redesain-navbar Portlet

Blog

Public Speaking, photo via careersblog.warwick.ac.uk

Public Speaking: Sobat Juga Bisa!

Pelajar perlu memiliki keterampilan public speaking.

Sobat Pintar tergolong pemalu yang jarang bersuara? Wah, perlu berlatih public speaking, nih. Public speaking bukan hanya tentang berbicara didepan audiens lho, Sobat. Justru agar dapat berdiri tegak didepan audiens, Sobat Pintar harus punya keberanian dan rasa percaya diri yang tinggi. Dan apa lagi sih, yang perlu kita ketahui tentang public speaking?

 

Percaya Diri

As it's mentioned earlier, it takes confidence to stand before a group of audience. Rasa percaya dirilah yang membuat Sobat tak gemetaran saat berdiri, suara cukup keras dengan artikulasi yang jelas, dan materi yang disampaikan juga tak berlepotan.

Sebaliknya, semakin sering mengambil kesempatan berbicara di depan audiens, semakin tinggi pula rasa percaya diri. Jadi, berlatih public speaking justru bermanfaat bagi Sobat Pintar yang masih suka malu-malu bicara atau mengutarakan pendapat didepan orang lain.

 

Komunikasi yang Lebih Kompleks

Pada dasarnya, mengutarakan apa yang ada dibenak Sobat adalah salah satu definisi komunikasi. Dengan kata lain, public speaking sebenarnya juga salah satu teknik berkomunikasi. Sobat Pintar hanya perlu menyesuaikan caranya dengan jumlah orang yang dihadapi.

Karena pihak penerima pesan komunikasi Sobat lebih banyak (audiens), diperlukan kecakapan yang baik dalam menyampaikan pesan tersebut. Sobat Pintar harus dapat menguasai materi dan panggung, membaca keadaan audiens, mengendalikan emosi diri sendiri, dan pastinya berbicara untuk jangka waktu yang cukup lama seorang diri.

 

Keterampilan yang Perlu Dilatih

It definitely takes more than just confidence to deliver a speech. Jadi, jangan lekas down bila Sobat Pintar merasa tak kunjung terampil dalam public speaking, ya.

Berlatih dari yang sederhana saja dulu, Sobat. Misalnya, dengan lebih aktif dikelas dengan bertanya atau menjawab pertanyaan guru. Saat presentasi kelompok, gunakan kesempatan tersebut untuk berlatih berbicara di depan kelas.

Karena public speaking membutuhkan penguasaan materi yang baik, Sobat Pintar harus banyak membaca. Kemudian, ringkas bacaanmu menjadi poin-poin pendek untuk melatih persiapan public speaking.

Tingkatkan kemampuan Sobat dalam bersosialisasi, misalnya dengan mengikuti organisasi ataupun ekskul. Learn humor from everyone around you and use it when you're on stage. Lingkar pergaulan yang luas takkan membuat Sobat canggung saat berhadapan dengan orang lain – termasuk audiens.

Last but not least, practice makes perfect. Sering-seringlah berlatih di depan kaca sambil mencermati bagaimana bahasa tubuh Sobat saat berbicara. Berlatih mandiri juga membantu Sobat untuk memantau berapa lama waktu yang diperlukan.

 

Public speaking isn't a skill to master in one shot. Tapi sebagai pelajar, public speaking penting karena berguna dalam debat, menyampaikan argumen, bernegosiasi, hingga bicara empat mata sekalipun. So, don't hesitate to take any chance available to practice your public speaking skill, anytime.

Lebih masukan Blog

Ayo Cek: 5 Penyebab Umum Sakit Kepala

Terdengar sepele, tapi saat sakit kepala datang, rasanya benar-benar mengganggu. Sobat Pintar...

Apa yang Dilakukan sebelum Ujian?

Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester, Ujian Nasional, atau ujian masuk PTN, semua tetap...

Menambah Komentar

Eti Ratnsa 7 Bulan Lalu
baiklah saya coba melalakukanya
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka