APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Mahasiswa Butuh Bantuan? Ini 13 Situs Agar Tugasmu Tuntas

Tips Kuliah Mahasiswa

photo credit Sean

Apa sih, 'peralatan tempur'mu untuk mengerjakan tugas? Snack, kopi, atau yang lain? By the way, udah tau belum sih, kalau situs-situs ini dapat membantumu menyelesaikan tugas kuliah dengan lebih cepat?

 

1. academia.edu

Situs ini menyediakan ratusan referensi tesis, skripsi, dan jurnal ilmiah di dalam dan luar negeri. Nggak cuma buat ngerjain skripsi, situs ini jelas membantu banget saat kamu butuh referensi untuk bikin makalah yang ditugasin dosen. Disini, kamu bisa juga tukar pikiran dan diskusi dengan mahasiswa-mahasiswa lain di seluruh dunia – pasti seru, nih!

 

2. citethisforme.com

Buat mahasiswa Bahasa dan Sastra Inggris, situs ini membantu banget. Disini kamu bisa pilih style atau standar penulisan essay hingga bibliografinya. Udah nggak ada masalah lagi deh, kalau kamu musti bikin jurnal ilmiah berbahasa Inggris.

 

3. buku-e.lipi.go.id

Yup, ini nih situs kepunyaannya LIPI. Jadi, udah pasti kredibilitasnya ya, Sobat Pintar. Tapi situs ini nggak nyediain jurnal penelitian, melainkan buku elektronik saja. Ada ribuan ebook yang bisa kamu download dalam format PDF dari situs ini.

 

4. bukupedia.com

Nggak suka download ebook? Mau beli aja? Boleh banget, ini situsnya. Disini kamu bisa terkoneksi dengan Amazon untuk beli buku beneran dengan mata uang rupiah – tanpa kartu kredit! Nggak berminat belanja buku? Intip koleksi bukunya aja dulu, deh – ada yang dari Jepang, Perancis, Jerman, Cina, dan berbagai negara lain di dunia!

 

5. e-resources.perpusnas.go.id

Situs resmi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ini udah populer banget dikalangan akademisi. Abisnya, disini tersedia jurnal ilmiah yang seakan tak terbatas jumlahnya. Tapi harus jadi member dulu, baru kamu bisa menikmati koleksi daring Perpustakaan Nasional kita.

 

6. scholar.google.co.id

Sama seperti mesin pencari Google, tapi disini kamu hanya akan mendapatkan skripsi atau jurnal ilmiah. Cara nyarinya? Sama persis seperti kamu menggunakan Google selama ini. Gampang, kan?

 

7. freefullpdf.com

Disini kamu bisa download jurnal ilmiah berbahasa Inggris – dibidang sains, kesehatan, Fisika, Matematika, maupun sosial dan humaniora. Lengkap banget, situs yang bisa diandalkan saat kamu butuh publikasi atau paper ilmiah.

 

8. wolframalpha.com

Butuh referensi semacam ensiklopedia? Coba lihat disitus ini kalau Wikipedia dirasa kurang reliabel gegara semua orang bisa menyunting. Situs ini bakal bisa bikin kamu puas dengan detil penjabarannya tentang berbagai hal, mulai perhitungan Matematika hingga data tentang suatu negara.

 

9. citationmachine.net

Tentu kamu paham ribetnya kutip-mengutip dalam karya ilmiah. Nah, situs ini membantumu bikin kutipan yang sesuai dengan standar penulisan akademik dunia. Mulai sekarang, pekerjaan menulis akademik bakal gampang banget!

 

10. urbandictionary.com

Adakalanya kamu perlu melihat makna suatu kata yang lagi hits dalam Bahasa Inggris. Kalau kata itu nggak muncul di kamus konvensional, coba lihat disitus ini. Beberapa kata slang yang nggak ada dalam buku teks bisa kamu temukan maknanya disini.

 

11. pdf.io

Saat kamu perlu menggabungkan, memisahkan, atau memperkecil ukuran file pdf, kunjungi saja situs ini. Layanan gratis yang disediakan disini bahkan bisa mengubah format pdf kedalam format JPG. Ms. Word, dan Ms. Excel. Mau bikin pdf dari format-format tersebut? Bisa kamu lakukan disini juga.

 

12. slidescarnival.com

Ini dia, sang penyelamat saat kamu besok harus presentasi. Situs ini menyediakan template gratis yang bisa disesuaikan dengan selera pribadimu – tinggal download aja. Ikon, gambar, dan semua yang kamu butuhkan untuk membuat presentasimu tampil kece ada disini.

 

13. scihub.org

Situs ini termasuk satu dari sekian yang populer dan disukai banyak mahasiswa. Apa sebab? Kamu bisa download gratis jurnal berbayar. Nah, mahasiswa mana sih yang nolak tawaran begini? Masukkan saja DOI (Digital Object Identifier) jurnal di kolom yang tersedia, trus klik open. Dan, sim salabim! Uang sakumu aman, tugasmu beres.

 

Setidaknya, salah satu situs diatas ada yang pernah kamu gunakan, bukan? Kalaupun belum, kini saatnya melengkapi 'peralatan tempur'mu agar ngeberesin tugas bisa jadi makin mudah dan cepat.

740

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog