redesain-navbar Portlet

Blog

Sebelum Ujian, photo credit budab.files.wordpress.com

Apa yang Dilakukan sebelum Ujian?

Ada beragam cara pelajar menghadapi ujian.

Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester, Ujian Nasional, atau ujian masuk PTN, semua tetap saja bernama ujian. Barangkali hanya sedikit orang seperti Najwa Shihab dan Maudy Ayunda yang suka dan menanti-nanti masa ujian. The rest of us? We're highly likely prefer a no-test kind of study, aren't we?

Still, tests are unavoidable for all students. Nah, bagaimana Sobat Pintar mempersiapkan diri menghadapi ujian – apapun itu?

 

1. Dengan Belajar

Is there a way of preparing for a test other than studying? Tentu tidak ada, bukan? Bedanya, bagaimana belajarnya, Sobat?

Ada yang rajin mengulang materi pelajaran setiap kali usai dipelajari di sekolah atau kampus. Tujuannya memang untuk memahami materi tersebut agar tak mudah melupakannya – alih-alih menghafalkannya.

Ada pula pelajar atau mahasiswa yang rajin mengulang seluruh materi pelajaran dalam sepekan sebelum ujian dijadwalkan. Salah satu alasannya, agar tak melupakan materinya saat ujian tiba.

And although it's not recommended in any way, lots of university students prepare for a test just the night before. Sobat Pintar pasti sudah kenal istilahnya: sistem kebut semalam (SKS). Sebaiknya jangan menggunakan strategi ini ya, Sobat. Pasalnya, keesokan harinya saat ujian, Sobat akan merasa kelelahan dan kurang tidur.

 

2. Dengan Bersikap Pasrah

Jadwal ujian memang pekan depan, tapi Sobat Pintar masih punya waktu untuk main game berjam-jam, seru-seruan main dan jalan-jalan, atau kegiatan-kegiatan lain yang tak ada hubungannya dengan ujian. Bagaimana itu bisa terjadi? Salah satunya, karena rasa pasrah didalam hati, tanpa usaha yang pasti.

As a matter of fact, the coming test alone isn't a big deal. Your positivity is unparalleled – too much, in fact. Memiliki harapan semoga pengawas ujian nanti baik, mendapat contekan dari teman bangku sebelah, atau bahkan mengumpulan lembar kertas jawaban berisi nama dan NIS/ NIM saja.

In other words, your behavior tells it all: you don't really care about the test. Even if you do, you solely rely on your hope that everything's going to be all right without you dropping a sweat.

 

3. Dengan Semakin Religius

Dari yang semula malas-malasan, tiba-tiba Sobat jadi rajin beribadah. Sobat juga banyak berdoa, khususnya agar ujian nanti berlangsung lancar dengan hasil yang menakjubkan.

Tak ada salahnya berdoa dan meningkatkan ibadah. Akan tetapi, lebih baik lagi bila Sobat Pintar tak menjadi religius hanya demi ujian. Bukankah begitu, Sobat?

Lebih masukan Blog

Public Speaking: Sobat Juga Bisa!

Sobat Pintar tergolong pemalu yang jarang bersuara? Wah, perlu berlatih public speaking, nih...

Ingin Lolos Wawancara Seleksi Mandiri? Ketahui Ini

Walaupun UTBK sedang berlangsung, Sobat Pintar boleh menimbang Seleksi Mandiri, lho . Rather...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka