redesain-navbar Portlet

null

Blog

Menyenangkan: 5 Tips Belajar Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris dapat dilakukan dengan cara-cara yang menyenangkan.

Tips Belajar Bahasa Inggris, image via www.studying-in-uk.org

Matapelajaran apa yang paling Sobat sukai? Bagaimana dengan Bahasa Inggris? Apakah matpel ini terbilang sangat gampang atau sebaliknya, sangat susah?

Yang pasti, Bahasa Inggris termasuk salah satu matauji yang muncul pada berbagai ujian. Lagipula, Bahasa Inggris sudah menjadi salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia saat ini. Maka betapa banyak informasi dan pengetahuan yang tak dipahami bila kita tak menguasai Bahasa Inggris – minimal, secara pasif.

Tak ingin ketinggalan update global yang penting, bukan? Makanya, belajar Bahasa Inggris, yuk! Bukan berarti Sobat harus duduk dan membuka buku kamus yang tebal, kok. Coba terapkan tips berikut ini agar belajar Bahasa Inggrismu jadi lebih seru dan menyenangkan.

 

1. Baca dan Baca

Bukan buku teks atau buku pelajaran Bahasa Inggris saja yang harus dibaca. Ada banyak sumber bacaan seru dan menarik diluar sana yang tersedia dalam Bahasa Inggris. Pilih saja apa yang Sobat sukai: komik, majalah, atau bahkan novel.

Perlu dicermati, setiap sumber bacaan menyajikan kosakata dan gaya bahasa yang berbeda. Sobat bisa belajar banyak kosakata slang dalam komik Donald Duck, misalnya. Kalau ingin mengenal tatabahasa yang baik, majalah yang cenderung saintifik bisa menjadi rujukan – National Geographic Magazine, misalnya.

Tak harus media cetak, kita juga bisa mengakses komik atau majalah secara online. Pilihlah topik yang menarik agar Sobat betah berlama-lama membaca.

 

2. Watch and Listen

Sobat suka nonton film atau serial? Matikan fitur subtitle-nya, ya! Pada awalnya mungkin masih sulit mengikuti alur ceritanya, tapi lama-lama kita akan terbiasa juga. Atau, boleh juga berlatih dulu mengabaikan subtitle-nya – awas, jangan mengintip, ya! Tapi pastikan subtitle itu nantinya tidak digunakan.

Selain film, kita bisa memanfaatkan video-video pendek di kanal YouTube. Aturannya masih sama: matikan fitur subtitle. Lagipula, ada banyak tutor-tutor Bahasa Inggris di YouTube. Coba diseleksi dulu, Sobat. Kemudian, subscribe beberapa diantaranya. Lebih baik pilih tutor native speaker, ya.

Tujuan kita dari nonton film atau video dalam Bahasa Inggris adalah untuk mendengarkan cara pengucapan kata, penekanan, dan intonasi yang baik dan benar. Agar bisa meniru dengan benar, kita butuh contoh yang baik – bisa native speaker yang menggunakan American atau British English.

 

3. Main Game

Tak perlu disuruh lagi kalau main game, bukan? Eh, tapi pilih-pilih dulu game yang bagaimana, Sobat. Kalau tujuan kita adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, pilihlah game yang mendukung tujuan tersebut.

Permainan online yang memerlukan komunikasi dengan players lain memenuhi kriteria yang kita butuhkan. English Quantum menyebutkan beberapa online game, beberapa diantaranya yaitu World of Warcraft, Idol Street, atau RF Online.

Tak ada keharusan game tertentu yang harus dipilih. Yang penting, kita harus berkomunikasi baik secara tulis maupun verbal dengan players lain menggunakan Bahasa Inggris selama bermain game tersebut.

 

4. Gunakan Media Sosial

Siapa teman-temanmu bermedsos, Sobat? Setiap hari kita sudah bertemu teman sekolah atau kuliah. Masihkah kita bergaul dengan orang-orang yang sama dimedia sosial? Eitts, bukan berarti tak boleh seru-seruan dimedia sosial dengan teman-teman, ya!

Tapi kita bisa belajar Bahasa Inggris melalui media sosial dengan gratis, lho. Sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan. Bagaimana caranya? Follow saja orang-orang yang berbahasa Inggris – jangan lupa, pilih sosok-sosok yang dapat memberimu influence positif, ya!

Bila masih kurang percaya diri menuliskan komentar pada awalnya, tak apa. Baca saja komentar-komentar yang muncul. Cermati pula bagaimana interaksi yang terjadi – dalam menyampaikan pendapat, menyanggah, dan lain-lain. Nantinya ketika turut berkomentar, kita dapat menempatkan diri dengan baik dalam percakapan yang berlangsung.

 

5. Berani Bicara

Berinteraksi dimedia sosial bisa menjadi langkah awal melatih kepercayaan diri kita menggunakan Bahasa Inggris. Psst... mereka tidak tahu kok, kalau kita masih harus memeriksa kamus agar ejaan yang akan kita tuliskan nanti benar!

Tapi bagaimana didunia nyata? Setelah mengumpulkan banyak bekal dengan membaca dan mendengarkan, ada gilirannya ketika kita harus berani mempraktekkan Bahasa Inggris yang sudah kita pelajari.

Salah satu kunci penting adalah jangan takut membuat kesalahan, bahkan mungkin mempermalukan diri sendiri. Kita bisa belajar banyak dari kesalahan. Bersyukur ketika ada teman yang memperbaiki cara kita mengucapkan suatu kata, daripada kita mengucapkannya terus-menerus dan berulang-ulang secara salah.

 

Belajar bahasa tak berhenti di ruang ujian saja. Bahasa adalah salah satu alat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Jadi, jangan terlalu terbebani dengan nilai Bahasa Inggrismu ketika belajar, Sobat. Make it fun. Try to enjoy it while learning English – because you'll use it!

150

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp