redesain-navbar Portlet

null

Blog

Mudah Dilakukan: Coba 4 Tips Cara Belajar Efektif Ini di Rumah

Belajar sendiri dan mandiri dapat tetap seefektif seperti ketika belajar di sekolah atau kampus.

Cara Belajar Efektif, image credit Debby Hudson

Ketika tiba-tiba harus belajar secara mandiri di rumah, kita pun mulai bertanya-bertanya bagaimana cara belajar yang efektif. Dari kebiasaan belajar dengan jadwal yang pasti di sekolah atau kampus, lekat dengan bimbingan dari guru atau dosen, sekarang tiba-tiba kita harus belajar tanpa rutinitas yang sama seperti dulu.

Jangankan menuntaskan tugas atau mempelajari materi yang dipesankan oleh guru atau dosen. Menumbuhkan semangat untuk mulai belajar saja, kita sudah berusaha susah payah. Do you feel the same, Sobat?

Lantas, bagaimana sih, cara belajar yang efektif dan efisien? Bagaimana agar apa yang kita kerjakan di rumah benar-benar memiliki hasil yang sama dengan, atau lebih baik dari, kegiatan belajar kita di kelas? Nah, simak tips belajar ini, yuk!

 

1. Ciptakan Suasana yang Nyaman untuk Belajar

Kenapa kaki terasa berat mendekat ke meja belajar? Kenapa tangan enggan meraih buku? Ehm... Barangkali karena penampilannya yang kurang menarik, Sobat?

Tak setiap kita punya meja belajar, memang betul. Tapi sebenarnya kita bisa memanfaatkan setiap meja dan kursi yang ada di rumah. Sisihkan meja dan kursi tersebut di suatu tempat di kamar atau di ruangan lain yang menurutmu paling nyaman. Mungkin tempat itu dekat dengan udara segar dari jendela. Mungkin tempat itu jauh dari suara bising dan keramaian.

Yang pasti, salah satu tips belajar efektif dan penting adalah kita harus merasa nyaman di tempat belajar itu. Rasa nyaman itu saja dapat menumbuhkan semangat kita untuk meraih buku dan mulai belajar.

 

2. Siap dan Sediakan Mood Booster-mu

Tempat belajar yang nyaman saja tak cukup menumbuhkan semangatmu untuk belajar? Coba perhatikan lagi, Sobat. Kira-kira, apa yang kurang?

Barangkali makanan ringan atau segelas es teh akan membuatmu lebih bersemangat untuk belajar. Bahkan mungkin lilin aromaterapi membuat mood-mu menjadi lebih baik? Kalau begitu, siapkan saja!

Tak ketinggalan, siapkan pula apa-apa yang biasanya kita butuhkan saat belajar seperti kalkulator, kertas hitung, pensil, timer, ataupun keperluan-keperluan yang lain. Did you know? Salah satu cara belajar yang efektif dan efisien adalah dengan tidak membuang waktu mencari-cari kalkulator yang biasanya kita butuhkan ditengah-tengah belajar.

 

3. Susun Jadwal Belajar Mandiri

Salah satu tips belajar efektif adalah membiasakan diri dengan tempat yang dikhususkan untuk belajar. Begitu berada di tempat tersebut, mood kita terbentuk untuk melakukan kebiasaan kita di situ – yaitu belajar. Demikian pula dengan waktu.

Rutin belajar pada jam-jam tertentu membentuk kebiasaan kita untuk siap belajar. Cara belajar ini pada awalnya mungkin terasa memaksa diri sendiri, tapi seiring waktu kita akan lebih mudah melakukannya.

Biasanya kita butuh waktu untuk mulai fokus belajar. Namun jika, misalnya, Sobat terbiasa membuka buku dan belajar pada pukul 04.00 sore selama 30 menit, takkan banyak waktu terbuang di awal untuk memulai fokus. Bukankah ini adalah cara belajar yang efektif dan efisien, Sobat?

Terlebih lagi, rentang fokus kita sangat terbatas. Belajar selama dua jam tanpa jeda justru merupakan cara belajar yang kurang efektif karena kita memaksa fokus dalam keadaan lelah dan jenuh. Sebaliknya, jadwal yang rutin, tak terlalu lama, dengan jeda istirahat yang cukup adalah cara belajar yang lebih efektif dan efisien.

 

4. Pahami Konsep dan Buat Rangkuman Materi

Last but not least, pahamilah apa yang sebenarnya kita pelajari alih-alih sekedar menghafal. Cara belajar dengan menghafal cenderung kurang efektif karena biasanya kita akan segera melupakan materi hafalan setelah ujian selesai. Sebaliknya, cara belajar yang efektif adalah dengan memahami konsep dibalik apa yang kita pelajari.

Salah satu tips belajar dengan pemahaman konsep adalah dengan membuat rangkuman materi pelajaran. Gunakan kata-katamu sendiri untuk menjelaskan apa yang sudah dipelajari dalam ringkasan yang padat. Bila Sobat sudah terbiasa, gambar ringkasan materi tersebut dalam bentuk mind map.

Bagaimana bila tetap ada materi yang harus dihafal? Sobat Pintar dapat menggunakan jembatan keledai. Pernah mencoba menciptakan rangkaian jembatan keledaimu sendiri? Barangkali sekaranglah saatnya mencoba cara belajar ini, Sobat!

 

Cara belajar yang efektif bagi setiap kita mungkin berbeda – dan memang boleh berbeda! Mungkin sebagian kita memerlukan waktu lebih lama untuk menemukan cara belajar yang paling efektif dan efisien – and it's okay. Namun sembari berproses menemukan cara belajar terbaikmu, kenapa tak mencoba satu-dua tips belajar di atas, Sobat?

330

Lebih masukan Blog

thumbnail
thumbnail
1 Comment
maksud dari jembatan keledei itu apa??
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp