PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo credit Meredith Bruckner

Mulai Bisnis Kuliner yang Gampang? Coba 10 Ide Jajanan Ini

Bisnis Pelajar dan Mahasiswa

Bikin usaha disektor makanan tuh enggak ada matinya. Ya mau bagaimana lagi, makanan kan memang kebutuhan dasar manusia. Apalagi sekarang makanan sudah dikemas sedemikian rupa menjadi gaya hidup yang kekinian. Jadi, kenapa nggak nyoba memulai bisnismu dari sini saja? Jangan kuatir idenya, dibawah ini ada ragam kuliner endes yang bisa kamu coba. Mulai dari yang simpel sampai yang ribet, kamu sendiri deh, yang nentuin.

 

1. Nugget Pisang

Nggak butuh modal banyak buat mulai bisnis jajanan ini. Bahan baku pisang gampang banget dicari di mana-mana, harganya juga murah meriah. Bahan-bahan dapur lain buat ngegoreng pisang juga mudah didapat. Tapi kalau kamu nggak kreatif berinovasi dibagian topping nuggetnya, nggak bakal berumur lama tuh bisnis. Abisnya, nugget pisang kan lagi ngehits banget tuh, di mana-mana ada. Ayo, kamu bikin yang beda biar pembeli tetep balik padamu – jangan cuma nawarin topping coklat atau keju aja!

 

2. Bakso Bakar

Siapa sih, yang nggak suka bakso? Apalagi bakso bakar! Makanya, jajanan ini bisa jadi awal bisnis kuliner pinggir jalan yang nggak pake ribet. Panggangan bakso bakarnya cukup sederhana, pembuatan baksonya juga mudah. Tinggal sediain aja beragam pilihan bumbu untuk bakso bakarnya, dan... voila!

 

3. Burger Ramen

Suka ngemil burger, tapi daging mahal? Coba ganti dagingnya sama ramen atau mie. Kamu bisa berkreasi sendiri di rumah sampai menemukan paduan roti dan mie yang paling enak. Ya... anggep aja itu riset atau eksperimen, atau apalah. Yang penting, ujung-ujungnya kamu bisa launch produk yang layak jual dan laris dipasaran.

 

4. Tahu Crispy

Bikin tahu crispy tuh mudah banget! Tinggal goreng tahu pake tepung beras yang kamu bisa kreasikan dengan resep rahasiamu. Trus, kasih pilihan ekstra bumbu aneka rasa. Bakalan banyak yang suka! Kalau nggak percaya, coba dulu di rumah atau kosan dan lihat bagaimana tanggapan respondenmu. Terus kembangkan resepnya dan bikin kreasi baru!

 

5. Kreasi Puding

Soal kreasi, bikin puding tuh menantang banget. Cara bikinnya juga mudah, kamu tinggal padu padan aneka bahan pelengkap supaya pudingmu tampil cantik menawan. Puding dengan aneka buah bisa jadi awal eksperimen resepmu. Nantinya, kamu bisa coba puding sayuran atau puding sehat, atau yang lain – mau pake bahan murah atau mahal, terserah kamu, deh. Limit kreasi puding ini hanyalah kreativitasmu!

 

6. Kreasi Oreo

Udah tau Oreo, kan? Gimana caramu makan Oreo? Nggak cuma dicemili sampe bungkusnya kosong, kan? Kalau cuma begitu, basi banget! Coba kamu kreasikan dengan es krim, cake, atau bahkan bikin puding Oreo – apapun yang menambahkan Oreo didalamnya. Then, you can sell it!

 

7. Roti Bakar

Jajanan malam ini gampang banget dibikinnya – dan bisnisnya nggak butuh modal awal yang gede. Kalau mau bikin yang beda, coba main pada variasi rasa atau pada bentuk dan ukuran rotinya. Bahkan, kalau kamu berani beda, coba buka geraimu dipagi hari sebagai tawaran menu sarapan. Gimana, tuh?

 

8. Salad Buah

Mau mulai bisnis makanan, tapi kreasi masakanmu selalu berakhir di tempat sampah? Masih ada alternatif lain, yaitu salad buah. Yup, kamu tinggal potong-potong aneka buah, trus kasih dressing. Udah, gitu aja! Tapi ya jangan berhenti disitu, kreasikan dressingnya biar kamu bisa nawarin macam-macam varian – misalnya, salad buah sehat dengan dressing yogurt, salad buah untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol, atau yang lain-lain.

 

9. Kreasi Mie Instan

Bantulah mie instan naik kelas, tak sekedar jadi pengganjal perut darurat anak kos saat lapar. Kamu bisa mengotak-atik level kepedasannya, toppingnya, atau yang lain. Bahkan, kamu bisa bikin kreasi sushi, pizza, atau seperti yang sudah disebutkan diatas, burger.

 

10. Kripik Aneka Rasa

Nggak harus bikin sendiri, kamu bisa beli atau pesan pada pengrajinnya – bisa kripik pisang, kripik singkong, kripik kentang, atau yang lain. Eitts, jangan dimakan! Kasih bumbu aneka rasa yang bisa kamu beli di toko-toko atau pasar tradisional – bahkan di pasar modern ataupun supermarket, pada intinya bumbu ini mudah banget didapat. Kemudian, kemas ulang kripik tadi dengan tampilan yang lebih menarik, maka jadilah kripik pisang coklat, kriping singkong keju, dan lain-lain – iyaa, semua pake brandmu sendiri!

 

Nggak usah kebanyakan mikir kalau udah pingin bikin usaha kuliner. Mulai saja dari ide-ide sederhana diatas, apalagi kalau kamu masih terikat dengan jadwal sekolah atau kuliah. Dan nggak harus sewa outlet atau semacamnya, kamu bisa tawarin produkmu sama temen-temen kosan, pasarkan lewat akun medosmu, atau yang lain. Selain melatihmu untuk lebih mandiri, menjalankan usaha sejak dini juga dapat mengasah kemampuanmu berbisnis serta menjalin relasi – yang nggak kalah pentingnya sama prestasi akademikmu.

Lebih masukan Blog

Perlu Tahu: 3 Jenis Tes Kompetensi Dasar dalam Seleksi CPNS

Adakah orang disekitarmu, mungkin kenalan atau kerabat, yang mengikuti seleksi CPNS tahun ini?...

Jangan Tentukan Pilihan Jurusan Kuliahmu sebelum Mengetahui 6 Kesalahan Ini

Kalau soal masuk sekolah, SMP dan SMA/ SMK, tentu kamu sudah punya pengalaman sendiri. Tapi...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru