PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Ada puluhan beasiswa sedang dibuka. Ayo buruan!

website-baru-navbar Portlet

Blog

Prospek Pekerjaan Sarjana Sastra Inggris, photo via putrirahayu2508.wordpress.com

6 Prospek Pekerjaan Sarjana Sastra Inggris

Sarjana Sastra Inggris berpeluang meraih berbagai profesi selain menjadi pengajar Bahasa Inggris.

Kalau kuliah di Jurusan Sastra Inggris, apakah Sobat nantinya akan mengajar Bahasa Inggris? Well, it's not totally correct, but not completely wrong either. Agar tak bingung, mari kita lihat dulu dibidang mana saja sebenarnya prospek kerja alumni Sastra Inggris.

 

1. Bidang Jurnalisme

Salah satu keunggulan alumni Sastra Inggris adalah skill-nya dalam menulis. Maka, tak heran bila banyak alumninya yang tertarik pada bidang jurnalisme. Ketika harus menuliskan reportase, apapun media yang digunakan – baik cetak maupun online, laporan yang dihasilkan Sarjana Sastra tak kalah baiknya dibanding tulisan Sarjana Ilmu Komunikasi.

Selain skill menulis, alumni Sastra Inggris juga mahir dalam menganalisis teks – salah satunya disebabkan oleh seringnya mereka menganalisis karya-karya sastra. Nah, kejelian dalam analisis teks ini pun dibutuhkan dibidang media, khususnya dibagian produksi. If you'll work at the production section, you should do researches before a report is published.

 

2. Bidang Penerbitan

Publishing atau penerbitan adalah salah satu bidang yang sangat relevan bagi Sarjana Sastra. Didukung dengan pengalaman bekerja part time atau magang sejak kuliah, Sobat Pintar nantinya dapat bekerja dibidang publishing sebagai bagian dari tim Editorial. Selain kemampuan bahasa, pengalaman kerja memiliki peran penting dibidang ini.

 

3. Bidang Hukum

Mungkinkah Sarjana Sastra bekerja dibidang Hukum? Ya, mungkin sekali, Sobat. Ada saja Sarjana Sastra yang bekerja dibagian administrasi atau riset pada lembaga maupun firma hukum. Bahkan, beberapa kasus hukum memerlukan pendalaman teori yang melibatkan penelitian dengan latarbelakang budaya maupun sastra.

Misalnya, pada isu ketidaksetaraan ras di Amerika Serikat, diperlukan pemahaman latarbelakang sejarah dan budaya yang baik agar penanganan kasus hukumnya dapat dilakukan dengan baik pula. Nah, bila Sobat Pintar semakin tertarik pada bidang hukum, lanjutkan saja kuliah Hukum atau Ilmu Politik.

 

3. Bidang Sosial Kemasyarakatan

Dari sekian banyak novel yang dianalisis oleh mahasiswa Sastra Inggris, tentulah ada banyak pelajaran kehidupan dan sosial kemasyarakatan yang dapat dipetik. Somehow, we can apply the book knowledge into real life experiences.

Bekerja di kantor pelayanan masyarakat, misalnya sebagai PNS, maupun di yayasan merupakan salah satu alternatif prospek kerja alumni Jurusan Sastra Inggris. Demikian pula, Sarjana Sastra Inggris dapat bekerja di kantor kedutaan asing maupun Departemen atau Kementerian Luar Negeri.

 

4. Bidang Pendidikan

Nah, inilah yang mudah disalahpahami oleh kebanyakan orang. Sarjana Sastra Inggris dapat berprofesi sebagai guru meskipun tanpa latarbelakang Kependidikan, tapi profesi ini bukan satu-satunya prospek pekerjaan. Selain guru, profesi yang sejenis dibidang pendidikan adalah tutor Bahasa Inggris.

Sarjana Sastra juga dapat mengajar sebagai dosen meskipun diperlukan pendidikan lanjut dijenjang Magister dalam profesi ini. Masih dekat dengan dunia pendidikan, alumni Sastra Inggris pun dapat bekerja sebagai peneliti maupun di organisasi yang terkait dengan pendidikan.

 

5. Bidang Public Relations

Merasa memiliki keterampilan komunikasi dan interpersonal yang baik, Sobat? Bila lulus dari Jurusan Sastra Inggris, Sobat Pintar berpeluang bekerja dibidang Public Relation.

Selain kemampuan Bahasa Inggris, kecerdasan verbal, dan kecerdasan interpersonal, pekerjaan dibidang ini memerlukan pengalaman berorganisasi. Oleh karena itu, gunakan kesempatan selama kuliah untuk bergabung dengan organisasi mahasiswa, pentas drama, atau berbagai kegiatan sejenis.

 

6. Start Up

Kuliah di Jurusan Sastra Inggris bukan berarti Sobat Pintar tak dapat berinovasi mengembangkan bisnis didunia digital. Didukung oleh kemampuan komunikasi verbal yang terasah dengan baik, Sobat dapat menggeluti dunia start up. Kalaupun bukan sebagai product owner, Sarjana Sastra dapat bekerja sebagai content creator.

 

Jadi, alumni Sastra Inggris tak harus selalu berakhir dengan profesi guru ya, Sobat. Bahkan, tak jarang Sarjana Sastra yang memiliki karir cemerlang sebagai pemain teater, penyiar radio, maupun freelance writer dan translator. Apakah profesi-profesi ini masuk dalam radar perencanaan masa depanmu?

Lebih masukan Blog

Organisasi Mahasiswa – Calon Mahasiswa PKN STAN Wajib Tahu

PKN STAN adalah salah satu Sekolah Kedinasan yang paling banyak diminati pelajar se-Indonesia....

10 PT Ini Bekerjasama dengan Pemprov Jabar dalam JFL Scholarship

Salah satu program pendidikan Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada tahun 2019 ialah Jabar ...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru