PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

3 Tips Melatih Pemikiran Kritismu

Tips Buat Kamu

Kamu masuk kelas sesuai jadwal, pulang sekolah juga sesuai jadwal. Kamu juga jarang bolos atau bikin alasan untuk meninggalkan kelas. Tapi kenapa rasa-rasanya enggak ada materi pelajaran yang mampir dikepala padahal kamu udah bersikap manis seharian dan berusaha mengingatnya?

Passive Learning

Kalau kerjaanmu di kelas cuma duduk dan mendengarkan penjelasan guru, mengerjakan tugas yang diberikan, kemudian ulang lagi hal yang sama pada jam dan matapelajaran berikutnya, itu namanya passive learning. Menariknya, lebih dari separuh siswa lain juga melakukannya. Tapi apa kamu puas dengan apa yang kamu peroleh? Apa kamu mendapat imbalan yang berharga atas waktumu yang telah terlewatkan?

Active Learning

Kalau kamu mulai mempertanyakan faedahnya kamu duduk di kelas dan mengikuti setiap matapelajaran dengan tekun, itu bagus. Terlepas dari bagaimana suasana belajar di kelas, ini saatnya kamu mulai mendengarkan pikiran kritismu. Apa yang bisa kamu lakukan untuk menambah pengetahuanmu?

Pertama, jangan cuma membaca ulang dan mengingat-ingat materi yang telah diajarkan. Utarakan dan tulis pertanyaan-pertanyaan yang muncul dikepalamu, kemudian cobalah untuk menjawabnya. Misalnya, saat belajar tentang sejarah Romawi, kamu bisa mencari gambaran sendiri tentang seberapa luas wilayah kerajaannya pada masa sekarang dengan membuka peta. Atau, kamu bisa belajar kelompok matematika dengan beberapa orang teman, kemudian masing-masing membuat dan mengembangkan soal untuk dikerjakan teman yang lain.

Kedua, hubungkan materi pelajaran yang kamu terima di sekolah dengan pengalamanmu. Misalnya, saat membahas tentang Pegunungan Apenina dalam sejarah Romawi dan Yunani, kamu bisa membandingkan kontur atau vegetasi pegunungan ini dengan pegunungan di Indonesia – akan lebih menarik kalau kamu memang suka dan pernah mendaki gunung.

Ketiga, ikut serta aktif di kelas selama pelajaran berlangsung. Jangan duduk dan mendengarkan. Bertanyalah kalau memang ada yang merisaukanmu saat mendengar penjelasan dari guru. Jangan segan berdiskusi, dan jangan takut salah.

Enggak terlalu sulit kan, untuk mengubah sedikit cara belajarmu? Sah-sah aja kok, bila pada akhirnya apa yang kamu pelajari jadi jauh lebih banyak atau lebih kompleks dari materi pelajaran sekolah. Toh, kamu juga yang akan memetik hasilnya nanti.  Psstt... active learning juga akan melatihmu untuk berpikir kritis, atau istilah kerennya higher-level skills. Sempet denger tentang HOTS (Higher Order Thinking Skills) dalam UNBK 2018? Nah, kamu bisa mulai melatih diri untuk menghadapi soal-soal HOTS di UNBK-mu nanti sedari sekarang.

Lebih masukan Blog

Pengen Lulus SBMPTN? Yuk Simak 4 Tips Ini

Emang gak tertarik sama SNMPTN (hmm... akibat dari nilai rapor yang fluktuatif), atau emang...

Kamu Tipe Pelajar Auditori? Simak 4 Tips Belajar Berikut Ini

Coba renungkan lagi. Apakah teman-temanmu suka bercerita padamu? Apa mereka bilang kamu...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru