CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Pentingnya Keterampilan Berbicara Bagi Seorang Guru

Guru menguasai komunikasi adalah salah satu aspek dalam standar kompetensi guru

Foto oleh Kampus Production dari Pexels

Keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan dalam berkomunikasi. Seorang guru yang baik harus memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif, empatik, sopan dan santun. Tidak tanggung-tanggung keterampilan dalam berkomunikasi seorang guru masuk dalam dua aspek standar kompetensi yang harus dimiliki oleh guru yaitu kompetensi pedagogik dan kompetensi sosial.

Kemampuan berbicara atau berkomunikasi sering dikaitkan dengan kemampuan public speaking. Apa itu public speaking? Public speaking adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam menyampaikan atau mempresentasikan sebuah topik di depan umum. Dengan teknik public speaking yang baik, seorang public speaker dapat menyampaikan informasi secara jelas di hadapan audiens. Kunci dari keahlian public speaking adalah bagaimana seseorang tersebut dapat berbicara dengan baik dan terstruktur sehingga gagasan yang ingin disampaikan dapat dengan mudah dipahami oleh banyak orang. Keterampilan public speaking tidak hanya bagaimana berbicara saja tetapi juga harus diiringi dengan body language, kepercayaan diri, keyakinan, dan pembawaan yang baik sehingga membuat audiens merasa nyaman.

Seorang guru yang setiap hari harus menyampaikan materi pelajaran atau menyampaikan pesan-pesan pendidikan kepada siswa dapat dikategorikan sebagai seorang public speaker. Dengan kemampuan public speaking yang baik, Guru Pintar dapat lebih mudah dalam menghadapi situasi yang tidak terduga sebelumnya. Selain itu, pentingnya kemampuan public speaking bagi guru adalah segala materi dan informasi yang disampaikan kepada siswa akan lebih mudah dipahami dan diterima dengan baik. 

Kenapa public speaking itu penting bagi guru? Ada beberapa alasan pentingnya keterampilan berbicara bagi seorang guru. Apa sajakah itu?

1. Menyampaikan materi pelajaran dengan efektif

Materi pelajaran yang harus dikuasai siswa ada banyak dan berbatas waktu. Guru Pintar pasti memiliki peta kapan suatu materi harus diselesaikan sehingga dapat beralih kepada materi selanjutnya, terlebih pada situasi pandemi seperti sekarang ini. Dengan kemampuan komunikasi dan public speaking yang baik, Guru Pintar dapat menyampaikan materi secara terstruktur dan mudah dipahami oleh siswa. Dengan demikian waktu pembelajaran tidak terbuang percuma untuk membahas suatu topik secara bertele-tele.

2. Menyampaikan materi/ informasi dengan menyenangkan

public speaking adalah keterampilan yang harus dikuasai oleh guru profesional
Foto oleh Katerina Holmes dari Pexels

Teknik public speaking untuk guru memungkinkan Guru Pintar untuk mengajar secara menyenangkan dan tidak membosankan. Dengan skill yang dimiliki ini, Guru Pintar mampu menarik perhatian siswa, menggunakan berbagai strategi komunikasi sehingga siswa tertarik untuk mendengarkan hal-hal yang disampaikan oleh Guru Pintar. 

3. Mengendalikan situasi kelas

Salah satu manfaat public speaking adalah Guru Pintar menjadi lebih adaptif terhadap situasi dan kondisi. Keterampilan Public speaking yang dimiliki akan membantu Guru Pintar untuk lebih siap dalam menghadapi situasi  yang tidak terduga ketika proses pembelajaran berlangsung, misalnya: siswa sulit diatur, siswa ramai sendiri, mengantuk, dan lain sebagainya. Hal ini menuntut Guru Pintar untuk selalu siap dan mampu mengkomunikasikan banyak hal dengan baik dan mengontrol kembali keadaan kelas.

4. Menumbuhkan sikap leadership

Guru adalah seorang pemimpin di dalam kelas maupun dalam lingkungan sekitarnya. Seorang pemimpin yang baik harus mengetahui bagaimana cara berkoordinasi yang baik dengan anggotanya. Oleh sebab itu seorang pemimpin perlu tahu bagaimana cara public speaking yang baik dimana salah satu bentuk implementasinya ditunjukkan melalui pengontrolan diri dalam memimpin para anggotanya. Di kelas Guru dapat memberikan contoh bagaimana mengontrol diri dan juga mengontrol kelas sehingga siswa juga dapat memiliki sikap kepemimpinan seperti yang ditunjukkan oleh gurunya.

5. Membuka Peluang yang lebih besar


Foto oleh ICSA dari Pexels

Seorang guru yang profesional harus mampu berkomunikasi dengan baik tidak hanya dengan siswa, tetapi juga dengan rekan sejawat, atasan, dan juga masyarakat. Kemampuan public speaking yang baik, akan membuka peluang guru untuk mengembangkan karir. Karir seorang guru tidak berhenti pada mengajar siswa saja. Seorang guru dapat menjadi kepala sekolah, pengawas, pembicara seminar, motivator, dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut akan sulit dicapai jika Guru Pintar tidak memiliki kemampuan public speaking yang baik.

Nah, Guru Pintar sudah tahu kan, mengapa belajar public speaking itu penting. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melatih keterampilan berbicara untuk guru, yaitu: mengikuti kelas public speaking, bergabung dengan komunitas yang mengasah kemampuan public speaking, dan tentunya dengan banyak berlatih. Keterampilan berbicara tidak hanya penting untuk guru dalam menjalankan tugas dan fungsinya, tetapi juga keterampilan berbicara dalam kehidupan siswa sangat menentukan masa depan mereka. Oleh karena itu, sebagai role model Guru Pintar harus mampu menjadi contoh bagaimana cara berkomunikasi yang baik, efektif, empatik, sopan, dan juga santun.

 

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog