redesain-navbar Portlet

null

Blog

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah: 6 Tips Penting sampai Lolos Seleksi

Persiapan mendapatkan beasiswa sama pentingnya dengan kegigihan mencari informasi beasiswa.

Cara Mendapatkan Beasiswa, image credit Honey Yanibel Minaya Cruz

Masuk kuliah pada masa resesi membuat kita jadi rajin mencari-mencari cara mendapatkan beasiswa. Sobat Pintar juga? Tapi bagaimana cara mendapatkan beasiswa untuk kuliah – apalagi bagi kita-kita yang belum pernah punya pengalaman mendapatkan beasiswa?

Nah, ingin tahu tips mendapatkan beasiswa? Keep on reading, Sobat!

 

1. Riset, Rajin Mencari Informasi Beasiswa

Jemput bola, Sobat. Jangan menunggu, tapi cari informasi sebanyak-banyaknya tentang peluang beasiswa. Apalagi, kalau Sobat mencari beasiswa kuliah luar negeri. Beasiswa untuk kuliah di dalam negeri sekalipun ada banyak pilihan, jadi kita masih harus memilah-milah.

Pelajari prosedur, prasyarat, dan seluk-beluk lainnya dari setiap beasiswa. Baik beasiswa kuliah luar negeri maupun dalam negeri, masing-masing memiliki ketentuannya sendiri. Jangan sampai tertukar ya, Sobat!

 

2. Diskusikan dengan Guru atau Staf TU

Diskusikan ketentuan dan syarat mendapatkan beasiswa kuliah dengan guru favoritmu di sekolah – atau guru BP/ BK. Bila perlu, tanyakan informasi tentang cara dapat beasiswa kepada staf Tata Usaha (TU) sekolah. Rest assured, informasi beasiswa yang tiba di sekolah pastinya lebih aman dan terpercaya.

Bukan berarti informasi beasiswa yang kita cari sendiri secara mandiri tidak aman dan terpercaya ya, Sobat. Tapi bagi kita yang baru pertama kali mencari cara mendapat beasiswa kuliah, ada baiknya lebih berhati-hati – misalnya, dengan mendiskusikan informasi yang diperoleh dengan guru di sekolah.

 

3. Pahami Jenis Beasiswa yang Diincar

Did you know, Sobat? Beasiswa itu ada banyak macamnya! Ada beasiswa pemerintah seperti Bidikmisi atau KIP-Kuliah, ada pula private scholarship seperti beasiswa Sampoerna. Kampus swasta pun biasanya selalu menawarkan beasiswa bagi mahasiswa baru. Nah, manakah beasiswa yang Sobat inginkan?

Kenapa kita perlu mencermati jenis beasiswa? Karena cara mendapatkan beasiswa berbeda untuk setiap jenisnya, Sobat. Misalnya, cara dapat beasiswa akademik adalah dengan menjaga IPK-mu di atas persyaratan minimal.

 

4. Hubungi Penyelenggara Beasiswa

Setelah mencari informasi beasiswa secara mandiri dan mendiskusikannya dengan guru, apakah Sobat Pintar masih punya pertanyaan yang mengganjal? Jangan ragu menghubungi pihak penyelenggara beasiswa, Sobat!

Selain memperoleh informasi yang lebih terpercaya, ada keuntungan lain lagi yang dapat diperoleh dengan menghubungi penyelenggara beasiswa secara langsung. Pertama, itu menunjukkan bahwa kita punya minat serius pada beasiswa tersebut. Kedua, tindakan itu juga menunjukkan bahwa kita berani berinisiatif.

Dan dari sekian tips mendapatkan beasiswa yang ada, ada keuntungan lain lagi dengan menghubungi penyelenggara, Sobat. Apa itu? Kita berada di radar mereka! Yes, you'll get noticed. Who knows, it might be your first step getting closer to the scholarship.

 

5. Persiapkan CV dan Portofolio

Getting yourself noticed isn't enough. Setelah terdeteksi oleh radar, amunisi apa yang akan kita luncurkan? Di situlah CV (Curriculum Vitae) dan portofolio punya peran penting, Sobat.

Nantinya, asesor akan menggunakan CV untuk mulai menilai dan mengenal kita. Portofolio melengkapi data diri kita dengan menampilkan organisasi, seminar, perlombaan, dan kegiatan apa saja yang telah diikuti. Jadi, persiapkan CV dan portofolio sebaik dan serepresentatif mungkin sebagai syarat mendapatkan beasiswa ya, Sobat!

 

6. Perbaiki Keterampilan Menulis dan Bicara

Beasiswa kuliah luar negeri biasanya menjadikan esai sebagai salah satu syarat seleksi. Esai juga menjadi bahan bagi asesor untuk menilai dan mengenal kita. Jika belum terbiasa menulis dengan runtut dan baik, kenapa tak berlatih sedari sekarang, Sobat?

Selain memperbaiki gaya menulis, kita juga perlu memperbaiki gaya bicara. Seleksi beasiswa biasanya berujung pada wawancara – at which you want to present the best version of you. Obviously, you don't want to fail yourself at the last step, do you?

 

Do you want it so bad to get a scholarship, Sobat? Salah satu cara mendapat beasiswa kuliah adalah dengan masuk Sekolah Kedinasan. Tak ada UKT maupun biaya-biaya kuliah yang lain di Sekolah atau Perguruan Tinggi Kedinasan. Ikatan Dinas bagi alumninya juga menawarkan prospek kerja yang lebih pasti.

Namun perlu diingat, seleksi masuk Sekolah Kedinasan cukup ketat. Sistem perkuliahan yang dijalani pun tak sama dengan kampus-kampus pada umumnya. Di sisi lain, tak semua pelajar memiliki minat pada Sekolah Kedinasan.

Bagaimana denganmu, Sobat? Apakah masuk Sekolah Kedinasan bisa menjadi salah satu cara mendapatkan beasiswa bagimu?

300

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp