redesain-navbar Portlet

Blog

photo credit HKEJ

Lulus Kuliah? Perhatikan 4 Hal Ini

Dunia Kampus dan Mahasiswa

Idealnya sih, lulus kuliah trus kerja. Tak jarang kamupun mendapat iming-iming menggiurkan tentang prospek kerja jurusan tertentu. Tapi sebenarnya ada berbagai hal yang terjadi diseputar kelulusanmu, baik dari kampus maupun dari SMK, sehingga perlu ditimbang dan dipikirkan lagi tentang hal-hal seperti berikut ini.

 

1. Tilik Ulang Dimana Passionmu

Coba cermati lagi, apakah selama ini kamu telah mempelajari bidang ilmu yang kamu sukai? Bila kamu merasa berada dijalur yang benar, lanjutkan! Tapi bila merasa kurang berminat pada apa yang telah dipelajari selama ini, kamu bukan satu-satunya. Selalu ada saja orang yang akhirnya bekerja pada bidang yang tak sama dengan latarbelakang pendidikannya. Jadi, jangan berkecil hati. Sebaliknya, bersikaplah terbuka pada segala kemungkinan.

 

2. Pertimbangkan Kemungkinan Bekerja Lain

Banyaklah bersyukur bila kamu bisa memperoleh pekerjaan yang kamu impi-impikan selama ini begitu lulus kuliah. Akan tetapi, bila ternyata kesempatan yang terbuka dihadapanmu berbeda dari harapan, berusahalah untuk dapat menerimanya. Bahkan, tak ada salahnya terbuka pada kemungkinan bekerja magang, part time, ataupun freelancing. Toh, pekerjaan itu takkan kamu jalani selamanya. Dan sembari mengerjakannya, kamu bisa membangun skill dan networkingmu. You know what? Lebih dari separuh lowongan kerja tidak diiklankan. Siapa tahu jalan menuju pekerjaan impianmu bermula dari kesempatan yang ada saat ini?

 

3. Seimbangkan Impian dan Kenyataan

Setiap kita memiliki profesi impian, atau setidaknya menginginkan jenis pekerjaan tertentu. Namun kenyataannya, sebagian besar fresh graduates mengawali karir mereka pada sebuah batu loncatan. Itulah sebabnya, lakoni saja jalan panjang didepanmu dengan tabah. Sambil bekerja magang, part time, atau freelancing, perluas wawasan dan pandanganmu tentang dunia kerja. Lihat, apakah profesi impianmu dapat meningkatkan kualitas hidupmu, memberi kesempatan untukmu mengembangkan diri, dan hal-hal baik lainnya. Sambil menjalani hari-harimu, jangan palingkan arah perjalananmu menuju pekerjaan yang kamu impikan dan terus perhatikan peluang untuk meraihnya.

 

4. Perbaiki Kualifikasi Diri dan Resume

Sembari melangkah mewujudkan impianmu, teruslah memperbaiki kualitas diri. Alih-alih terpaku pada pekerjaan dan suasana saat ini, lihatlah lebih jauh dan serap semua ilmu yang bisa kamu pelajari. Kita tak pernah tahu pintu mana yang terbuka dan membawamu pada karir yang selama ini kamu inginkan. Bagaimanapun juga, takkan ada yang sia-sia dengan pengalaman hidup. Dan, jangan lupa meng­update resumemu dari waktu ke waktu sehingga setiap saat diperlukan kamu bisa segera menggunakannya.

 

Yang tak kalah penting, tetaplah bersikap ramah dan rendah hati karena perbuatan baik akan selalu kembali membawa kebaikan bagi dirimu sendiri. Pula, bersikaplah berani dalam mengambil risiko. Mungkin kamu harus pindah ke kota lain atau harus mengerjakan sesuatu yang benar-benar baru. Tapi tak ada salahnya dicoba dulu, bukan?

Lebih masukan Blog

Catat Tanggal-Tanggal Penting UTBK dan SBMPTN 2019 Ini

Sudah mempersiapkan diri untuk SBMPTN tahun ini? Sebagaimana pemberitaan yang telah beredar,...

Mager? Atasi dengan 5 Tips Ini

Mager alias males gerak adalah salah satu tren kekinian anak muda jaman now. Membantu...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line