redesain-navbar Portlet

null

Blog

Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2020 – Bagaimana Perkembangannya Kini?

Pendaftaran sekolah kedinasan harus ditunda karena pandemi.

Sekolah Kedinasan, image credit Mr.Autthaporn Pradidpong

Sudah hampir sebulan sejak Surat Menteri PANRB dikeluarkan guna menunda pendaftaran sekolah kedinasan 2020. Jadwal pendaftaran sekolah kedinasan 2020 yang semula direncanakan pada 9-30 April ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Namun sebenarnya ada berapa sekolah kedinasan yang sedianya membuka pendaftaran pada tahun 2020 ini? Dari sekian sekolah kedinasan yang ada, sedianya ada delapan instansi dengan sekolah kedinasan yang bersiap menerima calon mahasiswa baru.

 

1. Kementerian Keuangan: Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara

Dari tahun ketahun PKN STAN merupakan salah satu sekolah kedinasan yang paling diincar. PKN STAN memiliki program (1) D1 Pajak, (2) D1 Kepabeanan dan Cukai, (3) D1 Kebendaharaan Negara, (4) D3 Akuntansi, (5) D3 Pajak, (6) D3 Kepabeanan dan Cukai, (7) D3 Kebendaharaan Negara, (8) D3 Manajemen Aset, (9) D3 Penilai/ Pajak Bumi dan Bangunan, serta (10) D4 Akuntansi.

Sobat Pintar yang bercita-cita masuk STAN pasti sudah menunggu-nunggu pendaftaran sekolah kedinasan 2020. Sayang sekali kita masih harus bersabar dulu untuk saat ini ya, Sobat.

 

2. Kementerian Perhubungan: Sekolah Tinggi Transportasi Darat dan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia

Ada dua sekolah kedinasan dibawah Kementerian Perhubungan, yaitu Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) dan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI). Bila STPI menjadi sekolahnya calon pilot, STTD menawarkan lebih banyak pilihan jurusan yaitu (1) D2 Penguji Kendaraan Bermotor (BKP), (2) D2 Lalu Lintas Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (LLASDP), (3) D3 Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, (4) D3 Perkeretaapian, dan (5) D4 Transportasi Darat.

 

3. Kementerian Hukum dan HAM: Politeknik Imigrasi

Poltekim adalah sekolah kedinasan dibawah Kemenkumham. Di sekolah ini, pendidikan profesional kedinasan taruna berlangsung selama tiga tahun, diawali dengan Pendidikan Dasar Kesamaptaan bersama Korps Brimob dan/ atau Korps Marinir. Kemudian, setelah diwisuda dan mendapat Brevet Pejabat Imigrasi (PI), alumni Poltekim akan mengikuti Pendidikan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) di Pusat Pendidikan Reserse dan Kriminal Polri.

 

4. Kementerian Dalam Negeri: Institut Pemerintahan Dalam Negeri

Apakah Sobat Pintar sempat menunggu jadwal pendaftaran sekolah kedinasan 2020 demi IPDN? Sekolah kedinasan yang mendidik kader pemerintahan ditingkat pusat dan daerah ini memiliki dua fakultas, yaitu Manajemen Pemerintahan dan Politik Pemerintahan. Alumni kedua fakultas tersebut bergelar Sarjana Sains Terapan sesuai dengan program studinya masing-masing.

 

5. Badan Pusat Statistik: Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistika

Polstat STIS dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Ada dua program di sekolah kedinasan ini, yaitu D3 Statistika dan D4 Statistika. Lebih jauh, program D4-nya memiliki dua peminatan, yaitu Komputasi Statistik serta Ekonomi dan Sosial Kependudukan. Lulusan program D3 Polstat STIS bergelar Ahli Madya Statistik (A.Md.Stat.), sedangkan alumni program D4-nya bergelar Sarjana Terapan Statistika (S.Tr.Stat.).

 

6. Badan Intelijen Negara: Sekolah Tinggi Intelijen Negara

STIN menawarkan dua jurusan pada jenjang S1, yaitu Agen Intelijen dan Analis Intelijen. Di sekolah kedinasan ini, para taruna tak hanya belajar tentang ilmu intelijen tapi juga menjalani tempaan fisik dan mental.

 

7. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika: Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika

STMKG biasanya menjadi idaman buat Sobat yang punya minat dan kemampuan dibidang Fisika ataupun Geografi. Pendidikan semi militer di sekolah kedinasan ini terdiri dari Program D4 (1) Geofisika, (2) Klimatologi, (3) Instrumentasi, dan (4) Meteorologi.

 

8. Badan Siber dan Sandi Negara: Sekolah Tinggi Sandi Negara

Sobat Pintar anak IPA? Sekolah kedinasan ini hanya menerima calon mahasiswa dari kelas IPA saja, lho! Program D4 yang ada di STSN yaitu (1) Rekayasa Kriptografi, (2) Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi, (3) Rekayasa Keamanan Siber, (4) Manajemen Persandian, dan (5) Teknik Persandian.

 

Lantas, dari kedelapan sekolah kedinasan diatas, manakah sekolah kedinasan yang masih buka pendaftaran? Sayangnya, belum ada pemberitahuan lebih lanjut sejak Surat Menteri PANRB dikeluarkan dalam sebulan ini. Dengan kata lain, hingg saat ini belum ada pendaftaran sekolah kedinasan yang masih dibuka.

90

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp