PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via www.jtsi.wa.gov.au

Monbukagakusho, Beasiswa dari Pemerintah Jepang

Tips Beasiswa

Kamu pikir kuliah di luar negeri tuh selalu ke Australia, atau Amerika Serikat, atau negara-negara di Eropa, gitu? Enggak juga, kali. Jepang adalah salah satu negara di Asia yang bisa jadi pilihan tujuan menjadi mahasiswa internasional. Apalagi, beasiswa Monbukagakusho yang ditawarkan oleh Kedutaan Besar Jepang di Indonesia udah terkenal banget. Oh, masih banyak yang ingin kamu ketahui tentang beasiswa ini? Yuk, lanjutin baca.

 

Beasiswa Pemerintah Jepang

Monbukagakusho adalah beasiswa pendidikan yang ditawarkan oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Sains dan Teknologi Jepang. Selama dekade ini, sudah ada sekitar 500 mahasiswa Indonesia yang berhasil mendapatkan beasiswa Monbukagakusho.

Apa sih, istimewanya beasiswa ini, sampai-sampai banyak banget yang berminat? Monbukagakusho tuh lengkap, mencakup biaya pendidikan, biaya administrasi kuliah, biaya hidup selama tinggal di Jepang, hingga tiket pesawat. Tunjangan yang diberikan oleh pemerintah Jepang pada mahasiswa internasional penerima Monbukagakusho setiap bulannya sekitar ¥143 – setara dengan kurang lebih Rp17 juta. Nah, tawaran yang menggiurkan banget, kan?

 

Ragam Penerima Beasiswa

Banyaknya kementerian yang terlibat dalam Monbukagakusho tercermin dalam banyaknya tipe beasiswa yang ditawarkan. Ada tujuh tipe awardee atau penerima beasiswa Monbukagakusho.

Pertama, research students dengan batasan usia maksimal 35 tahun dan telah lulus S1. Kedua, teacher training students  dengan batasan usia maksimal 35 tahun, telah lulus dari FKIP, dan telah mengajar selama minimal lima tahun di sekolah. Ketiga, Japanese studies students dengan kisaran usia 18 sampai 30 tahun dan sedang kuliah dijurusan Bahasa Jepang atau Budaya Jepang pada perguruan tinggi di luar Jepang. Keempat, YLP (Young Leaders' Program) students yang ditujukan bagi lulusan S1 dan telah bekerja selama 3 hingga 5 tahun dalam administrasi publik.

Bagaimana dengan Monbukagakusho yang ditawarkan pada pelajar lulusan SMA/ SMK? Ada undergraduate university student, college of technology students, dan special training college students yang mensyaratkan batasan usia antara 17 dan 22 tahun.

 

Monbukagakusho bagi Calon Mahasiswa S1

Rekrutmen research student, undergraduate university student, college of technology student, dan special training college untuk tahun depan dilakukan antara bulan Maret dan Mei. Seleksi dokumen, tes tulis, dan wawancara dilakukan di Kedubes Jepang antara Juni dan Agustus. Sedangkan rekrutmen teacher training students dan Japanese studies students biasanya dilakukan antara Desember dan Februari, kemudian diikuti dengan proses seleksi.

Tertarik dengan beasiswa ini? Update informasi tentang Monbukagakusho bisa kamu peroleh di laman Kedubes Jepang di Indonesia, www.id.emb-japan.go.jp.

Lebih masukan Blog

Model United Nation, Kegiatan Ekstrakurikuler Dunia

Kegiatan ekstrakurikuler apa yang kamu ikuti saat ini? Dan apa alasanmu memilih ekskul itu?...

Kosen, Beasiswa Monbukagakusho untuk Pelajar IPA

Hai anak IPA! Mau ngelanjutin pendidikanmu di Jepang? Ada beasiswa dari pemerintah Jepang...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru