redesain-navbar Portlet

null

Blog

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Masa Depan Cerah di Dunia Kerja

Beberapa jurusan kuliah tertentu diyakini membuka peluang kerja yang lebih baik di masa depan.

jurusan kuliah yang menjanjikan, Photo by Marc-Olivier Jodoin on Unsplash

Kira-kira pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan itu apa, sih? Pertimbangan bakat, minat, dan kemampuan memang penting saat kita memilih jurusan kuliah. Namun yang tak kalah penting, let's be real, adalah prospek kerja dari jurusan tersebut. Lantas, apa saja kira-kira jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang? Cek rekomendasinya di bawah ini, Sobat Pintar.

 

1. Kedokteran/Pendidikan Dokter dan Keperawatan/Ilmu Keperawatan

jurusan kuliah terbaik
Photo by Karolina Grabowska on Pexels

Dalam keadaan pandemi seperti sekarang, tenaga dokter dan perawat amat sangat dibutuhkan. WHO merekomendasikan rasio dokter per satuan penduduk adalah 1:1.000, sedangkan rasio perawat per satuan penduduk adalah 3:1.000. Bagaimana di Indonesia?

Bahkan sebelum pandemi, rasio dokter dan perawat per satuan penduduk di Indonesia berturut-turut adalah 4:10.000 dan 2:1.000. Di Asia Tenggara, rasio ini membawa Indonesia di posisi terendah kedua. Pastinya, pekerjaan yang paling dibutuhkan di Indonesia dalam waktu dekat ini adalah dokter dan perawat.

Kuliah Kedoketeran terbilang lebih sulit ketimbang Keperawatan. Meski begitu, Jurusan Kedokteran justru lebih banyak yang telah terakreditasi A dibanding Keperawatan. Dua jurusan kuliah yang banyak peluang kerja ini terdapat di berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta, seperti Universitas Riau, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Hasanuddin, Universitas Andalas, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Sriwijaya, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Diponegoro.

 

2. Teknik Komputer, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Teknik Informatika, Teknologi Informasi

rekomendasi jurusan kuliah
Photo by fancycrave1 on Pixabay

Bidang teknologi dan komputer dapat dipastikan bakal menyediakan pekerjaan yang banyak dibutuhkan. Berbagai profesi, seperti database administrator, back end developer, full stack developer, front end developer, software developer, web developer, computer system analyst, maupun computer programmer, hingga SEO specialist pada umumnya lulus dari jurusan entah Teknik Komputer, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Teknik Informatika, atau Teknologi Informasi.

Nama-nama jurusan di atas boleh dibilang merupakan jurusan kuliah yang menjanjikan. Jurusan yang banyak peluang kerja ini ada di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Sumatera Utara, Institut Pertanian Bogor, Universitas Lampung, Universitaas Gunadarma, Universitas Bina Darma, Universitas Dian Nuswantoro, Universitas Brawijaya, Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Bina Nusantara, Universitas Internasional Batam, Universitas Tarumanagara, President University, UIN Syarif Hidayatullah, Universitas Airlangga, Universitas Esa Unggul, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Padjadjaran, Universitas Surabaya, Universitas Sebelas Maret, Universitas Mercu Buana, Universitas Hasanuddin, Universitas Pancasila, Universitas Teknologi Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Negeri Padang, UIN Sunan Kalijaga, dan Universitas Negeri Semarang.

 

3. Akuntansi

indonesia di masa depan
Photo by Katie Harp on Unsplash

Setiap bisnis, baik bisnis konvensional maupun bisnis digital, memerlukan pengelolaan dan laporan keuangan yang baik. Salah satu profesi penting dibalik keuangan sebuah perusahaan adalah akuntan. Boleh dikata, profesi akuntan enggak ada matinya. Makanya, peminat Jurusan Akuntansi setiap tahun terbilang cukup banyak. Apalagi, profesi yang dihasilkan dari jurusan ini tak hanya akuntan. Sebagian lulusannya ada yang menjadi auditor, manajer keuangan, maupun konsultan keuangan. Dan, tahukah Sobat Pintar, apa yang membuat Akuntansi menjadi salah satu jurusan kuliah terbaik?

Meskipun berada di rumpun Soshum, Akuntansi sering menjadi jurusan yang dipilih oleh anak IPA untuk linjur. Banyaknya muatan logika dan matematika membuat Akuntansi paling sering menjadi rekomendasi jurusan kuliah untuk linjur. Udah gitu, pilihan kampusnya bejibun! Beberapa diantaranya yaitu Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Pelita Harapan, Universitas Kristen Petra, Universitas Katolik Soegijapranata, Universitas Pendidikan Nasional, Universitas Pembangunan Panca Budi, Universitas Bung Hatta, dan Universitas Bandar Lampung.

 

4. Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Perminyakan, Teknik Biomedis/Biomedik, Teknik Sipil


Photo by Yury Kim on Pexels

Selain Teknik Komputer dan Informatika, masih banyak rekomendasi jurusan kuliah teknik yang lain. Teknik Mesin, Elektro, Perminyakan, Biomedis, dan Sipil adalah jurusan-jurusan yang meluluskan sosok-sosok penting bagi pembangunan Indonesia di masa depan. Bidang transportasi, mekatronika, pertambangan, teknologi kesehatan, dan infrastruktur publik membuka beragam lapangan pekerjaan yang paling dibutuhkan di Indonesia.

Berbagai jurusan kuliah yang banyak peluang kerja ini ada di banyak perguruan tinggi negeri dan swasta. Sebagian diantaranya yaitu:

Teknik Mesin

Universitas Pancasila

 

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

 

Universitas Muhammadiyah Surakarta

 

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

 

Institut Teknologi Nasional Bandung

 

Universitas Muslim Indonesia

Teknik Elektro

Universitas Islam Indonesia

 

Universitas Kristen Petra

 

Universitas Pelita Harapan

 

Universitas Kristen Maranatha

 

Universitas Muhammadiyah Surakarta

Teknik Perminyakan

UPN Veteran Yogyakarta

Teknik Biomedis/k

Universitas Airlangga

 

Institut Teknologi Bandung

 

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Teknik Sipil

Universitas Islam Sultan Agung

 

Universitas Pelita Harapan

 

Universitas Atma Jaya Yogyakarta

 

Universitas Kristen Maranatha

 

Universitas Bung Hatta

 

Universitas Internasional Batam

 

Universitas Kristen Petra

 

Universitas Bandar Lampung

 

Sobat Pintar punya rekomendasi jurusan kuliah lain yang terbilang menjanjikan? Setiap kita pasti punya pilihan dan preferensi jurusan kuliah terbaik masing-masing. It's okay. Apapun itu, alwasy wishing the best deh, buatmu dan Indonesia di masa depan.

110

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet