redesain-navbar Portlet

null

Blog

Seleksi Ujian Mandiri Undip (Universitas Diponegoro) 2020/2021

Jalur Mandiri Undip menjadi salah satu alternatif masuk kuliah.

Ujian Mandiri Undip, image credit bongkarn thanyakij

Sementara UTBK-SBMPTN menunggu kita di depan mata, Ujian Mandiri Undip 2020 juga tak mau ketinggalan. Bahkan, jadwal keduanya berbarengan.

Bila SBMPTN mengharuskanmu mengikuti UTBK, seleksi Undip Mandiri berbasis portofolio. Without a test to take, does it sound more interesting? Baiklah, langsung saja kita cari tahu tentang Seleksi Mandiri Undip ini, yuk!

 

Siapa Saja yang Bisa Mengikuti Undip Mandiri?

Sebelum terlanjur jauh, mari cari tahu dulu apakah Sobat bisa mengikuti Ujian Mandiri Undip 2020. Coba lihat persyaratan Jalur Mandiri Undip di bawah ini.

1. Siswa lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat, lulus ujian persamaan, atau yang setara lainnya (paket C) tahun 2020, 2019 dan 2018

2. Memenuhi persyaratan sesuai program studi yang dituju

3. Usia maksimal 22 tahun

 

Kapan Jadwal Pendaftaran Hingga Pengumuman Mandiri Undip?

It's mentioned earlier, jadwal Ujian Mandiri Undip 2020 berbarengan dengan SBMPTN. Bagaimana dengan Sobat Pintar yang berencana mengikuti keduanya? Is it even possible to take both selections? Jika Sobat sudah mengantongi jadwal UTBK-SBMPTN, jadwal Ujian Mandiri Undip 2020 berikut ini bisa disandingkan.

- Pendaftaran online dan pembayaran pendaftaran: 21 April 2020 – 20 Juli 2020

- Seleksi: Portofolio (raport semester 1 – 5 dan prestasi lainnya)

- Pengumuman: 30 Juli 2020

Jadwal Mandiri Undip di atas sedikit saja berbeda dari jadwal UTBK-SBMPTN 2020. Misalnya, pendaftaran UTBK-SBMPTN dijadwalkan pada 2 – 20 Juni 2020 – yang berarti masa pendaftaran Jalur Mandiri Undip lebih lama. Pengumuman Mandiri Undip pun hanya berselang 5 hari (30 Juli 2020) setelah pengumuman SBMPTN pada 25 Juli 2020.

 

Ada Berapa Pilihan Jalur Mandiri Undip?

Ada lagi perbedaan antara Undip Mandiri dengan UTBK-SBMPTN 2020, Sobat. Undip Mandiri membuka pilihan IPC atau Campuran, sedangkan UTBK-SBMPTN 2020 hanya menyediakan pilihan Saintek dan Soshum.

Pada rumpun Saintek, setiap peserta Seleksi Mandiri Undip dapat memilih dua pilihan prodi dari 34 prodi Saintek Undip. Pada rumpun Soshum, pilihan prodi juga sama yaitu dua. Akan tetapi, rumpun Soshum terdiri dari 17 prodi saja. Sedangkan pada pilihan IPC/ Campuran, Sobat dapat memilih dua prodi dari 34 prodi Saintek dan 17 prodi Soshum.

Biaya Ujian Mandiri Undip 2020 pun berbeda bila disandingkan dengan UTBK-SBMPTN yang hanya Rp150.000,00. Untuk rumpun Saintek atau Soshum, biaya pendaftaran Undip Mandiri sebesar Rp300.000,00. Jika Sobat memilih IPC/ Campuran, biaya pendaftarannya sebesar Rp500.000,00.

 

Bagaimana Prosedur Pendaftaran Seleksi Mandiri Undip?

Nah, sampai di sini, apakah Sobat Pintar memutuskan untuk mengikuti Seleksi Mandiri Undip? If your answer is a yes, here are the steps to take.

1. Mendaftar menggunakan email di laman pendaftaran Undip.

2. Isi data diri dan pilih jalur UM S1.

3. Biaya pendaftaran dibayarkan melalui bank yang ditunjuk (Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri).

4. Isi data portofolio (rapor semester 1-5 dan/atau prestasi lain) melalui aplikasi.

5. Upload Surat Pernyataan setelah ditandatangai oleh peserta dan orang tua (dalam format pdf)

6. Cetak kartu peserta pendaftaran online

 

Bagaimana Pembiayaan Kuliah Undip Mandiri?

Faktor biaya seringkali menjadi pertimbangan penting kenapa kita memilih jalur SBMPTN ketimbang Seleksi Mandiri. Lantas, bagaimana dengan biaya kuliah pada jalur Seleksi Mandiri Undip?

Pembiayaan kuliah Undip Mandiri terbagi kedalam tiga kelompok. Pada (1) jalur reguler, UKT mahasiswa Undip Mandiri berada pada golongan VII atau VIII. Pada jalur ini, kita juga harus memilih SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi) pada golongan I atau II.

Ada pula (2) jalur kemitraan, yang berarti UKT mahasiswa jalur mandiri Undip masuk kedalam golongan VIII. Jumlah SPI yang dibayarkan juga berbeda, yaitu harus diatas nilai SPI golongan II. Selain kedua jalur tadi, ada pula jalur (3) KIP-Kuliah yang UKT-nya mengikuti regulasi KIP-Kuliah yang berlaku.

 

Itulah informasi Ujian Mandiri Undip 2020 – yang mungkin bisa menjadi alternatif SBMPTN bagi Sobat Pintar. It's not, of course, for everyone. Karena bagaimanapun juga, masing-masing kita tentu punya pertimbangan sendiri untuk menentukan pilihan kuliah. Bukankah begitu, Sobat?

90

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp