redesain-navbar Portlet

Blog

photo via www.bustle.com

Kuliah Psikologi Terbaik di Indonesia

Jurusan Psikologi

Telah memantapkan pilihan untuk kuliah di Jurusan Psikologi? Bidang ilmu terapan tentang perilaku dan mental manusia ini memang menarik – tak kalah menarik dengan Kedokteran, bidang ilmu yang mempelajari tentang fisik manusia. Meskipun mungkin persaingan masuknya cukup ketat, tapi kuliah Psikologi di tiga kampus terbaik di Indonesia ini tentu merupakan pengalaman yang dapat meningkatkan kualitas personal dan akademikmu.

 

1. Universitas Indonesia

Di universitas ini, Psikologi berdiri sebagai sebuah fakultas yang menaungi Program Sarjana, Magister, dan Doktor – semua dibidang Psikologi. Sejak diprogram sarjananya, mahasiswa Psikologi UI sudah terlibat dalam berbagai penelitian, bekerja dibagian SDM atau HRD, terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial dan pendidikan, bahkan cukup sibuk dalam dunia periklanan dan jurnalisme.

Psikologi UI punya Program Sarjana Kelas Khusus Internasional yang terselenggara dengan School of Psychology, Faculty of Social Nehavioral Science, University of Queensland. Perkuliahan semester 1-3 dan delapan dilakukan di Depok, Jawa Barat, sedangkan semester 4-7 di Brisband, Australia. Lulus kuliahnya nanti, kamu akan bergelar S.Psi (Sarjana Psikologi dan BA (Bachelor of Art) – langsung dua sekaligus!

 

2. Universitas Gadjah Mada

Setelah melalui perjalanan panjang selama sekitar enam tahun, akhirnya Psikologi UGM berdiri sebagai sebuah fakultas. Sama seperti di UI, Fakultas Psikologi UGM juga menaungi Program Sarjana, Magister, dan Doktor.

Kegiatan seru kuliah di Psikologi UGM adalah praktikum – saat dimana kamu melakukan wawancara, observasi, pembuatan skala, pemberian alat tes, pemberian skor, hingga menuliskan laporan praktikum tersebut sampai beratus-ratus halaman. Udah, itu aja? Eitts, enggak! Untuk praktikumnya, kamu musti melanglangbuana ke tempat-tempat wisata (yang tentu ada banyak sekali di Yogyakarta), sekolah (biasanya TK atau SD), rumah sakit jiwa, bahan puskesmas juga termasuk salah satu pilihan lokasi praktikum mahasiswa Psikologi UGM.

 

3. Universitas Padjadjaran

Kamu akan disebut sebagai alumnus Program Studi Psikologi Unpad setelah merampungkan 145 SKS. Prodi ini ditopang oleh Pusat Studi Korupsi, Pemberdayaan Individu dan Organisasi, Asesmen dan Evaluasi, Psikometri, Kesehatan dan Kesejahteraan, Pengoptimalan Pembelajaran, serta Keluarga. Komplit, ya? Dan ternyata masih ada laboratorium komputer dan psikologi sebagai tempat praktikum mahasiswa.

Alumni Psikologi Unpad punya Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI), yang memperbesar peluang kerja sebagai pengajar, konsultan, staf ataupun manajer di HRD, asesor, dan lain sebagainya. Namun jika ingin menjadi Psikolog, kamu harus melanjutkan kuliah keprogram Magister.

 

Psikologi dikampus mana yang menjadi minatmu? Sudah dipersiapkan baik-baik supaya lolos ujian masuknya? Kalaupun kamu nggak kuliah Psikologi diketiga kampus diatas, ngak papa, kok. Dimanapun kamu belajar, kesungguhanmulah yang akan tetap menentukan kualitasmu sebagai alumni nanti.

Lebih masukan Blog

Alumni Kampus-Kampus Ini Dicari Pekerjaan!

Lulus kuliah, nyari kerja? Itu udah biasa! Yang nggak biasa tuh kalau kamu lulus, dan...

Bukan Perkara Sepele Mahasiswa: Sepatu dan Kaos Kaki

Berapa kali kamu kena Tatib gegara nggak pake kaos kaki? Rasa-rasanya nggak penting ...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka