PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via www.veryhealthysnacks.com

Pelajar: Snacking yang Sehat dan Lezat

Pola Makan Sehat pelajar

Siapa sih, yang nggak suka ngemil? Makanan ringan yang lezat disela makan besar tentu susah ditolah – ya nggak, sih? Kalau cemilanmu sendiri apa nih, Sobat Pintar – salah satu isi rak di minimarket dekat rumah atau apapun yang tersedia di kantin sekolah? Tau nggak, kalau sebenarnya kamu bisa bikin cemilan sendiri? Nggak ribet, kok. Dan malahan, lebih sehat!

 

1. Alpukat dan Telur

Alpukat adalah buah yang kaya dengan vitamin C, vitamin E, vitamin K, vitamin-vitamin B, tembaga, dan potassium (kalium). Saat kamu keluarkan bijinya, isi cekungan buah ini dengan telur, taburi garam dan lada, kemudian masukkan ke oven selama 15 sampai 20 menit.

Buah yang lembut dan creamy ini mengandung lemak baik dan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Bukankah penglihatan mata yang sehat adalah investasi penting bagi pelajar? Nah, alpukat ini penting sekali untuk menunjang kesehatan mata dalam jangka panjang serta menurunkan risiko katarak dan penurunan penglihatan.

 

2. Es Buah Beku

Suka yang adem-adem saat udara panas? Lupakan es krim di minimarket, bikin aja sendiri dari potongan-potongan buah yang ada di rumah. Blender buah semangka, kemudian campurkan dengan potongan buah-buahan tadi. Pinjam cetakan es punya mama/ bunda, masukkan adonan buah tadi sedikit demi sedikit, dan tusukkan stik kayu diatasnya. Masukkan freezer, dan voila! Kamu bisa menikmati es dingin yang sehat bikinanmu sendiri sambil baca buku!

Semangka mengandung vitamin B1, vitamin B2, niasin, vitamin B6, folat, vitamin B5, magnesium, fosfat, potassium, zinc, tembaga, mangan, selenium, choline, lycopene, dan betain. Wah, banyak banget, ya!

 

3. Pisang

Barangkali buah pisang adalah yang paling sering muncul di dapur atau meja makan. Kalau kamu super males ribet, buah pisang bisa dimakan langsung tanpa perlu diolah macem-macem. Tapi kalau bosan makan pisang begitu-begitu saja, kamu bisa tambahkan topping madu, susu/krimer kental manis, susu bubuk coklat, almond butter, atau apapun yang ada di kulkas.

Pisang melengkapi kebutuhanmu akan kalori, karbohidrat, protein, dan vitamin B6. Buah yang kaya serat ini menyokong kesehatan jantungmu, melancarkan sistem pencernaanmu, dan melawan anemia. Jadi makin semangat belajar!

 

4. Kacang

Yup, kacang tergolong kedalam jenis buah juga, lho. Variasinya cukup beragam, mulai dari kacang tanah, kacang almond, maupun kacang mete. Ada pula kacang Macadamia, kacang Brazil, atau walnut yang dapat membantu tubuh melawan kanker dan sakit jantung. Pokoknya, jangan nolak makan kacang, deh!

Pada umumnya, kacang-kacangan adalah sumber serat yang baik dan memiliki nutrisi penting untuk tubuh – diantaranya beberapa kelompok vitamin B (termasuk folat), vitamin E, mineral (kalsium, besi, zinc, potassium, dan magnesium), mineral antioksidan (selenium, mangan, dan tembaga), serta berbagai phytochemical yang dapat menjagamu melawan penyakit.

 

Ngemil itu bisa sehat kok, asal camilannya juga yang sehat. Jadi, mau beralih pada snack sehat dan lezat sedari sekarang?

Lebih masukan Blog

Stereotipe: Tuduhan Sepihak tentang Jurusan Pariwisata

Kuliah di Jurusan Pariwisata tuh enak, kerjaannya jalan-jalan mulu ! Pernah dengar orang ...

Besar Tunjangan Pegawai pada 12 Instansi Pemerintah – Mau Tahu?

Ketika ada pilihan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil, kamu termasuk yang pro apa yang kontra?...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru