redesain-navbar Portlet

null

Blog

Materi Pembelajaran Digital Lebih Disukai Siswa?

Materi digital membantu kegiatan belajar dari rumah.

Materi Pembelajaran Digital Lebih Disukai Siswa, image via elearninginfographics.com

Dengan situasi pandemi seperti sekarang ini, pemerintah pun menetapkan bahwa sekolah ditutup dan siswa belajar dari rumah. Maka, guru juga harus menyesuaikan materi pengajaran dengan keadaan belajar yang tak biasa. Tapi ternyata siswa menyukai materi pembelajaran digital karena alasan-alasan berikut ini.

 

1. Materi Digital Lebih Menarik bagi Siswa

Pada masa EdTech (education and technology) seperti sekarang ini, pergeseran materi pembelajaran dari cetak menuju ditigal tak dapat dihindari lagi. Jadi, merupakan hal yang wajar bila institusi pendidikan juga menyediakan materi pembelajaran dalam versi digital.

 

2. Teknologi Membantu Siswa Memahami Pembelajaran

Saat ini siswa lebih menyukai materi pelajaran dalam bentuk digital. Bahan-bahan bacaan digital, misalnya, lebih banyak digemari daripada buku atau media cetak yang lain. Minat yang tinggi diharapkan membantu pemahaman materi yang baik, sehingga prestasi akademisnya juga menjadi lebih baik.

 

3. Materi Digital Membantu Meningkatkan Pengetahuan

Karena memiliki minat yang tinggi pada materi digital, siswa lebih menikmati proses belajarnya. Maka, semakin banyak pula yang ingin diketahuinya sehingga semakin banyak pengetahuan yang diperolehnya.

 

4. Siswa Dapat Belajar Secara Pribadi

Materi digital memiliki kelebihan yang tak dimiliki oleh materi konvensional, yaitu interaksi. Siswa yang terlibat dalam pembelajaran digital dapat memanfaatkan fitur percakapan, misalnya. Tentunya, interaksi dua arah yang ditawarkan oleh materi digital tidak dapat diperoleh siswa dari buku teks.

 

5. Pembelajaran Digital Meningkatkan Keterampilan Siswa

Ditingkat pendidikan tinggi, pembelajaran digital mampu meningkatkan keterampilan teknis mahasiswa. Paparan pada pembelajaran digital ternyata memperbaiki kecakapan Matematika, sains, dan komputer. Bukan tidak mungkin keterampilan yang sama dapat ditingkatkan dilevel pendidikan menengah.

 

6. Siswa Berpotensi Lebih Menyukai Ujian Online dan Buku Teks Digital

McGraw-Hill Education dan Hanover Research meneliti preferensi dari 3000 mahasiswa pada pembelajaran digital. Salah satu hasilnya, 79% mahasiswa lebih menyukai ujian yang dilakukan secara daring, termasuk pula buku teks digital. Meskipun penelitian tersebut dilakukan ditingkat pendidikan tinggi, pembelajaran ditingkat pendidikan menengah mungkin memiliki kecenderungan yang serupa.

 

Maka, tak perlu ragu untuk menggunakan materi pembelajaran digital. Materi digital lebih mudah digunakan, tanpa beban bobot fisik bagi siswa dan beban biaya bagi penerbit buku pelajaran.

 

 

Disadur dari:

https://elearninginfographics.com/students-prefer-digital-content-reasons-infographic/

60

Lebih masukan Blog

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
banyak siswa yang belum terbiasa dan akhirnya jadi kurang produktif . banyak siswa yang mengeluh karena makin nolep dan bosan tentunya
00
banyak siswa yang belum terbiasa dan akhirnya jadi kurang produktif . banyak siswa yang mengeluh karena makin nolep dan bosan tentunya
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp