PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via ofwlife.ph

Perlu Tahu: 3 Jenis Tes Kompetensi Dasar dalam Seleksi CPNS

Karir dan Masa Depan

Adakah orang disekitarmu, mungkin kenalan atau kerabat, yang mengikuti seleksi CPNS tahun ini? Nggak ada sepinya deh, kalau ada seleksi CPNS. Bahkan di beberapa daerah, seseorang yang ikut seleksi CPNS bisa jadi berita heboh sekhalayak ramai. Padahal, proses seleksinya cukup panjang, lho. Setelah seleksi administrasi, masih ada tes Kompetensi Dasar yang terdiri dari tiga macam tes berikut ini.

 

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Bagian pertama tes KD adalah TWK. Untuk lolos tes ini, yang perlu dipelajari adalah topik-topik seputar nasionalisme, bela negara, pilar negara, Bahasa Indonesia, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tes Wawasan Kebangsaan juga menguji pengetahuan tentang sistem tata negara kita, peran kita dalam tataran regional dan global, sejarah perjuangan kita, termasuk juga menguji kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar.

 

2. Tes Intelegensi Umum (TIU)

TIU menguji beberapa kemampuan secara simultan. Pertama, Tes Intelegensi Umum menguji kemampuan verbal dalam menyampaikan informasi secara lisan dan tulisan. Tes ini juga menguji kemampuan numerik dalam melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan antar angka. Selain itu, TIU menguji kemampuan figural yang terkait dengan kecakapan mental dalam menganalisis simbol, diagram, dan gambar. Berikutnya adalah ujian kemampuan berpikir logis dalam melakukan penalaran yang runtut dan sistematis. Dan terakhir, TIU menguji kemampuan berpikir analitis dalam mengurai suatu permasalahan.

 

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Dalam TKP, yang diukur adalah kemampuan dan orientasi seseorang dalam pelayanan publik dan orang lain, nilai-nilai sosial budayanya, kecakapannya dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme dan kesanggupannya untuk bekerja tuntas dan mandiri, semangatnya untuk berprestasi, kemampuannya dalam berkreasi dan berinovasi, kemampuannya dalam beradaptasi, kecakapannya dalam mengendalikan diri, kemauannya untuk terus belajar secara berkelanjutan, kemampuannya untuk bekerja dalam kelompok, dan kecakapannya dalam mengkoordinir ataupun menggerakkan orang lain. Bahkan, Tes Karakteristik Pribadi juga mengukur integritas dan jejaring kerja seseorang.

 

Cukup kompleks juga ya, apa-apa saja yang dites sebelum menjadi seorang CPNS. Apakah ini jalur karir pilihanmu dimasa depan? Bila memang iya, ada baiknya mempersiapkan materi-materi ujian yang perlu dicermati sejak sekarang. Misalnya saja, kamu bisa mendalami materi pelajaran Matematika dan PKn. Bahkan mungkin, kamu bisa mulai mengukur sendiri karakteristik pribadimu. Gimana? Sounds good?

Lebih masukan Blog

5 Macam Tes Bahasa Asing – Wajib Diambil untuk Kuliah ke Luar Negeri

Bejibun nya tawaran beasiswa yang bisa kamu akses saat ini tentu jadi peluang kuliah ke...

Mulai Bisnis Kuliner yang Gampang? Coba 10 Ide Jajanan Ini

Bikin usaha disektor makanan tuh enggak ada matinya. Ya mau bagaimana lagi, makanan kan...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru