CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Mengenal Teorema Pythagoras – Mulai dari Sejarah, Pengertian, Rumus, dan Contoh Soal

Mengenal apa itu teorema Pythagoras, rumus teorema Pythagoras, hubungan teorema Pythagoras dengan segitiga siku-siku, cara menghitung teorema Pythagoras beserta contoh soalnya

Apa yang Sobat Pintar pikirkan setelah melihat gambar atap rumah?

Nah, seperti yang Sobat Pintar lihat, kerangka atap rumah pada gambar berbentuk segitiga.

Tahu nggak sih, kalau membuat kerangka atap rumah itu membutuhkan perhitungan, lho!

Iya.. Kita butuh menghitung panjang dari kayu yang dibutuhkan untuk membuat kerangka sehingga berbentuk segitiga. Perhitungan yang digunakan adalah Teorema Pythagoras.

Sobat Pintar sudah tahu belum apa itu Teorema Pythagoras, hayo?

Nah, kali ini kita akan membahas Teorema Pythagoras selengkap-lengkapnya, hehe. Mulai dari penemu teorema Pythagoras, pengertian dan rumus teorema Pythagoras, hubungannya dengan segitiga siku-siku, cara menghitung teorema Pythagoras, serta contoh soalnya.

Yuk! Kita belajar bersama untuk kenal lebih dalam lagi sama Teorema Pythagoras lewat artikel ini.

Pengertian Teorema Pythagoras

Sobat Pintar, sudah tahu belum kenapa ya nama teoremanya Pythagoras?

Yap, bener banget! Pythagoras berasal dari nama seorang filsuf dan ilmuan matematika yang berasal dari Yunani Kuno pada masa 570-495 SM di kepulauan Samos. Sebenarnya, Bapak Pythagoras ini bukan merupakan penemu pertama dari teorema ini. Karena teorema ini sudah digunakan sejak 1900 – 1600 SM oleh bangsa Mesir, Babilonia, dan Cina Kuno mengenai relasi antar sisi pada segitiga siku-siku. Buktinya, bangsa Mesir tidak akan bisa membangun pyramida tanpa pengetahuan tersebut, bukan?

Lalu, kenapa nama teoremanya ditetapkan dengan nama Pythagoras?

Jawabannya karena Pythagoras yang membawa pengetahuan ini ke peradaban Yunani Kuno serta telah membuktikannya secara sistematis. Oleh karena itu, nama Pythagoras diabadikan sebagai nama dari teorema ini.

Nah, terus bunyi dari teorema Pythagoras sendiri itu apa ya?

Eits.. Sebelum kalian tahu bunyi teoremanya, Sobat Pintar harus tahu dulu pengertian dari teorema Pythagoras.

Teorema Pythagoras menjelaskan hubungan atau relasi antara panjang sisi-sisi pada segitiga siku-siku. Sobat Pintar sudah tahu apa segitiga siku-siku, kan?

Betul! Segitiga siku-siku memiliki ciri-ciri salah satu sudut besarnya 90.

Dalil dari teorema Pythagoras berbunyi: “Kuadrat panjang hipotenusa (sisi miring) pada suatu segitiga siku-siku sama dengan jumlah kuadrat panjang sisi-sisi yang lainnya”. Secara sistematis, dapat dituliskan :


Keterangan :

- c adalah hipotenusa atau sisi miring (sisi yang berada dihadapan sudut siku-siku)

- a dan b adalah sisi-sisi tegak segitiga siku-siku

Berdasarkan penjelasan di atas, teorema Pythagoras erat kaitannya dengan segitiga siku-siku ya, Sobat. Untuk mencari panjang salah satu sisi dari segitiga siku-siku jangan lupa ingat rumus teorema Pythagoras ya!

Sebelum latihan soal, Sobat Pintar butuh video pembelajaran GRATIS nggak?

teorema pythagoras, pythagoras, segitiga siku-siku
 

Sekarang simak contoh soal dari teorema Pythagoras ini, yuk!

Contoh Soal Teorema Pythagoras

Contoh 1

Diketahui sebuah segitiga siku-siku ABC dengan siku-siku di B. Jika panjang AB = 12 cm dan panjang BC = 5 cm, maka panjang AC adalah ….

Pembahasan

Jadi, panjang AC adalah 13 cm.

Contoh 2

Perhatikan gambar segitiga berikut ini!

Panjang QR adalah ….

Pembahasan

Karena sudut Q merupakan sudut siku-siku, maka PR merupakan sisi miringnya, sehingga


Jadi, panjang QR adalah 7 cm

Nah, Sobat, segitu dulu nih pembahasan materi dan contoh soal mengenai Teorema Pythagoras. Ternyata mudah sekali, kan?

Selain materi teorema Pythagoras, kalian juga bisa belajar tentang materi-materi lain melalui aplikasi Aku Pintar di fitur Belajar Pintar mata pelajaran Matematika. Sampai bertemu di pembahasan berikutnya, Sobat Pintar!

Bingung ngerjakan PR?

teorema pythagoras, segitiga siku-siku, sisi tegak, sisi alas, sisi miring
 

60

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog