CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

5 Tips Memilih Universitas Swasta yang Tepat

Pertimbagan eksternal dan internal sama-sama penting saat memilih kampus swasta.

Memilih Perguruan Tinggi Swasta, image by Andrea Piacquadio fro pexels

Perguruan tinggi swasta di Indonesia itu ada banyak, pake banget! Saking banyaknya, mungkin kamu bisa sampai overthinking saat harus memilih perguruan tinggi swasta yang tepat. Tepat itu yang bagaimana? Eh, jangan-jangan kamu memilih perguruan tinggi yang salah. Emangnya bisa sampai salah pilih tempat kuliah? ... dan seterusnya, dan seterusnya. Enggak ada habisnya, deh.

Sebenarnya enggak perlu segitu overthinking-nya, Sobat. Ada beberapa poin penting yang enggak boleh kamu lewatkan saat memilih perguruan tinggi swasta yang tepat, seperti akreditasi, alumni, sampai biaya kuliah. Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

Itu kriteria kampusnya, tetapi bagaimana dengan kriteriamu sendiri? Barangkali suatu perguruan tinggi swasta sudah terakreditasi A, alumninya banyak yang terkenal dan sukses, biaya kuliahnya pun terjangkau. Namun buatmu, mungkin semua itu tak cukup untuk menjadi alasan masuk universitas swasta tersebut karena ada lima poin penting di bawah ini yang tak boleh kamu lewatkan.

 

1. Pilihan Terbaik untuk Jurusan Incaranmu

jalur masuk perguruan tinggi swasta
Photo by Photos by Lanty on Unsplash

Ada berbagai alasan masuk universitas swasta, salah satunya adalah demi jurusan incaran. Misalnya kamu ingin kuliah Sistem Komputer di universitas swasta dengan fasilitas yang lebih baik ketimbang universitas negeri. Boleh-boleh saja, Sobat Pintar.

Terlepas dari biayanya, beberapa universitas swasta memang mampu menawarkan fasilitas kuliah yang bagus, terutama pada jurusan-jurusan yang membutuhkan praktikum atau aplikasi teknologi terbaru. Jika kamu punya keleluasaan untuk memilih perguruan tinggi swasta yang tepat, yang sesuai dengan bidang ilmu yang ingin kamu pelajari, kenapa tidak?

 

2. Fasilitas dan Sarana yang Mendukung

perguruan tinggi swasta di indonesia
Photo by Nghia Le on Unsplash

Oke, salah satu alasan memilih kuliah di perguruan tinggi swasta adalah fasilitas kuliah yang bagus. Namun yang kamu butuhkan di perguruan tinggi itu enggak melulu kuliah, Sobat.

Kamu juga perlu mengembangkan diri dengan cara yang lain, di luar kelas kuliah. Sebagai mahasiswa teknik, misalnya, boleh banget kamu ikutan UKM seni – atau sebaliknya. Jangan sia-siakan waktumu di perguruan tinggi dengan tidak mengeksplorasi bakat yang mungkin masih terpendam, minat yang mungkin malu-malu kamu simpan selama ini, atau bahkan mencoba keluar dari zona nyamanmu. Untuk itu, penting banget kamu memilih perguruan tinggi swasta yang tepat, yang memiliki daya dukung agar kamu dapat melakukan eksplorasi tersebut.

 

3. Lokasi yang Paling Cocok Buatmu

memilih perguruan tinggi swasta yang tepat
Photo by Scott Webb on Unsplash

Hampir setiap kota atau wilayah di Indonesia memiliki perguruan tinggi swasta. Cara masuk PTS pun terbilang simpel, tanpa melibatkan proses seleksi dengan skala nasional. Dua kondisi ini saja sudah cukup menjadi alasan buat kamu yang ingin kuliah di rantau.

Tentu saja, memilih perguruan tinggi swasta yang tepat di rantau harus dilakukan dengan tetap memperhatikan jurusan pilihan, akreditasi, rekam jejak alumni, sampai biaya. Bukan berarti kamu random pengin tinggal di kota X, terus kuliah di universitas swasta di kota tersebut, di jurusan apa saja. Enggak gitu juga, Sobat.

Beda lagi nih, kalau kamu harus tinggal di suatu kota karena pekerjaan, misalnya. Terus kamu ingin kuliah sambil bekerja. Nah, dalam hal ini kuliah di perguruan tinggi swasta adalah pilihan yang patut dipertimbangkan. Pasalnya, universitas swasta cenderung menawarkan fleksibilitas jadwal sampai pembiayaan kuliah, yang biasanya lebih sulit diperoleh dari universitas negeri.

 

4. Biaya yang Lebih Terjangkau

alasan masuk universitas swasta di indonesia
Photo by Rodeo Project Management Software on Unsplash

Ngomongin soal biaya kuliah, perguruan tinggi swasta memang lebih dikenal dengan label 'mahal' daripada perguruan tinggi negeri. Padahal enggak bisa digeneralisasi seperti itu, Sobat Pintar. Biaya kuliah di kampus negeri pun saat ini enggak bisa dikata 'murah.' Itulah sebabnya kita musti bisa memilih perguruan tinggi swasta yang tepat. Bagaimana caranya?

Cari tahu dahulu, apakah universitas swasta incaranmu menerima mahasiswa baru dengan KIP Kuliah. Cari tahu juga apakah ada jalur masuk perguruan tinggi swasta yang menggunakan prestasi, sehingga kamu berpeluang untuk mendapatkan beasiswa. Banyak kok, universitas swasta yang menawarkan beasiswa kuliah bagi mahasiswa yang sedang aktif kuliah. Jadi, jangan buru-buru memberi label kuliah swasta pasti mahal sedangkan kuliah di kampus negeri pasti murah. Enggak selalu begitu, Sobat. Ingat juga, biaya kuliah tak lepas dari jurusan yang kamu pilih. Di manapun kamu kuliah, jangan harap kuliah Kedokteran itu murah, misalnya.

Lantas manakah yang biaya kuliahnya lebih terkangkau? Kamu bisa membandingkan biaya kuliah di beberapa perguruan tinggi swasta di Indonesia sekaligus, Sobat Pintar. Minimal, kamu bisa membandingkan uang pangkal dan biaya SKS karena dua komponen ini biasanya diinfokan dengan jelas.

 

5. Ranking Universitas

alasan masuk universitas swasta di indonesia
Photo by Mathyas Kurmann on Unsplash

Iya, universitas-universitas di dunia itu dibikin peringkat atau ranking, Sobat. Ada berbagai versi pemeringkatan universitas, mulai yang berskala nasional, regional Asia, hingga global. Kriteria pemeringkatannya pun tak sama persis. Kamu enggak kudu menganut salah satu versi, kok. Justru kamu dapat membandingkan urutan ranking perguruan tinggi swasta di Indonesia pada versi pemeringkatan yang berbeda. Berdasarkan kriteria penilaiannya, kamu bisa menentukan sendiri manakah universitas swasta yang terbaik buat dirimu sendiri. Nah, sekarang kamu sudah punya bekal lebih banyak buat memilih perguruan tinggi swasta yang tepat, kan?

90

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog