APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Letak Nomor Ijazah SD, SMP, SMA sebagai Bukti Wajib Belajar 12 Tahun

Nomor seri ijazah merupakan serangkaian nomor kode pada blangko ijazah yang menyimbolkan tahun kelulusan siswa. Sistem kode masing-masing siswa berbeda, sekalipun berasal dari sekolah yang sama maupun angkatan yang sama. Sistem kode pada ijazah sifatnya unik, tidak dapat terulang kedua kali karena identitas kode setiap orang berbeda. Ijazah resmi hanya dikeluarkan oleh lembaga berwenang, dalam hal ini sekolah serta Kementerian Pendidikan. Letak nomor ijazah pada tingkat SD sampai SMA sama, di bawah dan cenderung pada bagian tengah. Berbeda dengan letak penomoran ijazah S1 di kanan atas.

Pengertian Ijazah
 

Ijazah merupakan berkas resmi yang secara sah menyatakan seseorang telah menyelesaikan pendidikannya di institusi tersebut. Ijazah diberikan kepada siswa kelas 6 SD yang dinyatakan lulus ujian akhir, juga diberikan kepada siswa kelas 9 SMP yang lulus ujian. 

Pada tingkat pendidikan menengah atas, seperti SMA/SMK, ijazah diberikan kepada siswa kelas 12 yang dinyatakan lulus ujian. Berkas penting ini akan diberikan kepada mahasiswa tingkat akhir setelah menuntaskan tugas penutup. 

Seiring waktu, ijazah tidak hanya hadir versi cetak, tetapi bisa diakses melalui internet. Syaratnya adalah Sobat Pintar harus memasukkan kode unik ijazah pada situs Kemendikbud sebelum akhirnya klik Cari.

Kode pendidikan dalam negeri ditandai dengan DN, sementara ijazah siswa Indonesia yang bersekolah di luar negeri ditandai dengan LN. Ijazah tidak hanya diberikan kepada siswa yang menyelesaikan pendidikan di sekolah formal biasa.

Siswa-siswi yang menjalani pendidikan di sekolah khusus, seperti SLB juga akan menerima ijazah jika dinyatakan lulus belajar. Proses untuk mendapatkan ijazah tersebut cukup panjang, selain belajar bertahun-tahun, harus menuntaskan ujian akhir juga.

 

Fungsi Ijazah

 



 

Sobat Pintar bisa cek ijazah online jika memiliki keperluan mendaftar kerja, tetapi sedang tidak memegang berkas cetak. Sobat Pintar tidak salah baca, selain menjadi bukti kelulusan, ijazah juga dapat digunakan sebagai syarat kerja juga berbagai fungsi lain, seperti:

  1. Dapat dijadikan syarat meneruskan sekolah ke tingkat lebih tinggi. 

  2. Sebagai indikator kecerdasan akademik seseorang semasa menempuh pendidikan. 

  3. Merupakan syarat utama saat melamar pekerjaan ke perusahaan swasta. 

  4. Ijazah juga kerap dijadikan sebagai syarat untuk mendaftarkan diri pada seleksi CASN, BUMN, dan sejenisnya. 

  5. Dapat menjadi alat untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Syarat menyertakan ijazah ketika melamar kerja bukan berarti Sobat Pintar harus memasukkan semua ijazah dari SD sampai S1. Perusahaan hanya akan meminta ijazah terakhir, jika terakhir menempuh jenjang S1 maka ijazah dari Dikti yang dilampirkan. 

Letak Nomor Ijazah SD
 

Tahukah Sobat Pintar, nomor ijazah sd yang mana? Sebenarnya kode unik ijazah SD  sampai Perguruan Tinggi sama-sama diawali dengan DN. Istilah tersebut mengindikasikan Dalam Negeri, artinya pemilik ijazahnya menempuh pendidikan di Indonesia.

Kode DN di tiap daerah ditandai dengan angka, seperti DN-01 untuk wilayah Jakarta, DN-06 untuk wilayah Aceh, DN-3.4 untuk wilayah Kalimantan Utara. Melalui kode-kode khusus ini, Sobat Pintar bisa tahu dimana asal sekolah teman-teman kampus atau teman-teman les.

Berdasarkan foto di atas, nomor ijazah sd terletak di bagian paling bawah ditandai dengan kode DN. Letaknya tepat di bawah tanda tangan berikut foto pemilik ijazah tersebut, dimana foto di sebelah kiri, tanda tangan di sebelah kanan, paling bawah di tengah-tengahnya itu kode unik.

Letak Nomor Ijazah SMP
 

Kumpulan seri unik tingkat SMP di Indonesia juga diawali dengan DN untuk lulusan dalam negeri yang diikuti oleh serial khusus di tiap lembarnya. Berdasarkan gambar, nomor ijazah smp terletak di area antara foto serta tanda tangan.

Tampilan berkas penting ini sekilas sama dengan pendidikan sebelumnya, hanya dari segi warna pinggirnya berubah dari merah ke biru. Pemilihan warna ini sepertinya sebagai simbol warna seragam putih biru yang dikenakan siswa SMP Negeri di Indonesia.

Berbeda dengan ijazah S1 yang dikeluarkan oleh Dikti, ijazah SD sampai SMA dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan. Bicara soal ijazah S1, jika Sobat Pintar bertanya, nomor ijazah s1 yang mana? Jawabannya ada di bagian kanan atas, coba Sobat Pinter cek.

Letak Nomor Ijazah SMA/SMK
 

 

Sobat Pintar pasti semakin penasaran, nomor ijazah sma yang mana atau dimana letaknya. Jawabannya tidak berbeda sama sekali dengan ijazah sebelumnya, dimana posisi nomornya ada di bawah dengan posisi tengah.

Ijazah SMA juga secara kasat mata sama dengan ijazah jenjang sekolah di bawahnya, bedanya hanya dari segi warna desain pinggirnya. Warna cenderung abu-abu menjadi simbol pakaian seragam siswa (putih dan abu-abu).

Sedikit ke atas terdapat foto di sebelah kiri dan sebelah kanan dilengkapi tanda tangan. Gambar ini menjadi ilustrasi konkret untuk menegaskan bahwa nomor ijazah sma terletak di area terbawah, persis seperti jenjang sebelumnya.

 

Cara Cek NISN Dengan Nama via Online
 

NISN adalah  yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, dimana sekarang sudah lebih luas lagi ranah kerja dan tanggung jawabnya sebagai Kemendikbudristek. Kode NISN dimiliki anak didik berbeda-beda dan dapat dijadikan identitas di bidang akademis.

NISN ternyata bisa Sobat Pintar cek secara online menggunakan perangkat memadai dan jaringan internet stabil. Pemeriksaan NISN dari situs Kemendikbud adalah:

  1. Pastikan koneksi internet stabil sebelum mengunjungi tautan https://nisn.data.kemdikbud.go.id.

  2. Input kode unik NISN-nya.

  3. Klik tombol Cari.

  4. Informasi mengenai ijazah yang sedang Sobat Pintar akan keluar.

Bukti kelulusan yang sah merupakan dokumen penting, Sobat Pintar harus menjaga dan menyimpannya sebaik mungkin supaya bisa segera diakses ketika dibutuhkan. Akses info nisn online juga dapat dilakukan melalui situs resmi sekolah jika ada.

Pihak sekolah biasanya mengeluarkan lembar pendamping certificate atau ijazah yang berisi nilai-nilai hasil belajar. Sobat Pintar dapat memanfaatkan lembaran pendamping ini untuk mencari informasi terkait nomor ijazah.

Cara yang tidak kalah efektif lainnya untuk mendapatkan informasi akurat terkait NISN adalah menghubungi pihak sekolah secara langsung. Permasalahannya adalah belum tentu pihak sekolah menyimpan data siswa yang sudah lama lulus.

 

Kesimpulan
 

Sobat Pintar dapat menempuh berbagai cara mengetahui nomor ijazah secara daring atau dengan cara manual, seperti memeriksa berkas dan menghubungi pihak sekolah. NISN adalah serangkaian kode unik yang tidak mungkin sama antar sesama siswa.

Penempatan kode unik ijazah tingkat SD sampai SMA ada di paling bawah, sementara tingkat Perguruan Tinggi di bagian kanan atas. Dokumen ini penting guna melanjutkan sekolah, syarat beasiswa, dan sebagai syarat mendapatkan pekerjaan.

Dokumennya hanya dikeluarkan oleh pihak-pihak tertentu. Kini Sobat Pintar sudah tahu jawaban tepat ketika muncul pertanyaan nomor ijazah yang mana? Jawabannya bergantung pada ijazahnya pada tingkat pendidikan apa.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog