APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Mau Menjadi Data Analyst atau Scientist? Ini Rekomendasi Jurusan Kuliahnya

Ada jurusan-jurusan kuliah tertentu yang bisa dipilih oleh peminat pekerjaan di bidang analisis data.

Photo by Anna Nekrashevich on Pexels

Jurusan analisis data secara khusus saat ini memang tidak, atau belum, ada. Namun pekerjaan analis data (data analyst) belakangan ini semakin banyak peminatnya, Sobat Pintar. Kamu tertarik juga ga, sih? Kalau begitu, apa alternatifnya jurusan data analyst agar setelah lulus kuliah nanti kamu bisa bekerja sebagai data analyst atau data scientist?

 

Pengin Menjadi Data Analyst atau Data Scientist?

jurusan untuk kerjaan data analyst
Photo by Mikael Blomkvist on Pexels

Data analyst dan data scientist sama-sama profesi di bidang data yang dituntut memiliki kemampuan analisis data. Organisasi atau perusahaan membutuhkan keduanya agar dapat membuat keputusan yang tepat. Namun ternyata data analyst itu enggak sama dengan data scientist, Sobat.

Apa perbedaan data scientist dan data analyst? Dilihat dari tugas utamanya, hasil analisis data dari data analyst digunakan untuk mengambil keputusan bisnis. Sementara itu, data scientist punya tanggung jawab yang lebih luas, yakni sampai merancang dan mengembangkan model prediktif hingga melakukan eksperimen lanjutan.

Perbedaan data scientist dan data analyst berikutnya adalah pada fokus analisis. Fokus data analyst adalah mengidentifikasi pola, tren, dan anomali. Data scientist lebih fokus pada prediksi tren masa depan dan membuat rekomendasi. Untuk itu, skillset  yang dibutuhkan oleh data analyst dan data scientist meliputi Excel, SQL, perangkat lunak visualisasi data, dan statistik. Karena fokus dan tujuan analisisnya lebih luas, data scientist juga harus memahami machine learning, pemrograman (seperti Python atau R), dan teknik-teknik analisis data yang kompleks.

Dengan skillset sebanyak itu, berapa gaji analis data? Diperkirakan fresh graduate berpotensi mendapatkan gaji dengan rentang antara Rp4 juta hingga Rp10 juta per bulan sebagai data analyst dan Rp10 juta hingga Rp20 juta per bulan sebagai data scientist. Perlu diingat, Sobat, faktor pengalaman, industri, dan lokasi geografis turut memengaruhi besar gaji.

 

Gimana Caranya Menjadi Data Analyst (dan Data Scientist)?

data analyst kuliah jurusan apa
Photo by JESSICA TICOZZELLI on Pexels

Sekarang, bagaimana caranya untuk mendapatkan potensi penghasilan sebesar itu? Eh, maksudnya, untuk menjadi data analyst jurusan apa sih, yang mesti diambil? Kan, sudah dibilang di awal, bahwa jurusan data analyst di Indonesia itu enggak ada. Kalau begitu, untuk menjadi data analyst kuliah jurusan apa?

Analis data sebenarnya bisa memiliki latar belakang yang beragam, Sobat Pintar. Enggak ada satu jurusan yang benar-benar mutlak. Yang terpenting, untuk menjadi data analyst, kamu memiliki pemahaman yang kuat tentang analisis data, statistik, dan keterampilan pemrograman. Ini dia rekomendasi beberapa jurusan untuk kerjaan data analyst.

1. Ilmu Komputer

Ilmu Komputer adalah salah satu pilihan jurusan yang paling relevan karena dapat memperkuat pemahamanmu tentang pemrograman, pengolahan data, dan teknologi informasi. Tak heran bila jurusan ini dikenal sebagai jurusan data analyst.

2. Statistika

Ilmu statistika adalah dasar penting untuk analisis data. Kuliah di jurusan analisis data seperti ini dapat memberimu pemahaman yang mendalam tentang metode statistik yang digunakan dalam analisis data.

3. Matematika

Biarpun sepertinya enggak secara langsung menjadi jurusan data analyst, Jurusan Matematika dapat membekalimu dengan dasar matematika yang kuat. Matematika sendiri merupakan dasar dari banyak teknik analisis data, terutama dalam pemodelan dan statistik.

4. Sains Data (Data Science)

Enggak boleh ketinggalan jurusan yang satu ini dong, kalau kamu mau menjadi data analyst ataupun data scientist. Jurusan Sains Data sekarang sudah dibuka sebagai Program Sarjana, salah satunya di IPB. Perkuliahan Sains Data pada umumnya dirancang khusus untuk persiapan karier di bidang analisis data, jadi ini memang jurusan untuk kerjaan data analyst, sih!

5. Teknik Informatika

Rekomendasi jurusan untuk kerjaan data analyst yangg terakhir adalah Teknik Informatika. Banyak pekerjaan analis data yang membutuhkan bahasa pemrograman seperti Python, R, atau SQL, yang dapat kamu pelajari di Jurusan Teknik Informatika. Pengolahan data, basis data, algoritma dan struktur data, keamanan data, serta kemampuan analisis yang dibutuhkan oleh data analyst bisa kamu dapatkan selama kuliah.

Lima rekomendasi jurusan untuk kerjaan data analyst di atas, sekali lagi, sifatnya enggak mutlak ya, Sobat Pintar. Selain kuliah, kamu bisa mengikuti kursus online, pelatihan, atau sertifikasi khusus analisis data untuk menjadi data analyst maupun data scientist. Pada umumnya pengalaman kerja dapat memupuk keterampilan dan kemampuan yang nantinya berpengaruh pada kemajuan karier dan gaji seorang analis data. Emangnya lulusan data analyst kerja apa? Industri teknologi, keuangan, perdagangan, dan lain-lain, memerlukan pengumpulan, pemrosesan, analisis, hingga pelaporan data. Dari setiap praktik dan proyek yang dikerjakan, seorang data anlyst dapat terus belajar dan membangun portofolionya.

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog