redesain-navbar Portlet

Blog

Program Beasiswa Untuk Guru tahun 2021/2022: Program Beasiswa S2 di Dalam Negeri dan Luar Negeri GTK LPDP

Syarat dan tata pendaftaran Beasiswa GTK 

Beasiswa, Foto oleh Arif Syuhada dari Pexels

Apakah Guru Pintar sedang mencari informasi beasiswa s2 untuk guru honor, beasiswa s2 guru sd, beasiswa guru sma, beasiswa kemendikbud untuk guru, beasiswa pascasarjana guru, atau beasiswa s2 dikti untuk guru lainnya? Guru Pintar wajib tahu tentang Beasiswa GTK Kemdikbud.

Kategori Beasiswa

Beasiswa GTK merupakan kerjasama antara Kementerian pendidikan dan Kebudayaan dengan lembaga LPDP. Dalam laman Portal Beasiswa GTK LPDP Kemdikbud disebutkan ada 3 kategori beasiswa yang ditawarkan, yaitu: Program Beasiswa S2 di Dalam Negeri dan Luar Negeri, Program Beasiswa S3 di Dalam Negeri, dan Program Beasiswa Microcredential di luar negeri.

Beasiswa guru tahun 2021-2022 yang akan dibahas kali ini adalah Beasiswa S2 di Dalam Negeri dan Luar Negeri dari beasiswa GTK LPDP.

Sasaran program

Program Beasiswa S2 di Dalam Negeri dan Luar Negeri
Guru sd, Gambar oleh Aditio Tantra Danang Wisnu Wardhana dari pixabay

Sasaran program beasiswa ini adalah guru tetap pada satuan pendidikan PAUD, SD, SMP, dan SMA di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk mendaftar, Guru Pintar harus memenuhi persyaratan umum dan persyaratan khusus yang telah ditetapkan.

Persyaratan

Persyaratan umum dan persyaratan khusus yang wajib Guru Pintar penuhi untuk mengikuti beasiswa ini adalah sebagai berikut:

Persyaratan Umum

1. Pendaftar merupakan warga Negara Indonesia

2. Sudah terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik)/ SIMPKB

3. Minimal telah mengajar selama 2 (dua) tahun berturut-turut.

4. Sudah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk pendaftar program dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Perguruan tinggi dalam negeri yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT),
  • Perguruan tinggi kedinasan dalam negeri, atau
  • Perguruan tinggi luar negeri yang diakui oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia atau Kedutaan Besar Republik Indonesia di negara asal perguruan tinggi

5. Melampirkan surat rekomendasi dengan format yang sudah ditetapkan. Surat rekomendasi yang dilampirkan terdiri dari Surat Rekomendasi dari atasan dan Surat Rekomendasi dari perguruan tinggi asal.

6. Beasiswa ini hanya diperuntukan untuk kelas reguler dan tidak diperuntukan untuk kelas-kelas Eksekutif, kelas khusus, kelas karyawan, kelas jauh, kelas yang diselenggarakan bukan di perguruan tinggi induk, Kelas Internasional khusus tujuan Dalam Negeri, dan Kelas yang diselenggarakan di lebih dari 1 negara perguruan tinggi.

7. Melampirkan surat keterangan sehat/bebas narkoba

8. Mengisi profil pendaftar pada formulir pendaftaran daring.

9. Menuliskan komitmen kontribusi ke instansi asal pasca studi pada template yang dilampirkan pada laman website https://gtk.kemdikbud.go.id/.

Persyaratan Khusus

1. Telah memiliki dokumen Letter of Admission/ Acceptance (LoA) Unconditional sesuai dengan program studi dan Perguruan Tinggi tujuan pada aplikasi pendaftaran dan mengunggahnya di laman pendaftaran.

2. Bagi guru PNS, dan dari yayasan bagi guru tetap Yayasan harus mengunggah surat izin mendaftar beasiswa dari dinas pendidikan.

3. Menandatangani surat pernyataan.

4. Ketentuan batas usia pendaftar per 31 Desember tahun pendaftaran maksimal berusia 35(tiga puluh lima) tahun .

5. Mengunggah dokumen Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) jenjang studi sebelumnya sekurang-kurangnya 3,0 pada skala 4 atau yang setara yang dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau telah dilegalisir.

6. Memiliki sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang masih berlaku dan diterbitkan oleh ETS, PTE Academic atau IELTS dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Pendaftar tujuan magister dalam negeri skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL ITP 500, TOEIC 630, iBT 61, IELTS 6.0, TOEFL 500.

b. Pendaftar tujuan magister luar negeri negeri skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL ITP 550, TOEIC 800, iBT 80, IELTS 6.5, TOEFL 550.

c. Sertifikat TOEFL ITP yang berlaku harus berasal dari lembaga resmi penyelenggara tes TOEFL ITP di Indonesia.

7. Jika sudah ditetapkan sebagai penerima beasiswa, pendaftar tidak dapat mengajukan perpindahan perguruan tinggi/integrasi tujuan dan program studi tujuan.

8. Pendaftar harus sudah menempuh studi pada semester 1 (semester ganjil tahun akademik 2021/2022) sesuai perguruan tinggi dan program studi tujuan dalam daftar program dan tidak sedang berstatus tugas belajar.

Daftar Beasiswa GTK LPDP Tahun 2021


Mendaftar beasiswa, Foto oleh William Fortunato dari Pexels

Alur pendaftaran mendaftar beasiswa guru khususnya beasiswa GTK LPDP terdiri dari 4 tahapan, yaitu:

1. Tahap 1: Memastikan telah mendaftar dan diterima di Perguruan Tinggi yang dituju.

2. Tahap 2: Melakukan Login ke Portal Beasiswa LPDP dan melengkapi profil.

3. Tahap 3: Mengunggah semua dokumen yang menjadi persyaratan pendaftaran.

4. Tahap 4: Menunggu proses verifikasi dan pengumuman penerima beasiswa yang akan dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Waktu pendaftaran biasanya berlangsung di bulan April hingga bulan Juni. Guru Pintar tidak perlu berkecil hati karena waktu pendaftaran beasiswa kemendikbud untuk guru pada tahun ini telah berlalu. Guru Pintar dapat mempersiapkan segala dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa ini mulai dari sekarang. Jangan lupa untuk sering mengintip laman https://gtk.kemdikbud.go.id/lpdpgtk untuk mendapatkan informasi tentang beasiswa GTK LPDP.

 

0
00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet