redesain-navbar Portlet

null

Blog

Jenis-Jenis Beasiswa S1: Wajib Kepo tentang Cakupan dan Sumber Dananya

Sebelum mendaftar, ketahui seluk-beluk pendanaan dan cakupan beasiswa.

beasiswa untuk mahasiswa S1, Photo by Christin Hume on Unsplash

Siapa nih, yang sudah siap berburu beasiswa untuk mahasiswa S1? Semangat mencari beasiswa itu boleh banget kok, Sobat. Tapi yang enggak kalah penting, sudah tahu manakah beasiswa yang paling tepat untukmu?

Pada intinya, beasiswa memang membantu meringankan pembiayaan kuliah kita. Namun ternyata, jenis beasiswa itu ada bermacam-macam! Sebelum Sobat Pintar tancap gas mengejar beasiswa untuk kuliah, ketahui dulu macam-macam beasiswa di bawah ini.

 

Berdasarkan Cakupan Pembiayaan


Photo by Leon on Unsplash

Cakupan pembiayaan beasiswa bukan tentang seberapa banyak bantuan dana yang diperoleh ya, Sobat. Akan tetapi, alokasi dana tersebut ditujukan untuk pembiayaan apa saja. Pada kriteria ini, jenis-jenis beasiswa S1 dapat dibedakan menjadi dua.

1. Beasiswa Penuh

Sebuah beasiswa untuk mahasiswa S1 disebut beasiswa penuh ketika pembiayaannya mencakup seluruh kebutuhan mahasiswa. Untuk menuntaskan pendidikannya, seorang mahasiswa tak hanya membutuhkan pembiayaan pendidikan namun juga tempat tinggal, perlengkapan kuliah, hingga kebutuhan sehari-hari.

Jika kuliah di luar Indonesia, jenis beasiswa luar negeri yang bersifat penuh seperti ini amat dibutuhkan. Bahkan, kebanyakan jenis beasiswa luar negeri turut mencakup biaya perjalanan pulang pergi dan asuransi kesehatan.

2. Beasiswa Parsial

Beasiswa parsial atau sebagian, seperti namanya, menanggung sebagian saja dari seluruh biaya yang harus dikeluarkan saat kuliah. Biasanya jenis beasiswa untuk mahasiswa S1 ini mencakup biaya kuliah saja. Jika memperoleh beasiswa parsial, jangan ngarep mendapatkan uang saku ya, Sobat.

Meskipun cakupannya terbatas, jenis beasiswa dalam negeri yang bersifat parsial seperti ini cukup banyak peminatnya. Makanya, jangan sampai kalah cepat mendapatkan info beasiswa S1, Sobat. Jangan sampai kita melihat info beasiswa hari ini, penutupan pendftarannya udah besok aja.

 

Berdasarkan Penyandang Dana

lembaga pemberi beasiswa S1
Photo by Joseph Chan on Unsplash

Penyandang dana yang dimaksud adalah sumber pembiayaan, yaitu lembaga atau pihak penyedia yang memberikan beasiswa. Jenis beasiswa untuk mahasiswa S1 berdasarkan lembaga penyandang dananya adalah sebagai berikut.

1. Beasiswa Pemerintah

Pemerintah, dalam hal ini merupakan departemen, lembaga, ataupun kementerian, menawarkan berbagai jenis beeasiswa, termasuk beasiswa S1 2021/2022. Karena sifatnya yang terbuka, seleksi beasiswa dari pemerintah tidak hanya diikuti oleh karyawan departemen, lembaga, atau kementerian terkait, namun juga oleh khalayak umum.

Bidikmisi adalah salah satu contoh jenis beasiswa dalam negeri dari pemerintah. Jenis beasiswa untuk mahasiswa S1 ini terbuka bagi setiap lulusan SMA/sederajat dengan latar belakang ekonomi keluarga yang kurang mampu. Karena itulah, beasiswa Bidikmisi tak hanya mencakup biaya dan keperluan studi namun juga biaya hidup.

Selain Bidikmisi, saat ini pemerintah juga memberikan bantuan UKT bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan finansial akibat pandemi Covid-19. Jika Sobat Pintar membutuhkan bantuan UKT ini, jangan ragu untuk memastikan info beasiswa S1 di kampus masing-masing, ya.

Pemerintah juga memiliki program beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) bagi mahasiswa yang sedang kuliah di PTN maupun PTS. Tak seperti kedua beasiswa sebelumnya, perolehan beasiswa untuk mahasiswa S1 ini didasarkan pada prestasi akademik.

Disamping bantuan UKT dan PPA, masasiswa yang saat ini sedang kuliah juga bisa memperoleh beasiswa Unggulan. Jenis beasiswa dalam negeri dari pemerintah ini mengedepankan prestasi akademik. Jadi, persiapkan diri sebaik mungkin jika ingin lolos seleksi beasiswa ya, Sobat.

2. Beasiswa Swasta

Sumber dana beasiswa swasta berasal dari yayasan, komunitas, organisasi, atau perusahaan yang ada di Indonesia. Beasiswa Orbit Hasri Ainun Habibie, misalnya, diberikan melalui Yayasan Amal Abadi. Beasiswa untuk mahasiswa S1 ini memberikan bantuan biaya kuliah dari semester I sampai VII serta bantuan biaya hidup.

Sementara itu, beasiswa dari perusahaan swasta biasanya merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR). Djarum Beasiswa Plus, misalnya, merupakan beasiswa prestasi bagi mahasiswa S1/D4. Jenis beasiswa di Indonesia ini dapat diperoleh melalui perguruan tinggi yang bermitra atau memiliki kerja sama dengan Djarum Foundation. Meskipun bantuan dana hanya diberikan selama satu tahun, penerima beasiswa dapat mengikuti pelatihan soft skills yang amat penting seperti character building, leadership development, dan lain-lain.

3. Beasiswa Perguruan Tinggi

Perguruan tinggi adalah salah satu lembaga pemberi beasiswa S1. Akan tetapi, jangan heran bila jenis beasiswa untuk mahasiswa S1 seperti ini biasanya ditujukan bagi mahasiswa perguruan tinggi tersebut sendiri. Meski begitu, tetap ada perguruan tinggi yang memberikan beasiswa bagi mahasiswa di luar institusinya, bahkan bagi mahasiswa dari luar negeri. Tak sedikit calon mahasiswa Indonesia yang mencari jenis beasiswa luar negeri dari perguruan tinggi seperti ini.

Sedangkan dari jenis-jenis beasiswa S1 yang ada di dalam negeri saat ini, pendaftaran beasiswa perguruan tinggi adalah salah satu yang masih dibuka hingga sekarang. Ada ratusan beasiswa S1 2021/2022 di puluhan perguruan tinggi swasta yang ditawarkan melalui Beasiswa Online Scholarship Competition (OSC).

Segera kejar beasiswamu, Sobat! Bahkan jika masuk kuliahmu masih tahun depan, persiapkan diri untuk mendapatkan macam-macam beasiswa sejak sekarang. You won't get too many scholarships.

40

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet