PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Ada puluhan beasiswa sedang dibuka. Ayo buruan!

website-baru-navbar Portlet

Blog

Organisasi Mahasiswa PKN STAN, photo via pendaftaranstan.info

Organisasi Mahasiswa – Calon Mahasiswa PKN STAN Wajib Tahu

Bergabung dengan ekstrakurikuler yang tepat dapat membuat kuliah semakin menyenangkan.

PKN STAN adalah salah satu Sekolah Kedinasan yang paling banyak diminati pelajar se-Indonesia. Sobat Pintar juga ingin melanjutkan pendidikan ke STAN? Alih-alih jurusan atau program studinya, sudahkah Sobat tahu kegiatan ekstrakurikuler apa yang ingin diikuti nantinya?

But first of all, sudahkah Sobat tahu apa saja badan keorganisasian yang ada di PKN STAN? Are you interested to find out? Let's do, then!

 

1. Keluarga Mahasiswa STAN

Organisasi mahasiswa STAN ini terdiri dari Badan Legislatif Mahasiswa (BLM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Badan Audit Keuangan (BAK), Panitia Pemilihan Raya (PPR), dan Media Center. BLM lebih menyerupai DPR dalam tata kenegaraan kita, sedangkan BEM PKN STAN terdiri dari tujuh kementerian.

Pemilihan dan wapres mahasiswa, ketua dan wakil ketua himpunan, serta anggota BLM dilakukan setahun sekali dalam Pemilihan Raya (Pemira) yang diselenggarakan oleh PPR. Sementara itu, Media Center berpedan sebagai Lembaga Pers Mahasiswa yang menghasilkan tabloid, buletin, dan situs Media Center STAN.

 

2. Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP)

Seluruhnya, terdapat enam himpunan mahasiswa jurusan atau program studi (prodi). Keenam himpunan mahasiswa tersebut adalah Ikatan Mahasiswa Pajak (IMP), Himpunan Mahasiswa Akuntansi (Himas), Himpunan Mahasiswa Penilai (HMP), Himpunan Mahasiswa PPLN (Hima PPLN), Forum Komunikasi Mahasiswa Anggaran (Fokma), serta Keluarga Mahasiswa Bea dan Cukai (KMBC).

 

3. Badan Otonom

Ada empat Badan Otonom di PKN STAN, yaitu Koperasi Mahasiswa (Kopma), STAN Pecinta Alam (Stapala), STAN Music Community (SMC), dan STAN English Club (SEC). Ada salah satunya yang menarik minatmu, Sobat?

 

4. Lembaga Keagamaan

Bila Sobat Pintar nantinya lebih tertarik berkecimpung dibidang keagamaan, ada banyak lembaga di PKN STAN yang dapat mewadahi kegiatanmu. Lembaga-lembaga keagamaan di STAN yaitu Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK), Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK), dan Keluarga Mahasiswa Hindu Budha (KMHB). Ada pula masjid kampus, yaitu Masjid Baitul Maal (MBM), yang mewadahi kegiatan mahasiswa muslim.

Ada pula lembaga keagamaan spesialisasi, yaitu Ikatan Mahasiswa Muslim Akuntansi (IMMSI), Ikatan Mahasiswa Muslim Penilai (IMMP), Ukhuwah Mahasiswa Muslim Anggaran (IMMA), Ikatan Mahasiswa Muslim Bea Cukai (IMMBC), dan Silaturahmi Muslim Piutang Lelang (Simpul).

 

5. Unit Kegiatan Mahasiswa

Elemen kampus dibawah BEM ini menyediakan berbagai organisasi yang dapat digunakan untuk mengembangkan bakat dan minat mahasiswa PKN STAN. Seluruhnya, terdapat 31 UKM, mencakup UKM Sosial, Republik, Olahraga, Seni Budaya, dan Kominfo.

Bagi mahasiswa yang tertarik pada bisnis, namun kurang tertarik dengan Kopma, STAN Entrepreneur Education Club (SEEC) bisa menjadi alternatif. Pusat Kajian Akuntansi dan Keuangan Publik (PKAKP) juga dapat membantu memperdalam pengetahuanmu tentang Akuntansi.

Apakah setiap organisasi di PKN STAN selalu berkaitan dengan Ekonomi? Ternyata tidak, Sobat. Contohnya saja Al Lughoh, organisasi yang dapat membantu mahasiswa memperdalam belajar Bahasa Arab.

Ada pula Bambu Pelangi, salah satu UKM Sosial, yang berawal dari komunitas sosial kampus. Disini, mahasiswa PKN STAN memiliki wadah untuk mengajar anak-anak kurang beruntung. Namun bila Sobat nanti lebih berminat pada kegiatan pemberantasan korupsi, bergabunglah dengan Spesialisasi Anti Korupsi (SPEAK), UKM Republik.

Dibawah Kementerian Olahraga BEM PKN STAN, ada UKM STAN Karate Club (SKC), STAN Volleyball Club (SVC), Merpati Putih, Perisai Diri, Aikido STAN Dojo, Taekwondo STAN, STAN Tenis Club (STC), STAN Table Tennis Clun (STTC), STAN Basketball Club, PKN STAN Futsal Club (PSFC), dan UKM-UKM olahraga yang lain.

Bila Sobat nanti lebih tertarik pada airsoft, ada Satcom yang dapat meningkatkan skill menembakmu. Selain UKM olahraga, ada pula UKM-UKM seni budaya berada dibawah Kementerian Seni dan Budaya BEM PKN STAN.

Adalah Scene, UKM yang mewadahi minat mahasiswa dibidang sinematografi. Khusus pada bidang seni fotografi, ada UKM Mafos. Ada mahasiswa STAN yang memiliki minat pada bidang sastra? Tentu ada, dan mereka dapat bergabung dengan Aksara untuk belajar sastra bersama.

Sobat Pintar menyukai kesenian, tari dan musik, tradisional? Nantinya, Sobat dapat bergabung dengan UKM Sabdanusa. Sementara itu, minat pada paduan suara diwadahi oleh Vocawardhana. Bahkan, ada pula UKM yang khusus ditujukan bagi mereka yang berminat pada pop Jepang, yaitu Animac.

Bila lebih berminat pada dunia pentas teater, Sobat nanti dapat bergabung dengan Teater Alir. Seni budaya tak menjadi minatmu? Masih ada UKM Kominfo, Sobat. STAN Informatics Club (STAN IC) dapat menjadi tempatmu belajar tentang web design, network, hingga programming.

 

Itulah kegiatan-kegiatan mahasiswa yang dapat diikuti bila Sobat Pintar nanti kuliah di PKN STAN. Banyak sekali pilihannya, bukan? Sesuaikan saja dengan minat dan hobimu agar kuliahmu nanti jadi semakin menyenangkan.

Lebih masukan Blog

Berapa Gaji Fresh Graduates?

Beranikah kita jujur, bila salah satu alasan kita memilih untuk kuliah dijurusan tertentu...

6 Prospek Pekerjaan Sarjana Sastra Inggris

Kalau kuliah di Jurusan Sastra Inggris, apakah Sobat nantinya akan mengajar Bahasa Inggris? ...

Menambah Komentar

K
Kristanoval Siloam 14 Hari Lalu
mau nanya, kalo siswa lulusan ipa, boleh gak kuliahnya akuntansi?
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru