi.

- Bahasa Asing: nggak cuma Bahasa Inggris, kamu juga akan duduk dikelas Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang, Bahasa Perancis, dan bahasa asing lainnya.

- Filosofi Pariwisata: tentang filsafat manusia dan perjalanan wisata.

- Ekowisata: tentang pengembangan pariwisata berbasis pada alam – matakuliah ini terkait dengan Ilmu Lingkungan dan Kehutanan.

- Studi Wilayah: tentang zonasi pengembangan kawasan wisata, dimana kamu belajar tentang teknik perencanaan destinasi wisata.

- Hukum Pariwisata: tentang aturan-aturan legal berkaitan dengan pendirian destinasi wisata, usaha pariwisata, restoran, hotel, dan lain-lain.

- Ekonomi Pariwisata: tentang dampak pariwisata dipandang dari segi ekonomi makro dan mikro.

- Tourism Behavior: tentang psikologi dan perilaku wisatawan.

- Statistik Pariwisata: tentang jumlah kunjungan wisatawan ke suatu destinasi wisata dan menghitung aspek demografi, geografi, hingga psikografi guna menentukan kebijakan berikutnya.

Mahasiswa Pariwisata juga akan belajar tentang Psikologi Jasa, Kepurbakalaan Indonesia, Sejarah Indonesia, Pengantar Hospitalitas, Geografi Pariwisata Nasional, Manajemen Seni Pertunjukan, Manajemen Pengolahan Makanan dan Minuman, Geografi Pariwisata Internasional, termasuk juga Bisnis Pariwisata. Masih mikir jalan-jalan?

 

Kerja Apa Setelah Kuliah Pariwisata?

Karena luasnya ilmu yang tercakup dalam bidang ini, maka lapangan pekerjaan lulusan Jurusan Pariwisata juga cukup luas. Banyak alumni Pariwisata yang menjadi manajer tempat-tempat rekreasi, pemandu wisata, agen perjalanan, pemandu tur, ataupun manajer penginapan. Bahkan, alumni pariwisata bisa saja berprofesi sebagai seorang chef maupun baker – bukan biker lho, ya!

Kamu punya keinginan jadi barista, profesi yang sedang kekinian ini? Kuliah di Jurusan Pariwisata juga bisa mengantarkanmu menjadi seorang barista. Gimana? Tertarik kuliah dijurusan ini?

Lebih masukan Blog

6 Prospek Kerja bagi Alumni Jurusan Pariwisata

Mau kuliah di Jurusan Pariwisata, tapi setiap orang memandang keinginanmu sebelah mata? Hmm......

Stereotipe: Tuduhan Sepihak tentang Jurusan Pariwisata

Kuliah di Jurusan Pariwisata tuh enak, kerjaannya jalan-jalan mulu ! Pernah dengar orang ...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru