redesain-navbar Portlet

null

Blog

Komunitas Guru Pintar Indonesia

Wadah terbuka untuk diskusi & sharing informasi antar para pendidik di Indonesia

Foto oleh Dani Hart dari Pexels

Siapa bilang pandemi hanya menghadirkan kesulitan. Jika Guru Pintar coba merefleksi kembali, ternyata pandemi ini membuka berbagai opportunity (kesempatan). Kesempatan apa? Kesempatan untuk belajar dan meningkatkan kompetensi.

Bersyukur pandemi hadir di era perkembangan teknologi. Di kala semua pihak dituntut untuk berinovasi dan meningkatkan keahlian dalam pekerjaan, teknologi dapat menjadi jembatan. Hal ini mungkin dilakukan oleh berbagai bidang termasuk bidang pendidikan. Saat ini Guru Pintar dituntut dapat berinovasi serta memberikan pengajaran yang menarik bagi siswa. Tanpa keterampilan, hal ini akan sulit diwujudkan.

Bagaimana caranya? Banyak cara yang dapat Guru Pintar lakukan untuk menjawab tantangan tersebut. Salah satunya adalah dengan bergabung dengan komunitas guru. Saat ini sudah banyak komunitas guru dibentuk untuk merangkul semua guru supaya menjadi guru yang berkualitas dan tidak kalah oleh tantangan yang senantiasa datang. Contoh komunitas guru yang sudah ada antara lain: Komunitas Guru Belajar, Ikatan Guru Indonesia, dan komunitas guru pembelajar lainnya.

Sebelum corona melanda komunitas-komunitas guru tersebut sering mengadakan pelatihan-pelatihan untuk guru. Sekarang makin banyak pelatihan online yang dapat Guru Pintar ikuti untuk meng-upgrade diri. Aplikasi online Guru Pintar tidak ingin ketinggalan. Sebagai bentuk perhatian dan inisiatif terhadap perkembangan dunia pendidikan sekaligus menambah wawasan serta meningkatkan kompetensi para guru di Indonesia, Aku Pintar membentuk Komunitas Guru Pintar.


Gambar tangkapan layar dari KOmunitas Guru Pintar Indonesia

Komunitas Guru Pintar adalah wadah pengembangan bagi guru sejak Juli 2020. Melalui komunitas ini, Aku Pintar menghadirkan berbagai program yang secara spesifik dapat memenuhi kebutuhan guru pembelajar sesuai dengan tuntutan zaman dan profesi. Program-program teacher upgrading sudah dilaksanakan sejak Juli 2020. Diawali dengan kegiatan pelatihan online bagi guru BK di seluruh Indonesia bekerja sama dengan Rumah Guru BK (RGBK). Kemudian dilanjutkan dengan Webinar Series bertajuk Strategi Mengenali dan Memahami Karakter Siswa melalui Aplikasi Aku Pintar Guru dan Tantangan Guru dalam Era Revolusi Industri 4.0 yang diadakan pada September dan Oktober 2020.

Lutvianto Pebri Handoko, CEO dan Co-Founder Aku Pintar mengatakan bahwa Aku Pintar menyadari betul bahwa peran guru sangatlah penting bagi perkembangan siswa yang menentukan masa depan bangsa. Oleh karena itu guru perlu difasilitasi secara konsisten agar dapat mengembangkan kapasitas diri, meng-upgrade potensinya, dan meningkatkan kompetensi, baik dari sisi pengetahuan maupun keterampilan. Hal ini penting untuk menunjang kemampuan dalam melaksanakan proses pembelajaran serta memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada siswanya.

Hingga kini telah banyak program untuk Guru Pintar telah diadakan oleh Komunitas Guru Pintar. Diantaranya kelas guru pintar yang berbentuk webinar series yang meliputi pelatihan pembuatan media belajar, video editing, kelas penulisan kreatif, dan lain sebagainya. Jika Guru Pintar tidak ingin ketinggalan pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh Komunitas Guru Pintar, segera saja kunjungi group facebook Komunitas Guru Pintar Indonesia di link https://web.facebook.com/groups/gurupintar .

Selain program Kelas Guru Pintar, Aku Pintar juga pernah menghadirkan program Pahlawan Guru Pintar. Program ini merupakan kompetisi berhadiah bagi guru yang tergabung di Komunitas Guru Pintar. Kompetisi bertujuan untuk memberikan dukungan sekaligus apresiasi bagi guru yang aktif dalam menggunakan dan mensosialisasikan aplikasi Aku Pintar dalam kegiatan belajar mengajar.

Keuntungan Mengikuti Komunitas Guru Pintar Indonesia

Ada banyak hal yang Guru pintar dapatkan ketika mengikuti komunitas Aku Pintar Indonesia. Apa saja?


Foto oleh Canva Studio dari Pexels

1. Mendapat informasi Seputar pendidikan

Dengan mengikuti group Komunitas Aku Pintar Guru, Guru Pintar sudah pasti akan selalu mendapat informasi terhangat seputar dunia pendidikan. Berbagai artikel tentang tips-tips pengajaran, pengetahuan pendidikan, dan info pendidikan lainnya dapat dengan mudah Guru Pintar temukan.

Cara mengaksesnya juga tidak sulit. Cukup dengan bergabung di https://web.facebook.com/groups/gurupintar, Guru pintar otomatis dapat mengakses segala informasi pendidikan. Selain dari group tersebut, Guru Pintar dapat membaca info-info penting tentang pendidikan tersebut melalui web Aku Pintar atau aplikasi online Aku Pintar Guru yang dapat diunduh melalui Playstore.

2. Mengikuti pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru

Selain mendapatkan informasi seputar dunia pendidikan, dalam Komunitas Guru Pintar Indonesia Guru Pintar akan mendapatkan informasi seputar pelatihan guru yang diadakan oleh Aku Pintar Indonesia. Aku Pintar tidak jarang menggandeng komunitas atau lembaga lain untuk bahu membahu meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.

 Pada tanggal 23 Agustus 2021, Aku Pintar berkolaborasi dengan Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia (AKSI) dan Rumah Guru Bimbingan dan Konseling (RGBK) mengadakan Rangkaian Kegiatan Peningkatan Kapasitas Guru. Rangkaian kegiatan tersebut berlangsung selama 5 hari dan meliputi kegiatan Diskusi Panel tentang Penyusunan Rancangan Pembelajaran Kreatif Sesuai Gaya Belajar Peserta Didik dan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Pendidikan Aku Pintar. Rangkaian kegiatan ini ditutup dengan Webinar Peningkatan Kapasitas Guru dengan Tema Alternatif Pengembangan Diri Peserta Didik di Luar Pendidikan Formal dan evaluasi program pelatihan. Mau tahu ada event apa lagi dari Komunitas Guru Pintar? Langsung kunjungi facebook group Komunitas Guru Pintar Indonesia!

3. Memperluas jaringan

Dengan bergabung dengan Komunitas Guru Pintar Indonesia, Guru Pintar otomatis akan menambah teman baru yang memiliki visi dan misi yang sama yaitu menjadi guru pembelajar. Guru pintar dapat saling berbagi pengalaman dan juga pengetahuan yang berguna untuk diaplikasikan atau diterapkan di kelas-kelas Guru Pintar. Tak jarang Guru Pintar juga dapat memetik inspirasi dari guru-guru lain sehingga referensi mengajar Guru Pintar semakin kaya dan bervariasi.

Tunggu apa lagi? Segera gabung di Komunitas Guru Pintar dan ambil manfaat sebanyak-banyaknya untuk kemajuan para siswa penerus bangsa Indonesia.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet