redesain-navbar Portlet

Blog

Presentasi Tugas Sukses Tips untuk Introvert, photo credit Fotolia/TNS 

Presentasi Tugas Sukses: 3 Tips untuk Introvert

Introvert memiliki sisi positif yang dapat diasah hingga bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Introvert memang dikenal pendiam, pemalu, dan tak banyak terlibat dalam kegiatan yang melibatkan banyak orang. Tapi bagaimana saat harus presentasi di kelas? Tak bisa dihindari, bukan? Lantas bagaimana caranya agar presentasimu lancar dan tak merasa kehabisan energi karena menghadapi teman-teman sekelas di bangku audiens?

 

1. Berlatih Menyampaikan Materi Presentasi

Selain mempersiapkan materi presentasi, berlatihlah berbicara. Bila perlu, gunakan kaca dan perhatikan bagaimana sikap badanmu saat berbicara. Sikap yang rileks, tenang, dan baik dapat mempengaruhi kenyamanan audiensmu untuk tetap fokus pada materi presentasi.

Bila perlu kumpulkan teman-teman dekat, adik, sepupu, atau teman-teman kos untuk menjadi audiens saat Sobat berlatih. Mereka dapat memberi feedback yang akan memperbaiki presentasimu nanti. Alternatively, you may want to use a recorder, or make a video, so that you can improve yourself.

 

2. Cobalah Tempatmu Melakukan Presentasi

Meskipun setiap hari memasuki ruangan yang sama, tetap saja akan terasa berbeda ketika Sobat berposisi sebagai pembicara di depan kelas. Jadi, cobalah berdiri di depan kelas dan bayangkan seluruh tempat duduk terisi oleh teman-temanmu. Visualisasikan saat semua mata tertuju padamu.

Tips ini sebaiknya dilakukan saat kelas sedang tidak digunakan. A few good friends with you would be helping. Mereka dapat berperan sebagai audiens saat Sobat berlatih. Gunakan kesempatan tersebut untuk mengakrabi 'panggungmu,' – di mana spot-mu untuk berdiri, letak proyektor, posisi screen, dan whiteboard bila diperlukan.

 

3. Jangan Lupa Tersenyum

Even though you feel so nervous, try to smile. Rather than doing it for your audience, you actually smile for yourself. Hanya dengan tersenyum, Sobat akan merasa lebih rileks dan percaya diri. Lagipula, bukankah audiensmu hanyalah teman-teman sekelas yang setiap hari bertemu? Tak ada salahnya tersenyum pada mereka, bukan?

 

Bagi seorang introvert, kendala terbesarnya memang berinteraksi secara intens dengan banyak orang. Menyampaikan penjabaran yang cukup panjang didepan audiens akan terasa melelahkan bagi Sobat yang introvert. Itulah sebabnya, persiapan yang baik akan sangat membantumu meminimalisir 'kebocoran energi.'

Tak perlu merasa rendah diri karena Sobat seorang introvert. Justru orang-orang introvert cenderung memiliki pola pikir yang runtut dengan struktur yang baik. Berikutnya, tinggal berlatih saja agar dapat menyampaikannya pada orang lain dengan runtutan yang sama baiknya agar mudah dipahami.

Lebih masukan Blog

Intelegensi – Cerdas yang Bagaimana?

Sobat Pintar tak asing lagi dengan tokoh Charles Darwin, bukan? Iya, Darwin dikenal dengan...

5 Langkah Praktis Mengatasi Minder

Pernah merasa kenapa orang lain sepertinya selalu saja lebih baik darimu? Merasa ada saja...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka