redesain-navbar Portlet

null

Blog

Menginspirasi: 5 Tokoh Introvert

Kesuksesan adalah hak mutlak bagi ekstrovert maupun introvert .

Tokoh Introvert, image via www.bustle.com

Dianggap lebih pendiam, bahkan socially awkward, orang-orang yang cenderung lebih introvert mudah mendapat stigma negatif. Dalam salah satu bukunya, Quiet: The Power of Introverts in a World That Can't Stop Talking, Susan H. Cain merunut pandangan negatif pada karakter introvert terjadi sejak abad ke-19.

Dominasi budaya Barat yang berakar dari Yunani-Romawi lebih menyukai karakter ekstrovert – karakter orang-orang yang lebih banyak beraksi ketimbang berkontemplasi. Alhasil, kita gampang menilai seseorang yang ekstrovert sebagai orang-orang yang suka heboh, sedangkan introvert biasanya pendiam.

Ya, sebegitu mudahnya kita menilai introvert atau ekstrovertnya seseorang. Bahkan, tokoh Hollywood sang Captain Amerika pun dianggap ekstrovert karena interaksinya yang cair dengan banyak orang. Padahal dia sebenarnya introvert, Sobat! Ternyata menjadi introvert juga bisa beraksi! Tak percaya? Mari kita lihat tokoh-tokoh introvert berikut ini.

 

1. Ir. Soekarno

Bapak Proklamator kita ini introvert, lho. Dari cara beliau berbicara, menyampaikan pendapat, maupun bersikap dengan orang-orang disekitarnya, Bapak Soekarno cenderung lebih introvert. Ingin bukti introvertnya beliau? Dibawah Bendera Revolusi, Mencapai Indonesia Merdeka, dan Sarinah adalah beberapa buku hasil buah pikir Ir. Soekarno.

Namun sebagai seorang introvert, Bung Karno telah menunjukkan bahwa beliau dapat berdiri dibarisan terdepan menyuarakan kemerdekaan bangsa kita. Sobat Pintar yang tergolong introvert pasti juga bisa beradaptasi dengan baik, sesuai kebutuhan keadaan sebagaimana yang telah dilakukan oleh Bung Karno.

 

2. Prof. Drs. H.R. Bintarto

Beliau adalah Bapak Geografi Indonesia. Karya-karya beliau menjadi rujukan mahasiswa, khususnya di almamater sang Guru Besar, UGM. Sobat Pintar yang ingin kuliah Geografi dan Ilmu Lingkungan, Kartografi dan Penginderaan Jauh, atau Pembangunan Wilayah UGM, wajib mengenal karya-karya Prof. Bintarto ya!

 

3. Albert Einstein

Ilmuwan Fisika dunia ini juga seorang introvert. Bangga dengan introvertnya, kata-kata Einstein yang terkenal adalah "the monotony and solitude of a quiet life stimulates the creative minds." Bagaimanapun, dalam keheningannya itulah kita mendapat warisan Teori Relativitas dan Kuantum Cahaya – sebagian dari peninggalan berharga Einstein.

 

4. Bill Gates

Siapa sih diantara kita yang tak menggunakan produk Microsoft? Perusahaan teknologi besar dunia ini dilahirkan oleh seorang introvert yang pendiam dan suka membaca buku. Meskipun menghargai baik introvert maupun ekstrovert, Gates khusus mendorong para introvert untuk lebih mengeksplor kemampuannya.

Menurut Gates, "... introverts can do quite well. If you’re clever you can learn to get the benefits of being an introvert, which might be, say, being willing to go off for a few days and think about a tough problem, read everything you can, push yourself very hard to think out on the edge of that area."

 

5. J.K. Rowling

Sobat Pintar membaca atau menonton Harry Potter? Penulis novel fenomenal ini, yang menjadi sumber adaptasi filmnya, adalah seorang perempuan luar biasa, Rowling. Bukan berasal dari keluarga berada, Rowling bahkan sempat tak memiliki pena yang layak untuk menuliskan ide-idenya. Today? She's become an upper class woman in the UK!

 

Kelima tokoh diatas menjadi pelecut semangat bahwa sebagai introvert, siapapun bisa meraih kesuksesannya. Selama ada kemauan, kita pasti akan menemukan jalan. Jadi, bila Sobat Pintar juga cenderung lebih introvert, temukan jalanmu! Dan raih suksesmu!

220

Lebih masukan Blog

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
min gimana kalau ada org yg hanya terbuka dgn teman dekatnya, tp dgn lingkungannya cuek/ malas untk peduli itu termasuk introvert nggak?
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp