redesain-navbar Portlet

Blog

photo via asia.nikkei.com

Kedokteran di 10 Universitas Ini Punya Akreditasi A

Sekolah Kedokteran

Baru-baru ini Menristekdikti, M. Nasir, menyerahkan Surat Keputusan (SK) Izin Penyelenggaraan Program Studi Kedokteran di Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Sebagai institusi pendidikan tinggi, UNG telah mengantongi akreditasi A BAN-PT sehingga memiliki kelayakan untuk membuka Jurusan atau Prodi Kedokteran. Walaupun Kedokteran UNG bisa menjadi salah satu alternatif kuliah, bagaimana dengan universitas-universitas lain yang telah mengantongi akreditasi A untuk jurusan ini? Mari kita lihat.

 

1. Universitas Hasanuddin, Makassar

Masih berada di pulau yang sama dengan UNG, Unhas memiliki Jurusan Kedokteran dengan akreditasi A dari BAN-PT. Kedokteran Unhas menjadi bagian dari fakultas dengan reputasi sebagai FK tertua di Indonesia Timur, tepatnya didirikan pada awal tahun 1956.

 

2. Universitas Airlangga, Surabaya

Bersama dengan 29 departemen dan 43 prodi lainnya, Program Studi Pendidikan Dokter Unair menjadi bagian dari Fakultas Kedokteran. Dengan jumlah departemen dan prodi yang begitu banyak, jumlah mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter sendiri merupakan yang terbanyak di FK Unair.

 

3. Universitas Muslim Indonesia, Makassar

Selain Unhas, Universitas Muslim Indonesia (UMI) juga bisa menjadi alternatif kuliah Kedokteran di Makassar. Selain Kedokteran, Profesi Dokter di FK UMI juga memiliki akreditasi A BAN-PT.

 

4. Universitas Yarsi, Jakarta

Akreditasi A BAN-PT yang diraih oleh Program Studi Kedokteran Umum Universitas Yarsi didukung oleh 14 rumah sakit pendidikan. Tak cukup dengan rumah sakit utama tersebut, Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi juga berafiliasi dengan satu Rumah Sakit Pendidikan Yarsi dan tiga puskesmas di Kabupaten Tangerang, Jakarta Pusat, dan Jakarta Utara.

 

5. Universitas Sriwijaya, Palembang

Program Studi Pendidikan Dokter Unsri merupakan bagian dari Fakultas Kedokteran yang resmi dibuka sejak tahun 1962. Kuliah Kedokteran di Unsri terdiri dari dua tahapan. Pertama, program akademik yang berlangsung selama delapan semester dengan lulusan yang bergelar Sarjana Kedokteran (S.Ked). Kedua, program keprofesian yang berlangsung selama empat semester dengan lulusan yang disebut dokter.

 

6. Universitas Riau, Pekanbaru

Meskipun sempat menjadi pemberitaan kurang mengenakkan pada akhir 2018 kemarin, Kedokteran Unri telah memiliki akreditasi A BAN-PT. Fakultas Kedokterannya sendiri telah mengantongi izin penyelenggaraan program Pendidikan Dokter sejak tahun 2001.

 

7. Universitas Udayana, Denpasar

FK Unud berdiri pada tahun 1962 dan hingga kini menaungi enam program studi, satu diantaranya adalah Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD). Selain akreditasi A BAN-PT yang dimilikinya, prodi ini juga istimewa karena menawarkan kelas reguler dan internasional.

 

8. Universitas Sam Ratulangi, Manado

Program Studi Program Pendidikan Dokter menjadi bagian dari Jurusan Kedokteran Umum, Fakultas Kedokteran Unsrat. Tak hanya Kedokteran Umumnya, program profesi FK Unsrat juga memiliki akreditasi A BAN-PT.

 

9. Universitas Pelita Harapan, Tangerang

Kedokteran UPH memiliki kerjasama dengan Siloam Hospital Group (SHG), Rumah Sakit Marinir Cilandak, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat, Darmawangsa Hospital, Rumah Sakit POLRI, dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MIRN). Pantas saja Kedokteran UPH memiliki akreditasi A BAN-PT.

 

10. Universitas Mataram, Mataram

Program Studi Pendidikan Dokter yang kemudian berkembang menjadi Fakultas Kedokteran di Unram ini juga telah memiliki akreditasi A BAN-PT. Perkuliahan  kedokteran di Unram didukung oleh fasilitas yang lengkap, seperti ruang tutorial, ruang praktikum, laboratorium penelitian, dan tentunya ruang kuliah.

 

Itulah sebagian dari universitas-universitas terbaik di negeri ini yang memiliki Jurusan Kedokteran dengan akreditasi A BAN-PT. Apakah salah satunya adalah kampus impianmu?

Lebih masukan Blog

Mager? Atasi dengan 5 Tips Ini

Mager alias males gerak adalah salah satu tren kekinian anak muda jaman now. Membantu...

Menarik untuk Dipelajari: 8 Pepatah dalam Bahasa Inggris

Kita bisa belajar banyak tentang kehidupan melalui berbagai cara, salah satunya melalui...

Menambah Komentar

K
Kezia Gundo 8 Bulan Lalu
giman yah min daftar beasiswa fk
Harap sign in untuk melanjutkan.
A
Adelita septiyana 8 Bulan Lalu
kalo anak klas ips masuk fk itu boleh apa ngga?
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line