APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Pengen Lulus SBMPTN? Yuk Simak 4 Tips Ini

Tips Buat Kamu

photo via detak-unsyiah.com

Emang gak tertarik sama SNMPTN (hmm... akibat dari nilai rapor yang fluktuatif), atau emang tertantang menakhlukkan SBMPTN? Apapun itu, yang jelas, lulus SBMTPN gak semudah membalik telapak tangan. Bayangin aja nih, dari ratusan ribu peserta SBMPTN, hanya sekian ribu yang diterima oleh satu PTN. Gimana kalau itu PTN yang kamu bidik? Gak perlu galau, baca dulu tips berikut ini.

1. PeDe? Wajib!

Bukan klise, ya. Yang namanya percaya diri itu udah jadi kunci utama melewati SBMPTN dengan baik. Rasa percaya diri, tenang dan yakin kalau kamu bisa menyelesaikan ujian dengan baik bisa berasal dari doa. Trik berikutnya untuk memperkuat rasa percaya dirimu adalah dengan langkah kedua berikut ini.

2. Konsisten Latihan Soal

Kamu punya waktu setidaknya setahun penuh buat nyiapin SBMPTN-mu. Dengan catetan, saat naik kelas 12, kamu udah bisa melihat jauh kepertengah tahun depan, bahwa ada ujian masuk PTN yang menunggumu dengan diam disana. Semakin awal kamu nyiapin, dikelas 10 atau 11, semakin bagus juga sih, asal enggak jadi bosen ditengah jalan. Tapi mendadak kenal sama soal-soal SMBTN di semester kedua kelas 12 akan jadi kerja keras yang lumayan berpotensi bikin eneg juga.

Selain mempertimbangkan durasi jangka panjang, perkiraan durasi jangka pendek juga sama-sama penting. Maksudnya, luangkan waktu satu atau dua jam dalam sehari untuk latihan soal-soal SBMPTN. Iya, ada tugas inilah, ekskul itulah, janji jalan sama teman lah. Gapapa, yang penting usahakan konsisten buka buku latihan soal dan kerjakan soal-soal disitu. Lama-kelamaan kamu akan mengenali soal-soal SBMPTN, terutama model soal yang sering muncul.

Kuncinya pada konsistensi proses ya, bukan ngebut nyelesein satu buku latihan soal yang tebel dalam sehari. Ingat, sedikit-sedikit lama-lama akan menjadi bukit.

3. Ikut Bimbingan Belajar

Banyak bimbel yang menyediakan program intensif SBMPTN. Pilih saja salah satu yang sesuai dengan jadwalmu, atau yang diikuti gebetanmu, atau yang deket rumah, yang kira-kira kamu sanggup enggak sering bolos, deh. Kalau mau serius, coba bandingin dulu bimbel-bimbel yang ada, tanya teman yang udah ikut atau langsung samperin bimbelnya. Trus, pilih bimbel yang program dan tutornya paling sesuai dengan yang kamu butuhkan.

4. Rajin Ikut Try Out

Salah satu keuntungan ikut bimbel adalah bisa ikut try out yang sudah dijadwalkan. Kamu gak perlu repot-repot nyari try out diluar sana. Kenapa ikut try out itu penting? Karena kamu akan terlatih duduk dalam suasana mengikuti ujian, dag dig dug berjam-jam ngerjain soal, dan pada akhirnya kamu bisa mengukur kemampuanmu saat hasil try out diumumkan.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa membantumu mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk menghadapi di SBMPTN. Dan jangan lupa, jaga kesehatan badan supaya misimu terselesaikan dengan sempurna.

90

Entri Blog Lainnya

thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog