redesain-navbar Portlet

Blog

photo credit Darren Phillips

Alumni Kampus-Kampus Ini Dicari Pekerjaan!

Dunia Kampus

Lulus kuliah, nyari kerja? Itu udah biasa! Yang nggak biasa tuh kalau kamu lulus, dan pekerjaan di suatu firma besar sudah menantimu. Keren nggak, tuh? Nah, kalau mau keren begitu, perguruan tinggi berikut ini dapat membantumu.

 

1. Harvard University

Berdiri sejak abad ke-17, universitas swasta ini punya rasio mahasiswa undergraduate dan postgraduate yang unik: mahasiswa program masternya bisa mencapai lebih dari dua kali mahasiswa S1. Kampus utamanya berada di Boston dan Cambridge, menaungi Sekolah Kesehatan Masyarakat, Sekolah Kedokteran, Sekolah Hukum, Sekolah Pemerintahan JFK, Sekolah Pascasarjana Pendidikan, Sekolah Keagamaan, Sekolah Desain, Sekolah Bisnis, Fakultas Seni, dan Fakultas Sains.

Selain prestasi akademik yang tersohor, mahasiswa Harvard rata-rata cukup aktif dalam ekstrakurikuler kampus, baik dibidang entrepreneurship maupun keolahragaan. Alhasil, alumni Harvard adalah orang-orang yang disukai oleh banyak perusahaan internasional.

 

2. University of Cambridge

Universitas negeri ini juga berada di Cambridge, tapi yang berlokasi Inggris Raya. Usia University of Cambridge lebih tua sekitar 400 tahun daripada Harvard University. Dari keenam sekolahnya, yaitu Teknologi, Ilmu Fisika, Humaniora dan Ilmu Sosial, Klinik Kedokteran, Ilmu Biologi, serta Seni dan Humaniora, Matematika dan Seni adalah dua bidang yang paling menonjol di universitas ini. Dianggap sebagai kampus elit dunia, tak heran jika alumni Cambridge disukai dipasar kerja internasional.

 

3. University of Oxford

Oxford punya predikat sebagai universitas tertua di wilayah-wilayah berbahasa Inggris, juga merupakan runner-up universitas di dunia yang terus beroperasi sejak masa berdirinya. Kampus ini sudah ada pada abad ke-11 dan kini menaungi Ilmu Sosial, Fisika dan Ilmu Alam, Matematika, Ilmu Medis, dan Humaniora. Dari sini dihasilkan lulusan-lulusan Matematika, Studi Islam, Ilmu Teknik, Komputer, Kimia, Biokimia, dan berbagai bidang lain.

 

4. California Institute of Technology

Lebih dikenal sebagai Caltech, perguruan tinggi ini disebut-sebut sebagai favoritnya para pengusaha internasional. Kalau nggak punya kemampuan teknik, sains, dan matematika yang bagus, kecil kemungkinan kamu diterima dikampus ini. Selama kuliah, mahasiswa Caltech dituntut untuk bergaul akrab dengan beragam inovasi teknologi. Jelas, kedua kondisi tersebut menjadikan alumni Caltech laris manis dibutuhkan di dunia.

Caltech didirikan diakhir tahun 1800-an, dengan jumlah maba berkisar diangka 2000-an setiap tahunnya. Seluruh mahasiswa tersebut tersebar diberbagai jurusan, seperti Fisika Matematika dan Astronomi, Humaniora dan Ilmu Sosial, Ilmu Geologi dan Ilmu Planet, Teknik dan Sains Terapan, Kimia dan Teknik Kimia, Biologi, dan masih banyak lagi

 

5. Yale University

Sama seperti Caltech, Yale juga berada di Amerika Serikat. Sebagai sesama universitas swasta, menjadi mahasiswa Yale sama-sama prestisiusnya dengan mahasiswa Harvard. Didirikan pada tahun abad ke-18, Yale menjadi universitas tertua ketiga di negaranya. Kehidupan akademik di universitas ini terbagi menjadi tiga kelompok besar, yaitu 11 sekolah profesi, Graduate School of Arts and Sciences, dan Yale College.

 

6. Massachusetts Institute of Technology

Perguruan tinggi swasta di Amerika Serikat ini berdiri pada pertengahan tahun 1800-an, dan sejak saat itu telah meluluskan insinyur-insinyur dunia. Selama sekian tahun, banyak perusahaan yang terlibat langsung dalam berbagai program dan penelitian kampus. Selain itu, baik mahasiswa maupun alumninya sama-sama punya peran penting dalam inovasi entrepreneurship, pengembangan jaringan komputer yang canggih, serta proyek bioteknologi berbagai perusahaan dunia.

MIT, begitulah orang lebih suka menyebutnya, terdiri dari Sekolah Ilmu Kesehatan Whitaker, Fakultas Sains, Sekolah Manajemen Sloan, Fakultas Humaniora, Seni, dan Ilmu Sosial, Fakultas Teknik, serta Fakultas Arsitektur dan Perencanaan. Walaupun berada di benua yang berbeda, kerangka pendidikan di kampus MIT mengadopsi model politeknik Eropa yang lebih menekankan pada kegiatan belajar mengajar di laboratorium pada bidang teknik dan sains terapan.

 

Selain kelima perguruan tinggi diatas, alumni dari Stanford University, Columbia University, Princeton University, dan University of Toronto juga tak kalah laris manisnya dibursa kerja. Bagaimanadengan Asia? Masa nggak ada universitas yang alumninya diminati pasar kerja? Ada kok, sebutlah Shanghai Jiao Tong University, Zhejiang University, National University of Singapore, Waseda University, Fudan University, Seoul National University, Peking University, University of Tokyo, The University of Hong Kong, ataupun Tsinghua University.

Tinggal satu pertanyaannya, nih. Kamu bisa masuk ke kampus yang mana?

Lebih masukan Blog

Bingung Dengerin Kata-Kata dalam Bahasa Inggris Ini?

Homofon adalah dua kata yang jika diucapkan akan menghasilkan suara yang mirip atau bahkan...

Kuliah Psikologi Terbaik di Indonesia

Telah memantapkan pilihan untuk kuliah di Jurusan Psikologi? Bidang ilmu terapan tentang...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line