APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Prediksi KIP Kuliah 2023: Syarat, Cara, dan Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran KIP Kuliah mengikuti ketentuan yang berlaku.

Daftar KIP Kuliah, photo by cottonbro on Pexels

Pendaftaran KIP Kuliah 2023 memang belum resmi diumumkan sampai saat ini. Namun bagi sebagian pelajar, KIP Kuliah merupakan salah satu faktor penting, bahkan cukup menentukan, bagi kelanjutan pendidikannya. Maka jangan heran bila kita bisa dibikin penasaran banget, kapan daftar KIP Kuliah? Bagaimana cara daftar Kip Kuliah? Ataupun berbagai pertanyaan lain seputar KIP Kuliah 2023.

 

Syarat Daftar KIP Kuliah

cara daftar kip kuliah

Photo by Victor on Pexels

Sebelum mengurus KIP Kuliah, ada baiknya kita terlebih dahulu mengetahui tentang apa saja syarat daftar KIP Kuliah. Menengok ke belakang, syarat daftar KIP Kuliah di tahun 2022 menurut Puslapdik Kemendikbud Ristek RI adalah sebagai berikut.

1. Penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal dua tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid

2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah

3. Siswa SMA/SMK/MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP atau memiliki Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos

4. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

Dari ketentuan di atas, apakah kamu berhak untuk daftar KIP Kuliah, Sobat Pintar? Penting banget nih, kita memenuhi syarat daftar KIP Kuliah yang akan diberlakukan nanti sebelum pengajuan KIP Kuliah.

 

Cara Daftar KIP Kuliah

pendaftaran kip kuliah 2023

Photo by jarmoluk on Pixabay

Jika sudah pasti memenuhi syarat daftar KIP Kuliah yang ditentukan, baru lah kita dapat mengikuti pendaftaran. Sekali lagi, pendaftaran KIP Kuliah 2023 memang belum diumumkan. Namun dari tahap demi tahap cara mendaftar KIP Kuliah sebelumnya, diperkirakan pendaftaran KIP Kuliah 2023 tak terlalu jauh berbeda.

Nah, bagaimana cara mendaftar KIP Kemendikbud tersebut? Puslapdik Kemendikbud Ristek RI merinci langkah-langkah berikut, Sobat Pintar.

1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah atau melalui KIP Kuliah mobile apps

2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif

3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah

4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan

5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri)

6. Selanjutnya, Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih. Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host

7. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di perguruan tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh perguruan tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Sekarang kamu sudah tau ya, Sobat Pintar, daftar KIP Kuliah dimana? Jangan khawatir, mendekati masa pendaftaran KIP Kuliah untuk SNPMB 2023 nanti, kita pasti akan mendapatkan informasi mengenai alamat web dan jadwal pendaftarannya.

 

Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2023

cara mendaftar kip kuliah

Photo by Bru-nO on Pixabay

Ngomongin jadwal, kira-kira kapan pendaftaran KIP kuliah 2023? Berkaca pada pendaftaran tahun sebelumnya, semestinya kita bakalan bisa mulai mengurus KIP Kuliah di bulan Februari. Untuk KIP Kuliah 2022, jadwalnya adalah sebagai berikut.

SNMPN: 7 Februari 2022 – 17 Maret 2022

SNMPTN: 13 Februari 2022 – 27 Februari 2022

UTBK-SBMPTN: 22 Maret 2022 – 14 April 2022

SBMPN: 5 April 2022 – 29 Juni 2022

Seleksi Mandiri PTN: 1 Juni 2022 – 7 Oktober 2022

Seleksi Mandiri PTS: 8 Juni 2022 – 31 Oktober 2022

Kita bisa menggunakan tanggal dan bulan di atas sebagai acuan jadwal kegiatan KIP Kuliah 2023, Sobat Pintar. Bila perlu, kamu bisa menyalakan reminder di ponselmu biar enggak lupa untuk cek pendaftaran KIP Kuliah 2023. Nah, setidaknya sekarang kamu enggak bertanya-tanya lagi kan, kapan pendaftaran KIP kuliah 2023?

410

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
1 Comment
sangat membantu
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog