redesain-navbar Portlet

Blog

photo via www.wikihow.com

Mumpung Masih Muda: Hilangkan 5 Kebiasaan Berbahaya Ini

Gaya Hidup Pelajar dan Mahasiswa

Saat ada yang mengingatkanmu untuk makan lebih bergizi, minum air lebih banyak, olahraga dan istirahat lebih teratur, apa tanggapanmu? "Ah, entar aja, mumpung masih muda." Eitts, justru mumpung masih muda, perhatikan hal-hal dibawah ini – yang sering dianggap sepele, padahal cukup berisiko bagi kesehatan.

 

1. Berbisik-Bisik

Siapa yang sering berbisik-bisik, nih? Selain membuat semua orang disekitarmu kurang nyaman saat kamu berbisik pada salah satu orang, tindakanmu sebenarnya lebih melukai diri sendiri ketimbang perasaan orang lain. Dengan kata lain, berbisik dapat membuat pita suaramu tertekan. Kerusakan yang diakibatkan oleh terlalu sering berbisik bisa menyerupai kerusakan pita suara penyanyi yang bernyayi dengan teknik salah. Jadi, ngomongnya biasa aja, kali ya.

 

2. Menahan Buang Air Kecil

Pas kuliah sama dosen killer atau diajar guru galak, kok ya pas kepengen ke kamar kecil. Ditahan-tahan aja deh, semoga kelas segera usai. Berapa kali kamu berada dalam situasi seperti ini? Dan itulah saat-saat kamu membuat pilihan yang salah. Salahnya pake banget, pula! Pasalnya, kamu mengorbankan kesehatanmu demi menghindari meminta izin kebelakang. Menahan buang air kecil berarti melukai otot kandung kemihmu, membuka kemungkinan infeksi saluran kemih, hingga infeksi pada ginjal. Percaya deh, you don't want it.

 

3. Menyalahgunakan Gigi

Fungsi utama gigi, sebagai bagian dari sistem pencernaan kita, adalah merobek, mengunyah, dan menghaluskan makanan. Tapi jujur aja deh, seberapa sering kamu membuka tutup botol atau menahan sesuatu dengan gigimu? Kalaupun tidak, mungkin kamu termasuk sebagian orang yang suka mengunyah tekstur keras seperti es batu, misalnya? Kebiasaan-kebiasaan tersebut dapat dikategorikan buruk dan dapat merusak gigi, lho. Bahkan, saat menikmati kuaci dan membuka kulitnya langsung dengan gigi, maka kamu sudah merusak gigimu dengan sengaja. Be kind to your teeth – sebab jika sudah tanggal, gigimu tak bisa tumbuh lagi seperti gigi ikan hiu.

 

4. Tidur Tengkurap

Tak bisa dipungkiri, bagi sebagian orang, tengkurap di kasur setelah melalui hari yang panjang terasa bagai relaksasi yang nyaman. Kamu juga begitu? Kabar buruknya, tengkurap dapat memperburuk sirkulasi darah dan sistem pernapasanmu. Selain itu, posisi tengkurap juga dapat menempatkan tulang belakangmu pada posisi yang salah. So, pelan-pelan diubah posisimu saat mulai tidur, ya!

 

5. Menahan Bersin

Mungkin kamu sedang dalam sebuah pertemuan penting, atau sekedar nggak enakan kalau harus bersin di depan orang lain. No! Jangan sekali-kali menahan bersin karena dampaknya bisa melukai organ tubuh, seperti telinga atau kerongkongan, bahkan tekanan darah dapat meningkat. Sampe segitunya? Pasalnya, kecepatan bersin bisa mencapai 250 km/jam. Dan bersama dengan itu, virus, bakteri, debu maupun benda asing yang lain dikeluarkan dari tubuhmu. Jadi, penting banget buat nggak nahan-nahan bersin.

 

Meskipun tampaknya sepele, kebiasaan diatas sering dilakukan oleh sebagian besar orang. Tapi sekarang sudah tahu kan, kalau seluruh kebiasaan sepele diatas dapat berakibat cukup fatal bagi kesehatanmu? Kalau soal kesehatan, nggak bisa ditawar-tawar, Sobat Pintar – baik muda maupun tua, semua usia maunya sehat. Setuju, kan?

Lebih masukan Blog

6 Ide Bisnis Agar Liburanmu Produktif

Liburan ngapain , ya? Bagaimana kalau mengisinya dengan kegiatan produktif, seperti...

Pelajar Pemegang KIP: Kabar Baik dari Program Indonesia Pintar

Sebagaimana telah kamu ketahui (atau belum?), selama empat tahun terakhir ini dana Program...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka