redesain-navbar Portlet

Blog

Lakukan Sejak Sekarang Agar Tak Mudah Sakit, photo via www.sandboxadvisors.com

Lakukan Sejak Sekarang: 5 Tips Agar Tak Mudah Sakit

Gaya hidup yang sehat dapat dibangun dari diri sendiri.

Pilek lagi, demam lagi, batuk lagi, izin tak masuk sekolah lagi – begitulah rutinitias pancaroba di wilayah tropis. Kalau Sobat Pintar tergolong rajin, sayang sekali bila harus tak masuk sekolah. Bagi Sobat lain yang memiliki riwayat kesehatan lebih serius, sekedar pilek pun sudah berujung Instalasi Gawat Darurat.

It's not that complicated, actually. Setidaknya, kita bisa berusaha sebaik-baiknya agar tetap sehat dimasa pergantian musim. Berikut ini tipsnya – dan mudah dikerjakan!

 

1. Jangan Terlalu Sering dan Terlalu Lama Berada di Ruangan Berpendingan

Saat sedang panas-panasnya, berada di dalam ruangan ber-AC memang terasa bagai menghirup hawa surgawi. Tapi sebaiknya jangan terlalu bergantung pada pendingin udara ya, Sobat. Salah satu alasannya, badan kita harus menyesuaikan dengan ketidakstabilan suhu – dari panas kedingin dan dari dingin kepanas secara bergantian.

Detikhealth mengutip dari NYTimes yang menyebutkan bahwa AC menyerab kelembaban udara sekaligus mengeringkan lendir pelindung di hidung kita. Tanpa lendir tersebut, virus penyebab pilek akan dengan mudah berkembang biak. And that, Sobat, is how you get your cold.

 

2. Kendalikan Stres Sebaik Mungkin agar Sistem Imun Tubuh Terjaga

Saat kita stres, badan kita menghasilkan hormon kortisol. Hormon inilah 'musuh besar' sistem imunitas badan. Dengan kata lain, semakin tinggi hormon kortisol, semakin lemah sistem imun tubuh – begitu pula sebaliknya. Pada gilirannya, saat sistem imun turun, bahkan drastis, maka berbagai ragam penyakit pun datang.

Pilek, sebagaimana penyakit-penyakit lain yang ditimbulkan oleh virus, pada dasarnya cukup diatasi dengan imun tubuh yang baik. Therefore, when our immune sytem is being low due to lengthy stress, it's the very thing that we need to address.

 

3. Olahraga Teratur Disetiap Pekan, Dipagi atau Sore Hari

Nah, salah satu cara menjaga kestabilan imun tubuh kita adalah dengan olahraga yang teratur. Manfaatnya tak hanya pada sistem imun, Sobat. Olahraga yang teratur juga dapat menurunkan kadar stres dan meningkatkan kinerja sel darah putih.

Dikutip dari Fimela, hasil riset The Faculty of Health and Medical Sciences, University of Copenhagen, menyebutkan bahwa olahraga dipagi hari mampu memperbaiki metabolisme dan membentuk otot, sedangkan disore hari berdampak pada ketahanan dan stamina. Kapanpun waktu pilihan Sobat untuk olahraga, yang penting kerjakan dengan konsisten.

 

4. Sanitasi yang Baik, Terutama Kebersihan Tangan

We do everything using both of our hands. Adakah Sobat yang sehabis mengibas bangku di kantin kemudian langsung menyantap makanan tanpa membersihkan tangan? Atau, biasa saja kita membayar kemudian segera menghabiskan jajanan yang dipesan. Padahal, bangku kantin dan uang bukan barang-barang yang steril.

Kuman dan bakteri dapat membuat kita jatuh sakit. Termasuk juga, kuman dan bakteri yang menempel di ponsel. Ingat kapan terakhir kali Sobat membersihkan ponsel? Bukankah belajar bersama Aku Pintar juga lebih nyaman dengan ponsel yang bersih?

 

5. Minum Air dan Istirahat yang Cukup

Air dengan kandungan mineral-mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh tak hanya membantu sitem metabolisme, tapi juga dapat memperbaiki sistem imun. Badan kita akan kesulitan mengeluarkan segala macam racun tanpa konsumsi air yang cukup.

Tak hanya hidrasi, badan kita juga membutuhkan istirahat, khususnya tidur dimalam hari, yang cukup. Pada saat tidur, badan kita memperbaiki dirinya sendiri. How does it sound? Our body works while we're resting!

 

Yang tak kalah penting, biarkan pilek selesai dengan sendirinya. Biarkan sistem imun badan kita bekerja, dan kita hanya perlu mendukungnya dengan makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Tak perlu mengkonsumsi antibiotik, apalagi tanpa resep dokter.

Lagipula, pilek, batuk, ataupun deman sebagian besar disebabkan oleh virus yang hanya bisa dihadang oleh sistem imun tubuh. Virus takkan mati dengan antibiotik, yang hanya dibutuhkan ketika infeksi bakteri telah terjadi. Pun, antibiotik sebaiknya diminum hanya dengan resep dokter agar tak terjadi konsumsi berlebihan yang mengakibatkan resistensi.

All in all, let's nurture a healthy lifestyle, Sobat. For when you're healthy, you can reap as much as you want from life.

Lebih masukan Blog

3 Trik Sederhana Membuat Catatan Kuliah yang Efektif

Sobat Pintar yang lulus sekolah tahun ini, sudah siap kuliah semester depan? Sudah mendengar...

Hindari Kuliah di 5 Jurusan Ini Bila Bukan Disitu Passion-mu

When it comes to passion, you don't question. You do whatever it takes to get to the...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka