CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Perlu Dilakukan saat Gap Year: Cek 5 Kegiatan Ini

Ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan selama gap year sampai masuk kuliah.

hal yang perlu dilakukan saat gap year, Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Gap year kuliah itu ngapain aja, ya? Pernah punya pertanyaan kayak gini, Sobat Pintar? Kalau kamu sedang menimbang-nimbang untuk mengambil gap year, pertanyaan-pertanyaan seputar aktivitas saat gap year itu bukan hal yang aneh.

Iya, dong. Selama ini kamu punya jadwal sekolah setiap hari, terus masuk kuliah masih tahun depannya lagi. Mau ngapain selama setahun ke depan ini? Rebahan dan gabut selama setahun kan bakal bosen juga. Jadi, kenapa nggak bikin kegiatan memaksimalkan gap year? Nah, hal apa yang bisa dilakukan selama gap year?

 

1. Belajar hal baru yang menarik minatmu

Hal apa yang bisa dilakukan selama gap year
Photo by Emily Bernal on Unsplash

Enggak perlu bingung menentukan hal yang perlu dilakukan saat gap year, Sobat Pintar. Kamu bisa mulai dengan satu hal yang selama ini sebenarnya pengin kamu lakukan, tetapi enggak sempat atau enggak bisa karena jadwal sekolah. Mungkin kamu ingin belajar coding, desain grafis, atau yang lain?

Gimana kalau kamu masih bingung penginnya belajar apa? Kepoin deh, skills yang sedang dibutuhkan di dunia kerja saat ini, seperti video editing atau digital marketing. Kamu bisa memanfaatkan waktu gap year kuliah untuk belajar skills yang mungkin bakal kepake saat kamu bekerja kelak.

 

2. Kerja freelance atau part time

hal yang perlu dilakukan saat gapyear
Photo by Adam Winger on Unsplash

Bekerja adalah salah satu kegiatan memaksimalkan gap year yang sangat produktif. Mengisi gap year sambil kerja memberimu kesempatan untuk learning by doing ilmu dan skills baru. Udah gitu, kamu masih dapat duit, pula!

Enggak itu aja, Sobat Pintar. Aktivitas saat gap year yang satu ini bisa menjadi tambahan poin pengalaman kerja di resume atau curriculum vitaemu. Asyiknya lagi, gap year sambil kerja itu enggak memberimu pressure sebesar orang-orang dewasa yang memang dituntut oleh keadaan untuk bekerja. Hitung-hitung, kamu bisa mencicipi dunia kerja selagi gap year kuliah.

 

3. Mendalami dan mengembangkan hobi

cara daftar kuliah gap year
Photo by Melanie Lim on Unsplash

Oke, mungkin kamu kurang tertarik untuk bekerja. Gimana kalau ngerjain hobi aja, Sobat? Kalau kamu suka berkebun, gap year kuliah bisa menjadi saat yang tepat untuk mengurus tanaman-tanamanmu dengan lebih intensif. Kalau kamu suka memasak, isi gap year kuliah dengan mencoba resep-resep baru.

Tau nggak sih, kalau hobi sebenarnya berpotensi mendatangkan income? Hobi berkebunmu bisa berkembang menjadi bisnis nursery. Dari kesibukanmu di dapur, mungkin kamu mulai menerima pesanan kue atau masakan yang lama-lama bisa menjadi bisnis makanan. Kamu senang mengerjakannya, dan berpotensi menguntungkan secara finansial. Aktivitas saat gap year yang positif banget, kan?                            

 

4. Join komunitas online maupun offline

hal yang perlu dilakukan saat gap year
Photo by Hannah Busing on Unsplash

Menunda kuliah bukan berarti masuk gua. Selama menunda kuliah, bukan berarti kamu terputus dari dunia luar dan segala perkembangannya. Bagaimana caranya agar tetap updated dan connected dengan dunia saat roda hidupmu terasa berhenti berputar? Join komunitas yang menarik dan membuatmu nyaman, Sobat.

Kamu bisa join komunitas adopter kucing domestik, komunitas sepeda antik, atau bahkan komunitas belajar untuk persiapan UTBK berikutnya. Kamu bisa join komunitas yang seru-seruan sampai yang serius. Suka-suka kamu, deh. Tetap terhubung dengan banyak orang di luar sana, baik secara langsung maupun daring, akan membuat waktu gap year kuliah menjadi lebih bermakna. Siapa tahu, sebagian dari mereka akan kamu temui lagi sebagai teman kuliah, kakak tingkat, rekan kerja, atau bahkan partner bisnis.

 

5. Belajar intensif untuk persiapan UTBK

menunda kuliah gap year berapa tahun
Photo by sq lim on Unsplash

Kamu berencana mengambil gap year berapa tahun, nih? Kebanyakan kita menunda kuliah selama setahun sampai SBMPTN berikutnya – dengan harapan, tentu saja, lolos SBMPTN dan masuk kuliah di tahun berikutnya.

Nah, dalam waktu satu tahun itu, karena gol kita adalah SBMPTN, kita bisa menyiapkan diri dan belajar tekun untuk menghadapi UTBK, Sobat Pintar. Mungkin kamu belajar secara mandiri. Mungkin juga kamu masuk bimbingan belajar khusus untuk persiapan UTBK. Yang pasti, jika SBMPTN adalah golmu, belajar untuk UTBK ini adalah hal yang perlu dilakukan saat gapyear – jangan sampai enggak dilakuin, ya!

Asal kamu tahu, SBMPTN saat ini hanya dapat diikuti oleh lulusan SMA di tahun berjalan dan dua tahun sebelumnya. Ini berarti kamu harus punya target dan rencana bakal ngambil gap year berapa tahun. Selama tahun kelulusanmu dari SMA masih eligible untuk mengikuti SBMPTN, cara daftar kuliah gap year tak akan berbeda dari calon mahasiswa yang lain.

Kira-kira, apa kegiatan memaksimalkan gap year yang bakal kamu kerjakan, Sobat Pintar? Apapun pilihanmu, semoga pengalaman gap year bakal membawa impact yang tak hanya berkesan, tetapi juga berarti dan penuh pelajaran buatmu.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog