CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Pekerjaan Menjanjikan di Tahun 2025

Prospek kerja di masa depan terutama dipengaruhi oleh perkembangan teknologi.

pekerjaan menjanjikan di 2025, Photo by Amy Hirschi on Unsplash

Pekerjaan menjanjikan di 2025 itu kira-kira apa saja, sih? Lebih tepatnya, bagaimana prospek kerja 5 tahun mendatang ketika kamu lulus kuliah nanti? Sobat Pintar sadar nggak sih, kalau beragam pekerjaan yang kamu jumpai hari ini mungkin takkan ada lagi setelah kamu lulus kuliah?

Coba tanya sama Mama Papa, ketika beliau masuk kuliah dulu, apakah sudah ada YouTuber atau influencer? Enggak ada, Sobat. Nah, sama seperti situasimu sekarang. Selama jeda waktu kamu masuk hingga lulus kuliah, mungkin bakal ada peluang pekerjaan baru yang belum pernah ada.

Pertanyaannya, apakah jurusan kuliah incaranmu bakal menawarkan lulusan yang paling dicari 5 tahun kedepan? Biar kamu enggak salah memilih jurusan, ketahui dulu apa saja bidang pekerjaan yang paling dibutuhkan 5 tahun kedepan berikut ini.

 

1. Medis dan Kesehatan


Photo by Hush Naidoo Jade Photography on Unsplash

Pelajaran apa yang telah kamu dapatkan selama pandemi ini, Sobat Pintar? Iya, salah satunya adalah betapa pentingnya profesi di bidang medis dan kesehatan. Pekerjaan yang paling dibutuhkan 5 tahun kedepan tak hanya dokter dan perawat, tetapi juga terapis, staf rumah sakit, hingga konselor. Bahkan, terapis dan teknisi medis adalah pekerjaan dengan pertumbuhan paling cepat di bidang medis menurut Job Street.

Seiring dengan pesatnya berkembangnya teknologi, inovasi di bidang medis dan kesehatan bukan tidak mungkin akan melahirkan profesi-profesi baru seperti virtual surgeon. Peluang pekerjaan seperti ini mungkin masih jauh di Indonesia, tetapi bisa menjadi long term goal­ buat Sobat Pintar yang ambis.

 

2. Bisnis dan Marketing


Photo by Charles Forerunner on Unsplash

Prospek kerja 5 tahun mendatang di bidang ekonomi dan bisnis mencakup business analyst, auditor, dan akuntan. Berkat teknologi, biaya produksi dapat ditekan sehingga profesi yang menjanjikan di bidang ekonomi lebih terfokus pada bidang penjualan dan pemasaran.

Hapus bayanganmu tentang salesman yang berjualan door to door, Sobat. Keahlian di masa depan yang dibutuhkan di bidang digital marketing akan sangat terkait dengan penguasaan teknologi, termasuk penggunaan tool dan data konsumen yang tepat. Selain marketing researcher dan personalized marketer, marketing anayst adalah juga profesi lain di bidang ekonomi yang bakal menyesuaikan pekerjaannya dengan teknologi. Proses pengumpulan dan pemrosesan data dikerjakan dengan software tertentu, sehingga sang analis tinggal menarik simpulan yang sesuai.

 

3. Penginapan dan Kuliner


Photo by Kelsey Chance on Unsplash

Jasa penginapan memang terpuruk selama pandemi. Namun pelan-pelan dunia bangkit sehingga bila mobilitas kembali normal, orang-orang akan membutuhkan tempat singgah selama dalam perjalanan. Sejalan dengan akomodasi, peluang pekerjaan dan keahlian di masa depan yang cukup menjanjikan adalah di bidang kuliner. Profesi chef yang semakin populer tak lagi terbatas di restoran atau hotel, namun juga merambah hingga ke platform online. Kalau kamu subscriber cooking channels, Sobat Pintar pasti bisa melihat peluang pekerjaan ini.

 

4. IT Profesional


Photo by ThisisEngineering RAEng on Unsplash

Software developer dan computer system analyst adalah dua profesi yang tumbuh pesat, sehingga menjadi pekerjaan paling dicari tahun 2025. Perkembangan teknologi, otomasi, dan internet of things, khususnya, melahirkan banyak peluang pekerjaan yang paling dibutuhkan 5 tahun kedepan.

Programmer, misalnya, adalah salah satu pekerjaan yang menjanjikan di bidang IT dan komputer. Ada banyak profesional lain di bidang ini, seperti data analyst, data scientist, AI/machine learning specialist, big data specialist, security analyst, ataupun application developer.

Tak ketinggalan, salah satu pekerjaan menjanjikan di 2025 adalah information security. Cybersecurity adalah salah satu skill yang dicari banyak perusahaan ketika proteksi data menjadi perkara urgen yang semakin dibutuhkan di dunia bisnis. Terkait dengan teknologi, Skillhub menyebutkan beberapa pekerjaan menjanjikan di 2025, seperti AI educator, algorithm interpreter, child assistant bot programmer, dan UX designer.

 

5. Green Jobs

pekerjaan menjanjikan di 2025
Photo by Mika Baumeister on Unsplash

Green jobs mengacu pada pekerjaan-pekerjaan ramah lingkungan yang mendukung adaptasi pada perubahan iklim, perlindungan dan pemulihan ekosistem, peningkatan efisiensi bahan baku dan energi, peminimalan polusi dan limbah akibat proses produksi, serta pembatasan emisi gas rumah kaca. Meningkatnya kesadaran orang untuk membatasi penggunaan plastik dan batubara, misalnya, mendorong peralihan pada penggunaan energi terbarukan. Pada gilirannya, akan lahirlah peluang pekerjaan baru, mulai dari engineer, legal, analis, hingga konsultan.

Waste management dan vertical farming adalah bagian dari green economy yang akan menjadi sama penting dan berkembangnya dengan nanotechnology, robotics, maupun artificial intelligence di masa depan. Nah, sudahkan Sobat Pintar menyiapkan diri dengan bekal pendidikan yang tepat untuk menguasai keahlian di masa depan yang dibutuhkan?

60

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog